sign up SIGN UP

Gampang Banget! Pakar Nutrisi Bagikan 5 Cara Nikmati Makanan Sehari-hari yang Bisa Bantu Jaga Lingkungan

Retno Anggraini | Beautynesia
Kamis, 04 Aug 2022 21:00 WIB
Gampang Banget! Pakar Nutrisi Bagikan 5 Cara Nikmati Makanan Sehari-hari yang Bisa Bantu Jaga Lingkungan
Ilustrasi makan/Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Kondisi bumi yang semakin buruk karena efek gas rumah kaca dan penyebab lain tentunya menjadi kekhawatiran sendiri bagi penghuninya, terutama generasi muda. Menurut hasil penelitian dari jurnal Nature Food menunjukkan bahwa cara makan kita saat ini juga bertanggung jawab menghasilkan lebih dari sepertiga gas rumah kaca, lho!

Emisi ini sangat berdampak pada perubahan cuaca yang bisa menyebabkan kebakaran, banjir, dan masih banyak lagi. Lantas, bagaimana cara mengubah pola makan yang ramah lingkungan? Melansir The Healthy, berikut 5 cara makan yang bisa kamu terapkan untuk melindungi bumi menurut pakar nutrisi.

Konsumsi Lebih Banyak Nabati

Konsumsi lebih banyak nabati
Konsumsi lebih banyak nabati/Foto: Freepik.com/jcomp

Penelitian dari Nature Food mengungkapkan bahwa saat kita mengonsumsi daging, setidaknya dibutuhkan lebih banyak tanah, air, energi, dan sumber daya lainnya untuk menghasilkan satu pon daging dibandingkan protein nabati.

Ini bukan berarti kamu diharuskan menjadi vegan sepenuhnya, ya, Beauties. Kamu tetap bisa konsumsi daging dan produk susu lainnya dengan porsi yang lebih sedikit. Menggunakan pola makan seperti ini akan membuat kamu jadi konsumen yang sadar akan lingkungan.

Pilih Jenis Daging

Pilih jenis daging
Pilih jenis daging/Foto: Freepik.com/bublikhaus

Meski boleh konsumsi daging, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah jenis daging. Pilihlah jenis daging yang diberi makan rumput dan dibesarkan tanpa pemberian antibiotik. Jenis daging ini jadi pilihan yang cocok untuk makanan berkelanjutan.

Menurut penelitian Agricultural System, dengan memberi pakan rumput, hewan ternak akan mendorong pertumbuhan rumput dan pergantian nutrisi tanah yang dapat membantu mengimbangi dampak iklim hewan ternak.

Cari Produk Lokal

Konsumsi produk lokal
Konsumsi produk lokal/Foto: Freepik.com

Kamu bisa mulai membeli produk lokal dari program pertanian yang didukung masyarakat setempat. Dengan begini, kamu akan mendapatkan produk segar yang dipanen secara langsung. Selain mendukung petani lokal, cara ini juga bisa mengurangi sampah plastik, lho!

Hindari Makanan Olahan

Hindari makanan olahan
Hindari makanan olahan/Foto: Freepik.com/timolina

Makanan olahan sendiri memiliki kategori yang cukup luas, seperti sosis, nugget, makanan beku, soda, permen, dan masih banyak lagi. Sebagian besar makanan tersebut dikemas dengan plastik yang sudah pasti sangat membahayakan lingkungan. Tidak hanya buruk untuk lingkungan, makanan olahan juga tentu saja buruk untuk kesehatan.

Habiskan Sisa Makanan

Habiskan sisa makanan
Habiskan sisa makanan/Foto: Freepik.com

Beauties, kamu termasuk orang yang suka menyisakan makanan tapi lupa menghabiskannya? Atau makanan sisa tersebut telah membusuk? Mulai sekarang, ubahlah kebiasaan tersebut.

Makanan sisa yang tidak dihabiskan akan menjadi limbah di mana limbah makanan ini menghasilkan metana, yaitu gas yang 25 kali lebih berbahaya bagi lingkungan daripada emisi karbondioksida. Salah satu rekomendasi pakar nutrisi untuk mengurangi limbah makanan adalah dengan membekukan makanan segar. 

Itulah 5 cara makan yang ramah lingkungan menurut pakar nutrisi. Selain menanam pohon, mengurangi penggunaan air dan listrik, kamu juga bisa ikut melindungi bumi dengan mengubah pola makan yang lebih ramah lingkungan, Beauties. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id