STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Hari Libur Justru Bikin Nggak Enjoy? Kenali Apa Itu Holiday Stress dan Cara Menanganinya!

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Sabtu, 19 Nov 2022 07:30 WIB
Hari Libur Justru Bikin Nggak Enjoy? Kenali Apa Itu Holiday Stress dan Cara Menanganinya!
Holiday stress/ Foto: freepik.com/tirachardz

Tujuan menghabiskan waktu untuk berlibur atau hanya sekadar santai di akhir pekan adalah untuk membuatmu menjadi lebih rileks dan lebih good mood. Namun apa jadinya jika aktivitas berlibur atau aktivitas di akhir pekan justru membuatmu menjadi stres?

Istilah yang tepat untuk menggambarkan gejala tersebut adalah holiday stress. Ya, membayangkan betapa ribetnya ketika hari libur alih-alih bisa beristirahat dengan santai bisa memicu holiday stress.

Tidak hanya bisa dirasakan oleh orang dewasa, holiday stress bahkan bisa dirasakan oleh anak-anak. Lalu seperti apa penyebabnya dan bagaimana cara menanganinya? Simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Holiday Stress

Lifestylememory
Sibuk bersih-bersih/ Foto: freepik.com/Lifestylememory

Adapun gejala holiday stress sendiri ditandai dengan merasakan kecemasan, kesediaan, sakit kepala, pegal-pegal, sulit tidur, hingga mudah marah

Holiday stress tidak serta merta muncul begitu saja, melainkan ada beberapa penyebabnya. Antara lain memikirkan bagaimana ribetnya merencanakan dan menyiapkan apapun yang dibawa untuk berlibur menjadi salah satu penyebabnya. Hal tersebut diungkapkan oleh laman Healthline, yakni saat kamu membayangkan hiruk pikuk manusia yang memenuhi tempat wisata. Hingga membayangkan pengeluaran yang membengkak di saat liburan bisa memicu stres.

Disebutkan lagi, faktor bahwa akan adanya banyak kegiatan yang diagendakan saat hari libur tiba dan banyak orang mengasosiasikan liburan dengan pertemuan sosial dan aktivitas lain. Aktivitas yang membuatmu super sibuk karena semisal harus memasak makanan, berbelanja, bersih-bersih dan sederet kegiatan lain yang terkadang tidak ada habisnya. Nah, tuntutan dari agenda tersebut yang dapat menyebabkan stres, Beauties.

Mencegah Holiday Stress

Membuat rencana
Membuat rencana/ Foto: freepik.com/Kamranaydinov

Holiday stress yang kerap terjadi, mungkin sudah menjadi pola sehingga kamu hafal dengan penyebab dan gejalanya. Sehingga kamu sebenarnya bisa memprediksi bahwa kamu akan mengalaminya ketika waktu liburan tiba. Untuk itu, sebenarnya kamu bisa mencegah sebelum stres benar-benar datang. 

Mengikuti saran dari laman Verywell Mind, kamu bisa mencegah holiday stress, salah satu caranya dengan menetapkan prioritas. Semisal kamu memiliki banyak agenda yang perlu dilakukan di akhir pekan, maka kamu bisa prioritaskan agenda mana yang paling utama perlu dijalani. Seperti aktivitas yang memberikan dampak paling positif dan menghilangkan aktivitas yang berlebihan.

Sebaiknya jangan hanya mengikuti gengsi dan mengabaikan lelahmu ya, Beauties. Sebab aktivitas yang berlebihan bisa membuatmu rentan stres. Upaya lain yang bisa kamu lakukan untuk mencegah holiday stress adalah dengan merencanakan lebih awal agenda akhir pekan yang sekiranya tidak terlalu membuatmu kelelahan, tidak terlalu banyak makan sehingga membuatmu overthinking mengenai kondisi kesehatan dan mungkin diet yang gagal, lalu juga membuat jadwal aktivitas yang realistis, dan tarik napas dalam-dalam serta tetap rileks, ketika berbagai aktivitas secara tidak sadar mulai membuatmu sedikit lelah.

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai holiday stress yang mungkin sering menimpamu. Semoga bermanfaat ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE