sign up SIGN UP

Bisa Memicu Penyakit Kronis, 5 Cara Meredakan Peradangan Tubuh Ini Harus Mulai Kamu Lakukan!

Zeyra Haya | Beautynesia
Kamis, 05 May 2022 07:30 WIB
Bisa Memicu Penyakit Kronis, 5 Cara Meredakan Peradangan Tubuh Ini Harus Mulai Kamu Lakukan!
caption

Pada dasarnya, peradangan merupakan respon alami tubuh yang secara natural yang akan selalu terjadi. Namun jika berlebihan, kondisi ini justru dapat membahayakan kesehatan tubuh.

"Peradangan dalam tubuh adalah respons normal dan sehat terhadap cedera atau serangan kuman. Ini adalah cara tubuh untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi dan aktivitas kekebalan ke area yang perlu menangkis infeksi atau menyembuhkan," ujar Ahli medis Andrew Weil, MD.

Namun ia juga menambahkan, jika hal ini juga bisa berakhir dengan penyakit kronis.

"Tetapi peradangan tidak selalu membantu. Ini juga memiliki potensi destruktif yang besar, yang kita lihat ketika sistem kekebalan secara keliru menargetkan jaringan tubuh sendiri pada penyakit (autoimun) seperti diabetes tipe 1, rheumatoid arthritis dan lupus," lanjutnya.

Peradangan tubuh sejatinya tidak bisa dicegah, tapi dapat kita minimalisir. Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat.

Rahasia Meredakan Peradangan Tubuh, Mulai Lakukan 5 Hal Ini!

Beauties, bahaya peradangan tubuh harus kita waspadai karena dapat memicu penyakit-penyakit kronis. Mulai dari diabetes, risiko penyakit jantung, diabetes, kolesterol, hingga penyakit autoimun.

Untuk itu, mulailah untuk mengatur dan menerapkan pola hidup sehat sedini mungkin. Melansir dari Eat This Not That, berikut adalah beberapa tips rahasia ampuh meredakan peradangan yang harus kita terapkan mulai dari sekarang.

1. Mengelola Stres

Pentingnya mengelola stres, bisa atasi resiko peradangan pada tubuh/Foto: pexels.com/Anna Shvets
(Pentingnya mengelola stres, bisa atasi resiko peradangan pada tubuh/Foto: pexels.com/Anna Shvets)

Penelitian menemukan bahwa stres dapat memicu peradangan pada tubuh. Untuk itu, cara meredakan peradangan yang sangat efektif adalah dengan mengurang tekanan pada diri. 

Kardiologis James Gray, MD mengatakan agar lebih lebih bisa mengelola stres dengan baik.

"Kita mungkin tidak dapat mengubah banyak situasi stres yang kita hadapi dalam hidup, tetapi kita dapat mengubah respons dan persepsi kita dengan belajar mengelola stres dengan lebih baik,” kata James.

Mengelola stres dapat dilakukan dengan bermeditasi, terapi, dan olahraga ya, Beauties!

2. Membiasakan Tidur Tepat Waktu

Jaga pola tidur, mulailah untuk membiasakan diri untuk tidur tepat waktu/Foto: pexels.com/Anastasiya Vragova
(Jaga pola tidur, mulailah untuk membiasakan diri untuk tidur tepat waktu/Foto: pexels.com/Anastasiya Vragova)

Meski masih dalam tahap riset, tapi Dr. Michael Breus selaku pakar dalam bidang ini telah memastikan bahwa kurang tidur juga meningkatkan risiko peradangan tubuh.

"Penelitian laboratorium telah menguji kekurangan tidur yang akut dan berkepanjangan, yang mana kondisi tidur dibatasi selama 24 jam atau lebih dan menemukan tingkat kurang tidur yang parah ini meningkatkan aktivitas peradangan dalam tubuh,” katanya.

Kebiasaan kurang tidur bisa terjadi akibat pola tidur yang tidak teratur. Untuk itu, penting bagi kita untuk mulai mengatur pola tidur dan membiasakan diri tidur tepat waktu. Supaya terhindar dari kondisi kelainan tidur seperti insomnia, sekaligus menghindari terjadinya peradangan kronis pada tubuh.

3. Memulai Rutinitas Olahraga Rutin

Penting untuk menjaga kesehatan, mulailah berolahraga dengan rutin/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Penting untuk menjaga kesehatan, mulailah berolahraga dengan rutin/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cara meredakan peradangan yang juga efektif adalah dengan berolahraga. Olahraga dapat menurunkan aktivitas peradangan pada tubuh, sebab itu penting bagi kita untuk memulai rutinitas olahraga mulai saat ini.

Dr. Suzy Hong, Ph, D. menuturkan bahwa olahraga ringan dengan durasi singkat sudah cukup bagi kita untuk mengurangi resiko peradangan.

"Dua puluh menit hingga setengah jam olahraga sedang, termasuk jalan cepat, tampaknya sudah cukup,” jelasnya.

4. Menjalani Diet Vegan atau Mediterranean

Hindari peradangan tubuh, sebaik mungkin atur pola makan. Diet vegan bisa jadi pilihan/Foto: pexels.com/Yaroslav Shuraev
(Hindari peradangan tubuh, sebaik mungkin atur pola makan. Diet vegan bisa jadi pilihan/Foto: pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Pola makan menjadi salah satu faktor timbulnya bahaya peradangan tubuh. Bukan tanpa alasan, pola makan yang buruk akan memicu reaksi peradangan sebagai respon perlindungan tubuh. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman dengan nutrisi yang cukup, kita dapat melawan peradangan pada tubuh.

Untuk itu melakukan diet anti peradangan menjadi salah satu solusinya.

"Diet vegan atau Mediterania, atau makan sehat yang terinspirasi oleh diet ini dapat mengontrol kadar insulin dan kolesterol dan mengurangi peradangan  yang merupakan penyebab rasa sakit," tutur spesialis manajemen nyeri William Welches, DO, PhD.

5. Menurunkan Berat Badan

Hindari resiko obesitas dan peradangan kronis, jaga berat badanmu mulai dari sekarang/Foto: pexels.com/SHVETS Production
(Hindari resiko obesitas dan peradangan kronis, jaga berat badanmu mulai dari sekarang/Foto: pexels.com/SHVETS Production)

Tips terakhir untuk meredakan peradangan tubuh adalah dengan menurunkan berat badan. Bagi seorang yang kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat berdampak besar dalam mengelola peradangan kronis.

Oleh karena itu, terlepas dari tujuan membentuk tubuh, menjaga berat badan menjadi hal yang harus kita lakukan untuk menghindari risiko peradangan.

“Dengan menurunkan berat badan, orang dapat mengurangi tingkat peradangan secara keseluruhan, dan ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D dapat memiliki efek yang sama jika seseorang memiliki tingkat nutrisi yang tidak mencukupi," jelas seorang ahli kesehatan, Dr. Catherine Duggan ,Ph.D.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, itulah beberapa cara untuk menghindari risiko peradangan pada tubuh yang harus mulai kita terapkan sedari sekarang. Beauties, selalu jaga kondisi kesehatanmu ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id