sign up SIGN UP

Fungsi Otak Mulai Menurun? Jangan-jangan Akibat Terlalu Sering Begadang, Cek Bahaya Lainnya yuk!

Octavia Tunggal Dewi | Minggu, 07 Nov 2021 21:30 WIB
Fungsi Otak Mulai Menurun? Jangan-jangan Akibat Terlalu Sering Begadang, Cek Bahaya Lainnya yuk!
caption

Begadang merupakan suatu hal yang sering sekali dilakukan oleh orang-orang, terutama para anak muda. Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa begadang memiliki banyak sekali dampak negatif bagi kesehatan maupun menjadi salah satu penyebab penuaan dini.

Lalu apa saja dampak buruk dari terlalu sering begadang? Berikut 5 dampak buruk terlalu sering begadang yang penting untuk kamu perhatikan. Yuk simak informasinya di sini ya, Beauties!

1. Pola Makan Menjadi Buruk

Pola makan menjadi buruk
Pola Makan Menjadi Buruk/Foto: Freepik.com/Azerbaijan_Stockers

Efek buruk sering begadang yang pertama yaitu dapat mengubah pola makan menjadi buruk. Biasanya dalam begadang seseorang akan makan larut malam agar tetap terjaga. Aturan makan yang tidak teratur dapat menyebabkan kolesterol tinggi, kadar gula meningkat, dan memicu timbulnya penyakit kronis seperti jantung.

2. Melemahkan Otak

Melemahkan otak
Melemahkan Otak/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Dampak buruk sering begadang juga dapat menurunkan fungsi otak. Diantaranya konsentrasi, fokus, respons, daya ingat, perhatian, dan juga kecerdasan emosional. Selain itu, begadang juga mampu menurunkan kreativitas serta kemampuan otak dalam memecahkan permasalahan.

3. Membuat Pusing dan Sulit Berkonsentrasi

Membuat pusing dan sulit berkonsentrasi
Membuat Pusing dan Sulit Berkonsentrasi/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Bahaya lain terlalu sering begadang yang paling dapat terasa yaitu sulit untuk berkonsentrasi bahkan mudah lupa. Hal ini dikarenakan kamu memiliki waktu tidur yang kurang cukup, biasanya hal ini terjadi ketika kamu tidur kurang dari 6 jam sehari. Sebab, otak juga memerlukan istirahat yang cukup untuk menyimpan seluruh memori selama seharian penuh.

4. Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung

Risiko diabetes dan penyakit jantung
Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Dampak buruk dari begadang juga dapat memicu timbulnya penyakit diabetes serta penyakit kronis seperti jantung. Begadang dapat mengganggu sistem daya tahan tubuh untuk berfungsi secara maksimal sehingga tubuh membutuhkan waktu lama untuk sembuh dari penyakit. Pada dasarnya, sistem daya tahan tubuh memproduksi senyawa yang melindungi tubuh dan melawan infeksi saat tertidur seperti sitokin dan antibodi.

5. Penuaan Dini

Penuaan dini
Penuaan Dini/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Begadang dapat membuat kamu mengalami penuaan dini di usia yang belum seharusnya. Sebab, kurangnya waktu tidur dapat membuat mata bengkak dan kulit menjadi pucat.

Bahkan, kekurangan waktu tidur berkepanjangan dapat menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata serta garis halus di area wajah. Hal ini dikarenakan hormon kortisol diproduksi semakin banyak dan kolagen yang berfungsi sebagai  protein penjaga kulit tetap halus dan elastis dapat dipecah.

Nah Beauties, itu dia dampak buruk dari terlalu sering begadang. Maka dari itu, tidurlah dengan waktu yang cukup 8 jam dalam semalam dan hindari begadang jika tidak memiliki kepentingan yang mendesak. Begadang sama sekali tidak menguntungkan, bahkan memiliki banyak dampak negatif terutama bagi kesehatan. Semoga bermanfaat ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id