sign up SIGN UP

Hari Diabetes Sedunia 14 November: Ini Sejarah dan Cara Pencegahan yang Harus Kamu Ketahui!

Nadya Quamila | Beautynesia
Minggu, 14 Nov 2021 09:45 WIB
Hari Diabetes Sedunia 14 November: Ini Sejarah dan Cara Pencegahan yang Harus Kamu Ketahui!
caption
Jakarta -

Hari Diabetes Sedunia atau World Diabetes Day diperingati pada tanggal 14 November setiap tahunnya. Tujuan peringatan Hari Diabetes Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dari penyakit diabetes.

Menurut data dari World Health Organization (WHO), pada tahun 2019, diabetes merupakan penyebab kematian kesembilan dengan perkiraan 1,5 juta kematian secara langsung disebabkan oleh diabetes. Diperkirakan 422 juta orang dewasa saat ini hidup dengan diabetes.

Sejarah Hari Diabetes Sedunia

Hari Diabetes Sedunia pertama kali diusung oleh Federasi Diabetes Internasional pada tahun 1991 dengan dukungan dari World Health Organization (WHO). Hari ini merupakan bentuk tanggapan atas kekhawatiran yang timbul dan berkembang tentang ancaman kesehatan dan ekonomi yang ditimbulkan oleh diabetes.

Di tahun 2007, Hari Diabetes Sedunia kemudian diresmikan oleh Majelis Umum dalam dokumen 61/225. Dokumen tersebut menyebutkan "kebutuhan mendesak untuk mempromosikan, meningkatkan kesehatan manusia, dan menyediakan akses ke pengobatan dan pendidikan perawatan kesehatan."

Diabetes/freepik.comSejarah Hari Diabetes Sedunia/Foto: Freepik.com

Resolusi tersebut juga mendorong negara-negara anggota WHO untuk mengembangkan kebijakan nasional. Di antaranya adalah pencegahan, pengobatan, dan perawatan diabetes sejalan dengan pengembangan berkelanjutan dari sistem perawatan kesehatan mereka.

Hari Diabetes Sedunia jatuh pada tanggal 14 November karena saat kampanye berlangsung sepanjang tahun, hari itu menandai ulang tahun dari Frederick Banting, pria yang menemukan insulin pada tahun 1922 bersama dengan Charles Best, seperti dikutip dari Diabetes UK.

Hari Diabetes Sedunia: Mengenal Diabetes

MakanDiabetes bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat/Foto: Freepik.com/nakaridore

Melansir dari laman resmi WHO, diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah (atau gula darah). Seiring berjalannya waktu hal ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, dan saraf.

Diabetes terbagi menjadi beberapa tipe, tapi yang paling umum adalah diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 biasanya pertama diketahui saat usia anak-anak, remaja atau dewasa muda.

"Pada tipe ini, semua sel beta dari kelenjar pankreas sudah rusak, sehingga insulin merupakan pilihan obat satu-satunya. Ini bersifat genetik, harus suntik insulin terus," menurut dokter spesialis penyakit dalam RSUP Persahabatan, dr Rochsismandoko, SpPD, KEMD, seperti dikutip dari detikHealth.

Sedangkan diabetes tipe 2 dapat terjadi pada semua usia, biasanya terjadi setelah dewasa. Penyebabnya adalah produksi insulin yang kurang. Selain itu, diabetes jenis ini juga bisa terjadi karena jaringan lemak, otot dan sel hati tidak dapat menggunakan insulin secara maksimal. Mayoritas diabetes tipe 2 dengan jumlah pasien terbanyak ini terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat.

Tema Hari Diabetes Sedunia Tahun 2021

Kurang tidur meningkatkan risiko diabetes/ Foto: Freepik.comTema Hari Diabetes Sedunia tahun 2021/Foto: Freepik


Tema Hari Diabetes Sedunia tahun 2021 adalah "Akses ke Perawatan Diabetes, Jika Bukan Sekarang, Kapan?".

100 tahun setelah penemuan insulin, jutaan orang yang menderita diabetes di seluruh dunia tidak dapat mengakses perawatan yang mereka butuhkan. Padahal, orang yang mengidap diabetes memerlukan perawatan dan dukungan berkelanjutan untuk mengelola kondisi dan menghindari komplikasi.

Hal ini tidak bisa menunggu lebih lama lagi. Dibutuhkan obat-obatan, teknologi, dukungan, dan perawatan yang harus tersedia bagi semua penderita diabetes yang membutuhkannya.

Tips Mencegah Diabetes

Makan SehatMenerapkan gaya hidup sehat bisa membantu mencegah diabetes/Foto: Freepik.com/drobotdean

Kunci utama dalam mencegah diabetes adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Disarankan untuk membatasi makanan atau minuman yang tinggi akan kadar gula, kalori, dan lemak.

Selain itu, rutin berolahraga membuat hormon insulin di dalam tubuh akan bekerja lebih maksimal dalam mengontrol gula dalam darah. Dengan berolahraga dan menerapkan pola makan sehat, kita bisa menjaga berat badan. Pasalnya, salah satu faktor terbesar orang terkena diabetes adalah karena tidak menjaga berat badan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id