sign up SIGN UP

Benarkah Castor Oil atau Minyak Jarak Berkhasiat untuk Rambut? Berikut Jawabannya!

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Rabu, 08 Jun 2022 07:45 WIB
Benarkah Castor Oil atau Minyak Jarak Berkhasiat untuk Rambut? Berikut Jawabannya!
Rambut sehat/ Foto: freepik.com/master1305

Memiliki rambut yang indah dan sehat tentu menjadi dambaan semua perempuan. Membayangkan memiliki rambut bak bintang iklan shampo tentu membuatmu berbinar bahagia ya, Beauties! Salah satu cara yang mungkin kamu yakini untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat adalah memanfaatkan castor oil atau minyak jarak.

Namun benarkah minyak jarak benar-benar bisa membantu rambutmu menjadi lebih sehat? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Minyak Jarak Untuk Rambut

Minyak jarak
Minyak jarak/ Foto: freepik.com/azerbaijan_stockers

Jika kamu percaya bahwa minyak jarak bisa menumbuhkan rambut atau membantu mempercepat pertumbuhan rambut, maka kamu perlu siap-siap kecewa, Beauties. Melansir dari laman Allure, Perry Romanowski, seorang ahli kimia kosmetik mengatakan bahwa minyak jarak tidak bisa menumbuhkan rambut atau membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Hingga saat ini memang belum ada bukti dan teori yang mendukung pernyataan tersebut.

Akan tetapi, melansir dari laman Byrdie, minyak jarak bisa menutrisi rambut karena memiliki susunan nutrisi yang terdiri dari campuran protein, vitamin, asam lemak, dan antioksidan yang kuat. Sehingga rambut bisa lebih sehat, berkilau, dan lebih kuat.

Maka tidak heran, banyak produk perawatan rambut yang memasukkan minyak jarak ke dalam kandungan produk. 

Amankah Minyak Jarak Diaplikasikan pada Alis dan Bulu Mata?

Mengaplikasikan minyak jarak di alis
Mengaplikasikan minyak jarak di alis/ Foto: freepik.com/master1305

Minyak jarak memang bisa menutrisi rambut, lalu amankah minyak jarak jika diaplikasikan pada alis dan bulu mata?

Melansir dari laman Elle, mengungkapkan bahwa minyak jarak bisa saja diaplikasikan pada alis. Namun kamu perlu berpikir ulang jika ingin mengaplikasikan minyak jarak ke bulu mata.

Kepada Elle, seorang ahli trikologi yakni Dr. Hill mengemukakan bahwa jika memang tidak ada alergi terhadap minyak jarak setelah uji tempel, maka minyak jarak aman digunakan pada alis.

Lebih lanjut Dr. Hills mengatakan bahwa belum atau tidak ada yang menyatakan adanya kaitan minyak dengan kesehatan mata, tetapi kamu perlu berhati-hati dan konsultasi dengan dokter yang mengetahui kondisimu terlebih dahulu jika akan mengoleskan minyak jarak di area mata. 

Kiat Mengaplikasikan Minyak Jarak pada Rambut

Perawatan rambut
Perawatan rambut/ Foto: freepik.com/valuavitality

Sebelum benar-benar menggunakan minyak jarak, ada baiknya kamu melakukan uji coba untuk mengetahui apakah kamu memiliki alergi terhadap minyak jarak. Kamu bisa mengoleskan sedikit minyak jarak di area belakang dan tunggu hingga seminggu. Jika tidak ada indikasi alergi, kamu bisa lanjut menggunakan minyak jarak di bagian rambut dan kulit kepala.

Kamu bisa aplikasikan minyak jarak di bagian rambut atau kulit kepala sebagai pelembap sebelum keramas. Kamu juga bisa mencampurkan minyak jarak ke dalam kondisioner atau menjadikan produk dengan kandungan minyak jarak sebagai perawatan mingguan untuk menutrisi rambut. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id