STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Hati-Hati Beauties, Ini 3 Alasan Duduk Terlalu Lama Bisa Berbahaya untuk Kesehatan

Sierra Muktisari | Beautynesia
Jumat, 13 May 2022 08:30 WIB
Hati-Hati Beauties, Ini 3 Alasan Duduk Terlalu Lama Bisa Berbahaya untuk Kesehatan

Ketika melakukan kegiatan seperti bekerja, sekolah, kuliah, atau kegiatan lainnya yang sejenis, banyak orang yang cenderung melakukan kegiatan tersebut sembari duduk. Menekuri layar laptop, membuat berbagai catatan, atau sekadar binge-watching serial Netflix, dan masih banyak lagi.

Kendati demikian, kamu harus bisa memberi jeda sebentar setelah terlalu lama duduk, Beauties. Pasalnya, ada beberapa alasan yang membuat duduk terlalu lama berbahaya untuk kesehatan. Simak ulasannya berikut ini!

Memicu Berat Badan Naik

Ilustrasi makan sambil menontonIlustrasi makan sambil menonton/ Foto: pexels.com/KoolShoters

Jika kamu terlalu banyak duduk seperti menghabiskan waktu dengan menonton TV atau maraton serial Netflix di laptop berjam-jam tanpa bergerak, hal ini bisa memicu berat badan naik, Beauties.

Melansir webmd.com, kalau kamu duduk terlalu lama dan nggak melakukan olahraga atau membiarkan tubuh kamu bergerak, berat badan kamu akan naik dan membuat kamu malas melakukan kegiatan lainnya.

Sakit di Bagian Punggung Hingga Pinggul

Sakit punggungIlustrasi sakit punggung/ Foto: Freepik.com/yanalya

Duduk yang terlalu lama dengan posisi duduk yang buruk juga bisa menyebabkan sakit di bagian punggung hingga pinggul. Melansir Healthline, duduk terlalu lama memicu fleksor pinggul jadi pendek, serta posisi duduk bisa membuat punggung menjadi sakit.

Selain itu, postur tubuh yang buruk saat duduk dapat menyebabkan kompresi pada cakram di tulang belakang dan dapat menyebabkan degenerasi dini, yang mengakibatkan nyeri kronis.

Risiko Deep Vein Thrombosit (DVT)

ilustrasi: bengkak di kaki bagian bawah bisa jadi tanda penyakit jantungIlustrasi sakit di bagian kaki/ Foto: pexels.com

Jika kamu terlalu lama duduk, risiko lainnya ialah memicu terjadi Deep Vein Thrombosit. Melansir webmd.com, DVT adalah gumpalan yang terbentuk di kaki akibat duduk terlalu lama. DVT ini bisa menjadi makin serius jika gumpalan tersebut pecah dan menyebar hingga ke paru-paru.

Beberapa gejala DVT dapat dilihat seperti pembengkakan di kaki dan munculnya rasa sakit, namun beberapa orang tidak mengalami gejala yang sama.

Itu dia beberapa alasan duduk terlalu lama bisa berbahaya untuk kesehatan. Jika kamu merasa sudah lama duduk, usahakan untuk beri jeda sejenak dengan melakukan peregangan tubuh atau berjalan santai ya, Beauties!

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE