sign up SIGN UP

Hentikan Sekarang Juga! Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Gigi Berwarna Kuning

Dians Marfuah | Jumat, 14 Jan 2022 08:30 WIB
Hentikan Sekarang Juga! Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Gigi Berwarna Kuning
caption
Jakarta -

Semua orang pasti ingin memiliki gigi putih, sehat dan bersih. Sebaliknya, gigi kuning tak hanya nyaman dipandang, namun juga membuat kita kurang percaya diri. Meskipun kita sering menggosok gigi, faktanya ada beberapa kebiasaan buruk yang bikin gigimu menguning secara perlahan.

Parahnya lagi nih, kebiasaan ini mungkin belum kamu ketahui bisa bikin gigi menguning. Enamel yang terus terkikis akan membuat dentin terlihat yang membuat warna terlihat kuning. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang membuat gigi berwarna kuning.

Mengonsumsi Minuman Tertentu

Ilustrasi minuman kopi/Pexels.com/ROMAN ODINTSOV
Ilustrasi minuman kopi/ Foto: Pexels.com/ROMAN ODINTSOV

Faktanya, ada beberapa jenis minuman tertentu yang bisa bikin gigi menjadi terlihat kuning. Beberapa diantaranya seperti teh, kopi dan minuman bersoda. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi dan teh mampu mengikis enamel gigi jika keseringan dikonsumsi.

Begitu pula minuman bersoda yang mengandung asam dan bisa bikin gigi menguning. Saat enamel terkikis, noda minuman dapat menempel pada dentin sehingga gigi makin terlihat kuning.

Apalagi jika tidak dibersihkan dengan benar. Pada minuman kopi, juga terdapat tannin yang bisa menimbulkan plak pada gigi yang bisa bikin gigi telihat kecoklatan dan menguning.

Merokok

Ilustrasi rokok/Pexels.com/Basil MK
Ilustrasi rokok/ Foto: Pexels.com/Basil MK

Kebiasaan merokok adalah kebiasaan yang sudah banyak diketahui bikin gigi terlihat kuning. Hal ini bisa dilihat langsung dari para perokok yang umumnya memiliki gigi yang lebih kuning dari pada orang kebanyakan.

Penyebab perokok memiliki gigi yang kuning adalah kandungan tar dan nikotin pada tembakau. Yang mana kedua kandungan ini dapat menempel pada email gigi dan pada akhirnya bisa bikin gigi menguning. Tak hanya menguning, gigi perokok berat bahkan disebut bisa menjadi kecoklatan atau hitam setelah merokok bertahun-tahun.

Mengonsumsi Buah Asam

Ilustrasi buah lemon/Pexels.com/Karolina Grabowska
Ilustrasi buah lemon/ Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Mengonsumsi buah asam yang terlalu sering ternyata juga bisa mengubah warna gigi menjadi kuning. Buah-buahan seperti lemon, beri, jeruk memang mengandung banyak vitamin, namun kalau dikonsumsi secara berlebihan juga bisa membuat gigi menguning, lho.

Sifat asam dari buah-buahan tersebut dapat membuat gigi menjadi  keropos dan terlihat lebih kuning. Selain itu permukaan gigi yang keropos membuat gigi lebih mudah menangkap zat warna lain, sehingga semakin kuning.

Oleh karenanya, untuk mencegahnya kamu bisa minum banyak air putih untuk menyeimbangkan kebutuhan cairan setelah mengonsumsi buah-buahan bersifat asam tersebut.

Terlalu Keras Menggosok Gigi

Ilustrasi sikat gigi/Tara Winstead
Ilustrasi sikat gigi/ Foto: Tara Winstead

Menggosok gigi dengan cara yang salah merupakan salah satu penyebab gigi menguning. Menggosok gigi tidak hanya dilakukan dengan rutin, tetapi teknik membersihkannya juga harus benar. Kebiasaan menggosok gigi terlalu kencang bisa menyebabkan gigi menguning secara perlahan dan tak disadari.

Hal ini disebabkan tekanan menggosok gigi terlalu keras dapat mengikis dan merusak lapisan gigi dan mengekspos lapisan dentin. Alhasil gigi akan terlihat menguning, oleh karenanya hindari menggosok gigi terlalu keras dan lakukan secara lembut dan perlahan.

[Gambas:Youtube]

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id