STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Nggak Hanya Fisik, Konsumsi 4 Makanan Ini Juga Bantu Jaga Kesehatan Mental

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Sabtu, 05 Nov 2022 12:00 WIB
Nggak Hanya Fisik, Konsumsi 4 Makanan Ini Juga Bantu Jaga Kesehatan Mental

Umumnya, semua orang akan fokus untuk menjaga bentuk tubuh, menjaga kesehatan, atau mengurangi berat badan saat memutuskan menu makanan diet. Namun, ada lebih dari sekadar kesehatan fisik saja yang bisa dijaga lewat makanan.

Dilansir dari Ica Notes, beberapa makanan yang ada di sekitar kita tidak hanya berguna untuk membantu meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Dengan mengonsumsi makanan berikut, kamu tidak hanya bisa menjaga angka di timbangan tetap stabil, tetapi juga memastikan kesejahteraan mentalmu terjamin!

Salmon

Ilustrasi makanan (Foto: Pexels/Malidate Van)
Ilustrasi makanan (Foto: Pexels/Malidate Van)

Secara umum, ikan merupakan pilihan makanan yang sehat. Namun, salmon memuncaki daftar ikan paling sehat yang bisa dikonsumsi. Salmon mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin D dalam jumlah besar yang dipercaya dapat mengurangi masalah kesehatan mental, seperti depresi.

Omega-3 juga diketahui dapat membantu meningkatkan daya tangkap dan daya ingat. Selain salmon, beberapa ikan lain juga memiliki kandungan omega-3 yang tinggi, yakni tuna, makerel, dan haring.

Daging Ayam

Daging ayam kaya akan protein bagus untuk pertumbuhan tinggi badanIlustrasi daging ayam/Foto: Freepik

Daging ayam adalah sumber protein tanpa lemak yang baik untuk tubuh. Selain mengenyangkan, daging ayam juga mengandung banyak asam amino yang bermanfaat bagi tubuh. 100 gram dada ayam mengandung 31 gram protein yang melebihi angka asupan harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Daging ayam juga mengandung triptofan dan vitamin B5 yang dapat memicu perasaan santai karena dapat membantu menghilangkan stres. Senyawa magnesium yang tinggi di dalam daging ayam juga membantu mengurangi gejala PMS.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasi dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition, seseorang yang menghindari konsumsi daging lebih rentan terkena masalah kecemasan, depresi, dang perilaku membahayakan diri sendiri.

Alpukat

Ilustrasi makanan (Foto: Pexels/Thought Catalog)
Ilustrasi makanan (Foto: Pexels/Thought Catalog)

Alpukat kaya akan vitamin B yang dapat menghilangkan stres, salah satunya adalah vitamin B6 yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi beberapa neurotransmiter seperti serotonin yang memengaruhi suasana hati. Kekurangan vitamin B sendiri dikaitkan dengan berbagai gangguan kecemasan yang dialami seseorang.

Sementara itu, makanan dengan kandungan lemak tinggi seperti alpukat juga kaya akan vitamin E yang tidak hanya penting untuk penglihatan, reproduksi, menjaga kesehatan kulit, dan pembentukan sel darah merah, tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

Bayam

makanan tinggi kalsiumIlustrasi bayam/Foto: Unsplash.com/Louis Hansel

Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya memberi asupan asam folat ke otak dalam jumlah yang banyak. Kandungan tersebut terbukti efektif untuk mencegah depresi. Bayam juga dapat membantu mengatasi masalah insomnia yang sangat erat kaitannya dengan gangguan mental.

Kandungan vitamin K, asam folat, beta-karotena, dan lutein yang tinggi di dalam bayam juga dapat mengurangi risiko stres oksidatif yang berkaitan dengan penuaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik, sekaligus kapasitas mental.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE