sign up SIGN UP

Hepatitis Akut Juga Bisa Terjadi Pada Orang Dewasa, Cek Gejalanya di Sini, Beauties

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 11 May 2022 09:45 WIB
Hepatitis Akut Juga Bisa Terjadi Pada Orang Dewasa, Cek Gejalanya di Sini, Beauties
caption
Jakarta -

Hepatitis akut tengah hangat dibicarakan saat ini, Beauties.

Namun dalam hal ini lebih rentan dialami usia anak-anak karena sistem imunnya yang belum sempurna. Demikian menurut Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI, dr Muzal Kadim, SpA(K), dalam diskusi daring, dikutip dari detikHealth.

Hepatitis itu sendiri merupakan kondisi peradangan hati, yang umumnya dikarenakan virus hepatitis A, B, C, D, dan E, atau kerusakan hati yang disebabkan oleh minum alkohol.

Kasus hepatitis ini sendiri juga dilaporkan telah mewabah di berbagai negara dan umumnya menyerang usia anak sampai 16 tahun. Statusnya di Indonesia, dikutip dari detikHealth, dr Nadia Tarmizi menyampaikan bahwa adanya 15 kasus anak yang terinfeksi misterius, dengan 5 di antaranya meninggal (9/5).

Tentunya hal ini tidak bisa kita anggap sepele.

Hepatitis pada Orang Dewasa

Ilustrasi perempuan yang sedang menahan sakit saat sariawanIlustrasi orang dewasa sedang sakit. /Foto: Freepik/Karlyukav/

Meski dilaporkan menyerang usia anak, menurut menurut Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI, dr Muzal Kadim, SpA(K), dalam diskusi daring, Sabtu (7/5), hepatitis akut juga bisa menyerang orang dewasa yang cenderung punya sistem imun kuat karena memiliki autoimun.

Kebanyakan orang yang mengidap hepatitis diketahui tidak bergejala, hingga tidak mengetahui kalau mereka tengah terinfeksi, Beauties.

Tetapi, beberapa orang juga ada yang mengidap hepatitis akut, dan biasanya gejala bisa muncul kapan saja mulai dari 2 minggu hingga 6 bulan setelah terpapar.

Tak berhenti di situ, gejala hepatitis virus kronis pun bisa membutuhkan waktu hingga puluhan tahun untuk berkembang.

Inilah gejala hepatitis pada orang dewasa yang perlu diwaspadai:

norovirus menyerang pada saluran pencernaan seperti terjadi dehidrasi yang hebat, mual secara tiba-tiba, demamIlustrasi demam. / Foto: Freepik/ Prostooleh/

Demam
Kelelahan
Kehilangan nafsu makan
Mual
Muntah
Sakit perut
Urine berwarna gelap
Tinja berwarna terang
Nyeri sendi
Penyakit kuning.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id