sign up SIGN UP

Sering Dikejar Deadline Sampai Lupa Napas? Ini Ciri-ciri dan Cara Mengatasinya!

Niky Yunniarty Dermawan | Beautynesia
Rabu, 11 May 2022 07:15 WIB
Sering Dikejar Deadline Sampai Lupa Napas? Ini Ciri-ciri dan Cara Mengatasinya!
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu pernah mengalami kondisi 'lupa bernapas' saking sibuknya saat dikejar deadline dari kantor? Di zaman yang serba cepat ini membuat semua pekerjaan pun harus diselesaikan dengan cepat. Seringkali saking banyaknya pekerjaan membuat kamu sangat sibuk, dan bahkan jadi lupa untuk sekadar bernapas.

Dikerjar Dealine/rawpixel.com/McKinsey
Dikejar Deadline/Foto: rawpixel.com/McKinsey

Dilansir dari CNN Indonesia, lupa bernapas bukan berarti lupa bagaimana cara bernapas atau tidak bernapas sama sekali, ya, Beauties. Hanya saja kamu tidak bisa menyadari napas secara normal.

Edwin Tan seorang mindfulness meditation practitioner mengatakan, “Pikiran kita itu suka fokus di satu hal. Mungkin saking fokusnya, kita lupa bernapas. Kalau lupa napas, efeknya akan banyak. Karena mengurangi asupan oksigen yang membuat kita menjadi cemas, atau kadang bisa jadi sakit kepala."

Ciri-ciri Jika Alami 'Lupa Bernapas'

Dikejar Dealine Lupa Napas/freepik.com/tirachardz
Dikejar Dealine Lupa Napas/freepik.com/tirachardz

Ciri-ciri apabila kamu lupa untuk bernapas adalah sering mengalami sakit kepala atau migrain. Dilansir dari Migraine Trust, sakit kepala atau migrain bisa dipicu oleh beberapa hal, di antaranya meja kerja terlalu dekat dengan jendela sehingga terkena silau dan matahari langsung.

Selain itu, kursi yang tidak sesuai dengan postur tubuh bisa menyebabkan sakit punggung atau leher dan memicu migran. Usahakan layar komputer atau laptop yang digunakan saat kerja diposisikan di ketinggian yang benar serta menggunakan keyboard dan mouse yang membuat nyaman.

Lebih lanjut, migrain juga bisa dipicu karena kebisingan, apabila tempat kerjamu dekat dengan jalan yang mobilitasnya tinggi.

Cara Mengatasi Migrain dan Sadar saat Bernapas

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit kepala atau migrain yang muncul kala lupa bernapas saat bekerja. Pastikan meja saat bekerja dekat dengan akses air minum agar nantinya tetap terhidrasi.

Lalu, mulai terapkan istirahat teratur, dengan aturan 20-20-20. Misalnya setelah 20 menit bekerja menatap layar, alihkan fokus kepada sesuatu yang berjarak lebih jauh. Kemudian, jika memakai kaca mata pastikan memilih lensa yang anti silau atau anti radiasi. Pastikan layar laptop bersih dan jaraknya sesuai kenyamanan.

Dikejar Deadline Lupa Napas/freepik.com/cookie_studio
Dikejar Deadline Lupa Napas/freepik.com/cookie_studio

Selain cara di atas, dilansir dari detikHealth, Edwin Tan juga berpendapat kebiasaannya bermeditasi dapat menyadarkannya dengan cepat ketika dirinya lupa bernapas di tengah kesibukan atau deadline yang melanda.

Edwin Tan menekankan sangat penting untuk membiasakan teknik bernapas yang baik terlebih dahulu sebelum bermeditasi. Meditasi adalah melatih kesadaran, aktivitas mengamati napas yang menenangkan tubuh dan pikiran. Kamu juga bisa mulai menerapkan dan belajar bermeditasi agar tidak lupa bernapas dan migrain sekalipun tengah dikejar deadline.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id