STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Hailey Bieber Mengaku Perut Buncit karena Kista Ovarium, Lantas Apakah Kista Bisa Mempengaruhi Tingkat Kesuburan?

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Kamis, 08 Dec 2022 04:30 WIB
Hailey Bieber Mengaku Perut Buncit karena Kista Ovarium, Lantas Apakah Kista Bisa Mempengaruhi Tingkat Kesuburan?

Beberapa waktu yang lalu, Hailey Bieber menyita perhatian publik karena perutnya yang terlihat sedikit membesar. Banyak yang mengira istri dari Justin Bieber ini tengah mengandung buah hati. Mengklarifikasi kabar tersebut, melalui Instagram Story-nya, Hailey menuliskan bahwa dia memiliki kista ovarium sebesar apel. Hailey juga menambahkan bahwa dia tidak memiliki endometriosis maupun PCOS (polycystic ovary syndrome), akan tetapi dia beberapa kali memiliki kista ovarium yang cukup membuatnya tidak nyaman.

Dari pengalaman Hailey tersebut banyak orang kemudian mungkin bertanya-tanya. Seperti apa kista ovarium dan bagaimana kista ovarium mempengaruhi peluang hamil? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Kenali Apa Itu Kista Ovarium

Kista ovarium
Kista ovarium/ Foto: freepik.com/freepik

Dari namanya saja, kista ovarium terdengar cukup menyeramkam ya, Beauties. Melansir dari laman Mayo Clinic, kista ovarium adalah kantung yang biasanya berisi cairan, di ovarium atau di permukaan ovarium. 

Kista ovarium sebenarnya umum terjadi. Seringnya, perempuan yang memiliki kista ovarium akan merasakan tidak nyaman meskipun kista sendiri sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Kebanyakan kista hilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan. Namun terkadang kista ovarium bisa menjadi pecah. Bila itu sampai terjadi dapat menyebabkan gejala serius.

Untuk itu, demi menjaga kesehatan ovarium, lakukanlah pemeriksaan panggul secara teratur dan ketahui gejala yang menandakan adanya masalah serius.

Apakah Kista Ovarium Mempengaruhi Peluang Hamil?

Kehamilan
Kehamilan/ Foto: freepik.com/drobotdean

Dari kisah Hailey Bieber, kemudian banyak orang berspekulasi. Apakah kista ovarium yang dimiliki Hailey adalah alasan dirinya tak kunjung hamil?

Masih melansir dari sumber yang sama, Mayo Clinic mengatakan bahwa beberapa kista ovarium dapat dikaitkan dengan penurunan kesuburan. Namun, hal tersebut tergantung pada jenis kista ovarium yang dimiliki.

Kista ovarium yang dapat mempengaruhi kesuburan meliputi endometrioma serta kista ovarium akibat sindrom ovarium polikistik. Endometrioma adalah kista yang disebabkan oleh endometriosis, suatu kondisi di mana jaringan yang biasanya melapisi rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim.

Sementara sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan banyak kista kecil di indung telur ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur dan tingginya kadar hormon tertentu. PCOS dikaitkan dengan ovulasi yang tidak teratur, yang dapat menyebabkan masalah kesuburan pada beberapa perempuan.

Adapun kista ovarium yang umumnya tidak terlalu berpengaruh terhadap kesuburan antara lain kista fungsional, kistadenoma, dan kista dermoid. Jika kamu dideteksi memiliki kista dan ragu apakah bisa mempengaruhi tingkat kesuburan, ada baiknya kalian berkonsultasi dengan dokter.

Nah, sudah tahu kan Beauties mengenai kista ovarium dan pengaruhnya? Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE