sign up SIGN UP

Tips Rawat Kesehatan Gigi Agar Selalu Tampak Bersih dan Putih

Novianty Aulia | Minggu, 27 Jun 2021 14:00 WIB
Tips Rawat Kesehatan Gigi Agar Selalu Tampak Bersih dan Putih
caption

Gigi dan mulut menjadi tempat yang rentan untuk berkumpulnya bakteri serta kuman. Hal ini dikarenakan segala makanan yang kamu konsumsi dapat tersisa dan menumpuk pada gigi. Tak heran, berbagai permasalahan mudah muncul seperti gigi berlubang hingga bau mulut yang tidak sedap.

Tak cuma untuk kesehatan, gigi juga berperan penting dalam menentukan penampilan kamu, lho. Tentunya tidaklah nyaman untuk tersenyum dalam keadaan gigi yang sedang tidak baik. Kepercayaan diri juga dapat menurun dan membuat kamu ragu untuk berbicara dengan orang lain.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu memperhatikan kondisi gigi. Nah, berikut Beautynesia telah merangkum 6 tips merawat kesehatan gigi yang pastinya mudah untuk kamu lakukan. Kira-kira apa saja? Yuk simak artikel berikut ini!

1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari 

Rutinlah menyikat gigi baik saat pagi ataupun malam hari untuk mencegah pertumbuhan bakteri di mulut ataupun gigi.
Menyikat gigi saat pagi dan malam hari/Foto: Freepik.com


Dalam setiap harinya kamu mencicipi beragam macam hidangan mulai dari makanan manis hingga jenis santapan lainnya. Tidak menutup kemungkinan bahwa sisa-sisa makanan tersebut masih tertinggal pada gigi, terlebih jika kamu mengalami masalah gigi berlubang. Oleh karena itu kamu harus memastikan segala sisa hidangan tersebut bersih dengan cara menyikat gigi. 

Dianjurkan untuk selalu menyikat gigi baik saat pagi hari maupun malam, sebelum tidur. Membersihkan gigi saat pagi hari dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada mulut yang terjadi ketika tidur. Tak kalah penting, sikat gigi sebelum tidur juga menghindari resiko perubahan warna alami akibat cairan saliva yang mengering saat tidur sepanjang malam. Menyikat gigi secara teratur saat pagi ataupun malam hari tentunya dapat menjaga kesehatan gigi agar tidak cepat berlubang ataupun rusak.

2. Gantilah Sikat Gigi Secara Rutin 

Kondisi sikat gigi juga harus diperhatikan karena jika sudah terlalu lama beresiko menimbun banyak bakteri.
Rutinlah mengganti sikat gigi/Foto: Freepik.com


Sudah berapa lamakah umur sikat gigi yang kamu gunakan? Atau, ingatkah kapan terakhir kali mengganti sikat gigi? Jika sudah lama, segeralah ganti dengan yang baru sebelum gigi kamu rusak.

Perlu kamu ketahui Ladies, sikat gigi yang terlalu lama dipakai dapat menjadi tempat tertimbunnya bakteri dan kuman. Dikhawatirkan, tumpukan bakteri tersebut malah berpindah ke dalam mulut dan menimbulkan bercak kuning, hingga plak pada rongga gigi kamu. 

Oleh karena itu, rutinlah menggantinya maksimal tiga bulan sekali. Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut agar tidak melukai bagian dalam mulut.

3. Batasi Minuman yang Merusak Warna Alami Gigi

Minuman bewarna pekat hingga kopi dapat merubah warna alami dari gigi. Jadi, mulailah untuk membatasinya ya ladies.
Mulailah membatasi minuman berwarna pekat hingga kopi/Foto: Freepik.com


Meskipun terdengar sepele, pemilihan jenis makanan ataupun minuman juga dapat mempengaruhi tampilan serta warna dari gigi kamu, lho

Ladies, segala jenis santapan yang kamu konsumsi tentunya membawa dampak tersendiri, tak terkecuali untuk kesehatan gigi dan mulut. Sederet minuman segar seperti kopi hingga minuman berwarna lainnya dipercaya dapat memudarkan warna putih pada gigi. Hal ini disebabkan karena terlalu pekatnya warna pada minuman sehingga menempel pada permukaan gigi. 

4. Rajin Membersihkan Lidah 

Lidah juga harus selalu dibersihkan untuk mencegah perpindahan bakteri dari lidah menuju gigi.
Merawat kesehatan gigi dengan rutin membersihkan lidah/Foto: Pinterest.com/dentagama


Lidah menjadi salah satu organ yang memiliki letak paling dekat dengan gigi. Terlalu dekatnya posisi inilah yang membuat segala kotoran atau plak pada lidah dapat berpindah dan menempel pada gigi. Jika dibiarkan terlalu lama, sekumpulan plak tersebut akan mengotori gigi dan menghilangkan warna putih alami dari gigi kamu. 

Mulailah untuk rutin membersihkan organ lidahmu seusai menyantap makanan. Kamu bisa memanfaatkan bagian belakang sikat gigi untuk menggosok lidah hingga bersih. Jika ingin lebih maksimal, kamu dapat memakai alat pembersih khusus lidah agar kotoran dan plak dapat terangkat secara sempurna. 

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi dari sikat gigi ataupun alat pembersih lidah. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kuman atau bakteri yang tertinggal pada alat tersebut.


5. Lakukan Flossing 

Rutinlah melakukan flossing untuk emmastikan kotoran pada gigi terangkat.
Lakukan flossing untuk mengangkat kotoran/Foto: Freepik.com


Pernahkah kamu mendengar istilah flossing? 

Flossing adalah teknik pembersihan gigi menggunakan bantuan media berupa benang gigi. Kegiatan pembersihan ini untuk menjangkau setiap celah pada bagian mulut serta gigi milikmu. Teksturnya yang halus akan menimbulkan sensasi yang nyaman tanpa meninggalkan rasa sakit pada gigi. 

Teknik yang satu ini menjadi salah satu langkah yang dianjurkan oleh para ahli. Selain karena mudah untuk dilakukan, flossing juga terbukti menghilangkan kotoran di bagian yang kemungkinan tidak dijangkau sikat.

6. Jangan Menyikat Gigi Terlalu Keras 

Menyikat gigi terlalu keras dapat merusak gigi dan berujung gigi berlubang
Hindari menyikat gigi terlalu keras/Foto: Freepik.com


Terbiasa menyikat gigi dengan ekstra keras dalam ritme yang sangat cepat? Yuk, mulai tinggalkan kebiasaan tersebut karena nyatanya dapat merusak gigi lho. Menjadi sebuah pemikiran yang sangat tidak tepat jika menyikat gigi dengan keras dapat membersihkan gigi lebih ekstra dari biasanya.

Justru, kebiasaan yang satu ini malah merusak enamel pada gigi dan beresiko membuat luka pada bagian gusi.

 


Our Sister Site

mommyasia.id