sign up SIGN UP

Mudah Diikuti, Terapkan 7 Gaya Hidup Ayurveda Ini untuk Dapatkan Kulit Glowing Alami!

Retno Anggraini | Beautynesia
Minggu, 29 May 2022 19:30 WIB
Mudah Diikuti, Terapkan 7 Gaya Hidup Ayurveda Ini untuk Dapatkan Kulit Glowing Alami!
caption

Beauties, pernahkah kamu mendengar gaya hidup AyuverdaAyurveda merupakan ilmu kuno yang merupakan reservoir esensi alam. Tidak hanya berfungsi sebagai pengobatan alami, Ayurveda juga dapat membantu kamu untuk membiasakan diri dengan gaya hidup yang lebih baik.

Menerapkan gaya hidup ala Ayurveda rupanya juga bagus untuk dapatkan kulit glowing secara alami, lho! Merangkum dari Stylecraze, berikut adalah 7 gaya hidup ala Ayurveda yang bisa kamu terapkan.

Tidur dan Bangun Lebih Awal

Tidur dan bangun lebih awal
Tidur dan bangun lebih awal/Foto: Freepik.com/lifeforstock

Selain membuat fisik dan mental lebih sehat, gaya hidup ini juga bisa melindungi kecantikan kulit kamu. Terlalu banyak begadang dan kurang tidur dapat meningkatkan jumlah sel inflamasi di tubuh yang memicu permasalahan kulit, seperti jerawat dan dermatitis.

Kebiasaan buruk tadi juga bisa merusak sistem hidrasi kulit, sehingga menyebabkan kulit kamu lebih cepat kering dan mempercepat proses penuaan. Kamu harus menerapkan gaya hidup ini jika ingin mendapatkan kulit wajah yang awet muda.

Hindari Mencampur Makanan yang Tidak Cocok

Jangan minum dingin setelah makan
Jangan minum dingin setelah makan/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Makanan adalah obat, tapi bisa menjadi racun jika dikonsumsi dengan kombinasi yang salah. Ada beberapa makanan yang memang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan, seperti:

  • Susu dan Buah: Buah-buahan dapat dicerna dengan cepat oleh tubuh, sedangkan susu butuh waktu yang agak lama untuk dicerna. Jika dikonsumsi bersamaan, buah akan mengentalkan susu dan menyebabkan keasaman.
  • Susu dan Daging: Hindari konsumsi makanan dengan bahan dasar susu jika makanan utama kamu adalah daging atau ikan, ya. Daging akan memanaskan tubuh sedangkan susu bertindak sebaliknya. Jika dikonsumsi bersamaan, dua jenis makanan ini akan menghalangi proses di saluran vital tubuh
  • Minuman Dingin setelah Makan: Hindari konsumsi minuman dingin setelah makan karena minuman dingin akan menekan cairan pencernaan dan menyebabkan masalah perut. Berlaku juga untuk es krim dan yoghurt beku, ya, Beauties.

Rutin Minum Teh Herbal

Rutin minum teh herbal
Rutin minum teh herbal/Foto: Freepik.com/jcomp

Menjaga diri agar tubuh tetap terhidrasi merupakan hal yang penting. Minum air putih dan rutin minum teh juga merupakan cara yang tepat. Buatlah teh herbal dan minum di sore hari untuk menjaga kesehatan pencernaan kamu. Sistem pencernaan yang sehat juga berpengaruh untuk kulit glowing, lho!

Konsumsi Sayuran yang Mengandung Banyak Air

Konsumsi sayuran tinggi kandungan air
Konsumsi sayuran tinggi kandungan air/Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Sayuran dengan kandungan air yang tinggi dapat dicerna dengan mudah. Sayuran seperti wortel, lobak, selada, asparagus, dan mentimun bermanfaat untuk semua jenis kulit. Kamu dapat menggabungkan beberapa sayuran yang mengandung banyak air dan mengonsumsinya sebagai salad.

Meditasi dan Olahraga

Jangan lupa untuk olahraga dan meditasi
Jangan lupa untuk olahraga dan meditasi/Foto: Freepik.com/benzoix

Tidak hanya baik untuk jantung dan paru-paru, olahraga juga merupakan kunci untuk mendapatkan kulit glowing alami. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengatur metabolisme kulit agar tetap sehat dan awet muda.

Selain olahraga, meditasi juga sangat diperlukan, nih, Beauties. Meditasi dapat membantu menenangkan pikiran. Saat pikiran tenang, energi positif akan mengalir ke seluruh tubuh. Kegiatan ini tidak hanya mengurangi stres, tapi juga bantu meremajakan kulit.

Kurangi Asupan Gula dan Garam

Kurangi asupan gula dan garam
Kurangi asupan gula dan garam/Foto: Freepik.com/jcomp

Asupan gula dan garam yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Kelebihan gula dan garam juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit secara keseluruhan, seperti menimbulkan jerawat dan alergi.

Melembapkan dan Melindungi Kulit

Pastikan kulit terlindungi
Pastikan kulit terlindungi/foto: Freepik.com/gpointstudio

Menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi sangatlah penting. Selain minum air putih, kamu juga bisa menerapkan bagian penting dari gaya hidup Ayurveda, yaitu Abhyanga atau pijat minyak. Memijat kulit dengan minyak herbal tidak hanya melemaskan otot saja, tapi juga meningkatkan aliran darah dan mencegah kulit kering.

Selain itu, jangan lupa untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar UV. Beberapa efek buruk dari sinar UV untuk kulit di antaranya menyebabkan kulit terbakar, hiperpigmentasi, dan menyebabkan kerutan. Maka dari itu, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen dan sunblock, ya.

Gaya hidup ala Ayurveda untuk membuat kulit glowing secara alami ini sangat mudah untuk dilakukan, lho! Untuk mendapatkan hasil yang optimal, perawatan kulit tidak hanya dilakukan dari luar saja, tapi juga dari dalam. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id