sign up SIGN UP

Hati-Hati, Ini Tanda Kamu Mengalami Alergi Produk Makeup Wajah, Mata, Hingga Bibir!

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Jumat, 17 Jun 2022 08:30 WIB
Hati-Hati, Ini Tanda Kamu Mengalami Alergi Produk Makeup Wajah, Mata, Hingga Bibir!
caption
Jakarta -

Merias wajah untuk kebutuhan sehari-hari kerap dilakukan perempuan, mulai dari tuntutan pekerjaan, menyalurkan hobi, atau sekadar menyalurkan passion di bidang kecantikan.

Produk yang digunakan untuk merias wajah atau makeup pun beragam, mulai dari makeup wajah, makeup mata, hingga bibir. Karena produk makeup sendiri sudah memiliki standardisasi yang berbeda di tiap jenisnya, pastikan kamu memilih produk makeup yang sudah bersertifikat BPOM dan aman ya, Beauties.

Kendati demikian, meski suatu produk makeup sudah teruji secara klinis dan aman diproduksi maupun digunakan, beberapa orang cenderung mengalami suatu reaksi alergi jika tak cocok dengan makeup tertentu.

Berikut ini ada beberapa tanda alergi produk makeup wajah, mata, hingga bibir yang perlu kamu ketahui, Beauties!

Area Wajah

Foto:pinterest/annmariegianniIlustrasi alergi di wajah/ Foto: pinterest/annmariegianni

Area wajah menjadi salah satu bagian paling 'vital' dan dengan mudah terlihat jika mengalami reaksi alergi, baik itu penggunaan skincare maupun produk makeup tertentu. Melansir WebMD, terdapat dua tanda reaksi kulit dari produk kecantikan.

Yang pertama disebut irritant contact dermatitis yang terjadi ketika suatu produk merusak kulit kamu. Tanda-tandanya mulai dari kulit wajah terasa terbakar, gatal, menyengat, atau muncul kemerahan setelah menggunakan suatu produk.

Reaksi lainnya disebut sebagai allergic contact dermatitis yang juga melibatkan sistem imun dalam tubuh kamu, Beauties. Tanda-tanda yang terlihat atau gejalanya mulai dari kulit yang gatal, bengkak, hingga muncul kemerahan.

Area Mata

Ilustrasi alergi di mata akibat makeupIlustrasi alergi di mata akibat makeup/ Foto: istockphoto.com/MarcusLindstrom

Melansir ocli.net, jika area kulit di sekitar mata kamu terasa gatal, muncul kemerahan, bengkak, atau bersisik setelah menggunakan makeup, kemungkinan besar kamu mengalami reaksi alergi atau cukup sensitif dengan produk makeup tertentu.

Reaksi tersebut bisa bertambah parah atau menghilang dengan cukup cepat. Selain itu, reaksi alergi pada makeup mata biasanya terjadi di kedua mata sekaligus, namun salah satu mata bisa mengalami reaksi yang lebih parah dibanding mata lainnya.

Bagian kelopak mata dan sekitarnya menjadi salah satu bagian yang rentan untuk mengalami reaksi alergi, dikarenakan area kelopak mata sangat tipis dan longgar sehingga menyebabkan bahan-bahan kimia yang ada di makeup mata bisa penetrasi lebih dalam.

Karena hal tersebut juga, area kelopak mata bisa terlihat lebih bengkak sebagai reaksi alergi dengan produk makeup tertentu.

Area Bibir

Ilustrasi alergi di bibirIlustrasi alergi di bibir/ Foto: Getty Images/iStockphoto/V_Sot

Hampir sama seperti reaksi alergi makeup di area wajah atau area mata, jika kamu mengalami tanda seperti bibir yang gatal, bibir tiba-tiba bengkak, atau muncul ruam kemerahan di sekitar bibir setelah mencoba produk makeup untuk bibir seperti lip balm, lipstick, lip tint, atau produk bibir lainnya, bisa jadi kamu mengalami reaksi
alergi.

Melansir dermnetnz.org, peradangan di bibir yang disebut cheilitis yang dialami perempuan sebagian besar disebabkan karena alergi pada produk bibir tertentu. Sementara, lipstick ditandai sebagai produk makeup bibir dengan risiko sedang untuk menyebabkan reaksi alergi.

Nah, itu dia tanda-tanda kamu nggak cocok dengan produk makeup area wajah, mata, atau bibir. Jika kamu mengalami reaksi alergi, segera hentikan pemakaian dan konsultasi ke dokter, ya.

Perlu diingat juga, bukan berarti makeup yang kamu gunakan berbahaya, namun adanya reaksi alergi alamiah dari tubuh kamu yang memang nggak cocok dengan makeup tertentu. Selalu waspada ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id