sign up SIGN UP

Selain Jadi Tahu Jadwal Haid, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Punya Aplikasi Pelacak Siklus Menstruasi di Ponsel

Aulia Septia Wati | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 07:45 WIB
Selain Jadi Tahu Jadwal Haid, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Punya Aplikasi Pelacak Siklus Menstruasi di Ponsel
caption

Beauties, seperti yang kita tahu, menstruasi merupakan pendarahan rutin vagina yang berasal dari rahim perempuan. Pada dasarnya, menstruasi terjadi dalam satu siklus bulanan tertentu. Menstruasi akan terjadi sejak perempuan mengalami menstruasi pertama sampai masa menopause tiba.

Karena terjadi secara rutin dan berkaitan dengan reproduksi, sudah seharusnya kita sebagai perempuan mengetahui segala informasi menyangkut menstruasi. Mulai dari siklusnya, gejala dan efek samping, sampai kebersihan dan kesehatan diri selama menstruasi berlangsung.

Aplikasi pelacak menstruasi
Pembalut dan tampon sebagai perangkat menstruasi/pexels/Karolina Grabowska

Satu hal mendasar yang tidak boleh diabaikan adalah mengenai siklus menstruasi. Dilansir dari Womens Health, siklus menstruasi perempuan biasanya berlangsung selama 24 sampai 38 hari. Jangka waktu ini berbeda pada tiap perempuan, dan bisa berubah seiring bertambahnya usia.

Karena perbedaan durasi menstruasi ini, setiap perempuan wajib mengenali siklusnya sendiri. Kalau kamu merasa kesulitan untuk menghitung periode siklus-mu secara manual setiap bulan, kamu bisa meng-install aplikasi pelacak siklus menstruasi di ponsel kamu lho, Beauties.

Untuk menambah keyakinan kamu, berikut 5 alasan kamu harus mempunyai aplikasi pelacak siklus menstruasi di ponsel.

1. Cara Kerja Aplikasi Berdasarkan Pola Menstruasi Kamu yang Unik 

Aplikasi pelacak siklus menstruasi
Mencatat siklus menstruasi/pexels/Olya Kobruseva

Beauties, durasi siklus menstruasi bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, pola hidup, hingga kondisi mental seseorang. Tidak hanya berbeda pada tiap individu, siklus menstruasi bisa saja berubah pada satu individu.

Melansir dari Let’s Talk Period, pelacak menstruasi bekerja dengan cara mengkalkulasikan durasi rata-rata dari tiga siklus menstruasi terakhir kamu. Dengan begitu, prediksi dari aplikasi bisa akurat jika kamu telah mencatat siklus menstruasi kamu paling tidak selama tiga bulan.

Jadi, aplikasi ini bukan hanya memprediksi kapan menstruasi kamu akan terjadi ya Beauties, namun memahami pola menstruasi yang kamu alami setiap bulan.

2. Melacak Masa Subur dan Memetakan Penggunaan Kontrasepsi 

Aplikasi pelacak siklus menstruasi
Kehamilan/pexels/Garon Piceli

Karena menstruasi merupakan salah satu proses dalam sistem reproduksi, kamu harus memahami siklusnya baik ketika ingin merencanakan kehamilan maupun sebaliknya.

Dengan pelacak siklus menstruasi, kamu bisa melacak kapan masa subur kamu bermula dan berakhir, sehingga kamu tidak perlu bingung kapan waktu yang efektif untuk berhubungan seksual dengan suami, maupun jenis kontrasepsi yang sebaiknya digunakan pada fase tertentu.

3. Meminimalisir Stres

Beauties, sering nggak kalian mendengar keluhan seorang perempuan yang merasa gelisah karena terlambat menstruasi? Atau jangan-jangan kalian pernah mengalaminya?

Dengan melacak siklus menstruasi dari ponsel, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan jadwal menstruasi. Kamu cukup membuka aplikasi, melihat analisis berdasarkan pola menstruasi yang telah kamu catatkan sebelumnya, sampai akhirnya kamu dapat mengetahui berbagai kemungkinan penyebab keterlambatan menstruasi kamu.

4. Membantu Memahami Kesehatan & Mood Selama Siklus Berlangsung 

Aplikasi pelacak siklus menstruasi
Suasana hati berpengaruh terhadap menstruasi/pexels/Andrea Piacquadio

Dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, aplikasi pelacak menstruasi juga bisa menganalisis jadwal menstruasi kamu dengan berbagai kemungkinan yang didasarkan berbagai faktor, misalnya perubahan pola makan, suasana hati yang buruk, sampai penggunaan obat kontrasepsi. Dengan begitu, kamu bisa menjaga dan mengontrol kondisi diri kamu sebelum maupun selama menstruasi.

5. Kamu bisa berkonsultasi jika terjadi kejanggalan

Satu kecanggihan lain yang bisa kamu dapatkan dari pelacak menstruasi adalah layanan konsultasi. Beberapa aplikasi pelacak menstruasi mencoba memberikan kamu kemudahan dengan layanan konsultasi yang bisa kamu gunakan sewaktu-waktu. Namun, biasanya konsultasi yang ada tidak maksimal, jadi jika kamu membutuhkan konsultasi medis kamu tetap harus menghubungi dokter.

Itu dia Beauties beberapa alasan yang bisa meyakinkan kamu untuk menggunakan aplikasi pelacak siklus menstruasi di Ponsel. Dengan berbagai kemudahan dan manfaat tersebut, rasanya tidak ada salahnya kamu mencobanya dari sekarang. Semoga bermanfaat!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id