sign up SIGN UP

Ingat! Pandemi Belum Usai, Ini Aturan Makan Sehat yang Disarankan Oleh WHO, Mau Ikut Coba?

Zeyra Haya | Selasa, 12 Oct 2021 21:30 WIB
Ingat! Pandemi Belum Usai, Ini Aturan Makan Sehat yang Disarankan Oleh WHO, Mau Ikut Coba?
caption

Meski sudah berangsur membaik, pandemi Covid-19 nyatanya masih ada. Kita masih perlu waspada dan tidak boleh lalai dalam menjaga kesehatan.

Selama masa pandemi, sangat penting menjaga kesehatan dengan menjalankan rutinitas pola hidup sehat. Salah satunya adalah dengan mengatur pola makan.

Di samping berolahraga, menjaga pola makan juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Pola makan sehat akan membantu tubuh ternutrisi dengan baik sehingga imun tubuh akan terbentuk dengan baik dan dapat mengurangi risiko penyakit pada tubuh.

Aturan Makan Sehat Sesuai Anjuran WHO

Badan Kesehatan Dunia atau WHO memiliki beberapa catatan sebagai referensi makanan yang harus dikonsumsi selama pandemi. Beauties, berikut adalah aturan makan sehat yang harus dikonsumsi dan dihindari selama pandemi menurut anjuran WHO.

1. Kurangi Makanan Berlemak

Menjaga pola makan selama pandemi - Mengurangi konsumsi lemak/Foto: pexels.com/Kasumi Loffler
(Menjaga pola makan selama pandemi - Mengurangi konsumsi lemak/Foto: pexels.com/Kasumi Loffler)

Makanan berlemak dapat meningkatkan risiko penyakit bagi tubuh. Untuk menghindari itu, WHO menyarankan untuk kita membatasi konsumsi makanan berlemak terutama bahan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti daging berlemak, mentega, keju dan makanan cepat saji.

Jika ingin mengkonsumsi daging, disarankan untuk memilih daging putih, ikan ataupun daging unggas yang kadar lemaknya lebih rendah.

2. Kurangi Garam dan Gula

Menjaga pola makan selama pandemi - Mengurangi kadar garam dan gula/Foto: pexels.com/Pavel Danilyuk
(Menjaga pola makan selama pandemi - Mengurangi kadar garam dan gula/Foto: pexels.com/Pavel Danilyuk)

WHO juga menyarankan untuk mengurangi konsumsi garam dan gula. Terlalu banyak gula dan garam juga akan menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Oleh sebab itu, batasi penggunaan garam kurang dari 5 gram atau satu sendok teh per hari.

Sementara untuk gula, mulailah mengurangi minuman bersoda dan camilan manis yang memiliki kadar gula tinggi.

3. Perbanyak Konsumsi Air Mineral

Menjaga pola makan selama pandemi - Perbanyak air mineral/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska
(Menjaga pola makan selama pandemi - Perbanyak air mineral/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska)

Agar tubuh tetap fit dan bugar selama pandemi Covid-19, dianjurkan untuk meminum delapan hingga sepuluh gelas air setiap hari. Kebutuhan air dalam tubuh sangatlah penting untuk dipenuhi karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Kadar air diperlukan tubuh untuk mengatur suhu dan mengangkut nutrisi dan senyawa dalam darah, sehingga sangat penting untuk membentuk daya tahan tubuh.

4. Konsumsi Makanan Segar

Menjaga pola makan selama pandemi - Mengkonsumsi makanan segar/Foto: pexels.com/Mikhail Nilov
(Menjaga pola makan selama pandemi - Mengkonsumsi makanan segar/Foto: pexels.com/Mikhail Nilov)

Buah-buahan, sayuran, daging putih, ikan, telur dan susu adalah beberapa rekomendasi makanan sehat selama pandemi. WHO menyarankan untuk makan 4 porsi buah, 5 porsi sayuran, 180 gram biji-bijian, dan kacang-kacangan setiap harinya.

Makanan segar dipercaya lebih banyak mengandung nutrisi jika dibandingkan dengan makanan olahan. Oleh sebab itu, waktu memasak pun harus diperhatikan.

5. Masakan Rumah

Menjaga pola makan selama pandemi - Memasak dirumah/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Menjaga pola makan selama pandemi - Memasak dirumah/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

WHO menyarankan untuk menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain, oleh karena itu makan di rumah menjadi solusi agar tetap dapat mematuhi protokol kesehatan dengan baik dan mengurangi tingkat kontak dengan orang lain. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri tentu akan lebih terjamin kebersihannya.

Beauties, itulah aturan makan sehat yang dianjurkan WHO selama masa pandemi. Sudahkah kalian menerapkannya?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id