STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Hilangkan Bekas Jerawat dan Bopeng Secara Cepat, Kenali Fractional Laser yang Viral di TikTok

Cica Rahmania | Beautynesia
Senin, 21 Feb 2022 18:30 WIB
Hilangkan Bekas Jerawat dan Bopeng Secara Cepat, Kenali Fractional Laser yang Viral di TikTok

Di TikTok, kita bisa menemukan apa saja. Termasuk perawatan kulit yang nggak banyak dibicarakan oleh para skincare enthusiast di platform lain. Salah satu treatment yang sering muncul di beranda For Your Page (FYP) adalah fractional laser.

Sebagai gambaran, fractional laser merupakan perawatan kulit yang menembak kulit wajah dengan pola titik-titik. Penembakan dengan laser tersebut ditujukan untuk meregenasi kulit itu sendiri.

skincareFractional laser. / Foto: huafeimedical.com

Menurut Y. Claire Chang, MD, dokter kulit kosmetik bersertifikat di Union Square Laser Dermatology di Manhattan, kepada Byrdie, perawatan ini menargetkan epidermis (lapisan terluar kulit) dan dermis (di bawah epidermis) untuk mengurangi pigmen dan merangsang pembentukan kolagen.

Ada dua jenis fractional laser, yaitu ablatif dan nonablatif. "Fractional laser ablatif menciptakan cedera ketebalan penuh pada kulit, sedangkan nonablatif membuat stratum korneum tetap utuh," kata dr. Chang.

Manfaat Fractional Laser

Berbagai tayangan di TikTok memperlihatkan tampilan wajah sebelum dan sesudah perawatan. Tampak adanya perubahan pada pasien yang memiliki bekas jerawat berupa noda dan bopeng jadi lebih cerah dan halus dari sebelumnya.

Yaps, seperti yang telah dikatakan di atas, perawatan ini memicu produksi kolagen, sehingga perawatan ini efektif untuk mempercepat penyembuhan luka, meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan, mengurangi tampilan photodamage, dan mengecilkan tampilan pori-pori.

[Gambas:Instagram]

Lebih lanjut, dr. Chang mengatakan bahwa fractional laser mampu memperbaiki warna kulit dari semua sudut, juga mengatasi berbagai permasalahan kulit, mulai dari pigmentasi dan tekstur hingga tanda-tanda penuaan. Perawatan ini bahkan dikatakan lebih efektif mengatasi masalah dari treatment lainnya.

Sebelum Perawatan Fractional Laser

Rekan dr. Chang, Jennifer MacGregor, MD, dokter kulit bersertifikat di Union Square Laser Dermatology di Manhattan, menyarankan kamu untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan praktik perawatan kulit ini.

Ilustrasi laser wajah.Ilustrasi laser pada wajah. (Foto: freepik.com) / Foto: Lulu Lukyani

Hal ini dilakukan untuk menentukan fractional laser seperti apa yang tepat untuk permasalahan kulitmu dan obat apa yang bisa kamu konsumsi setelahnya. Oh iya, dr. Chang juga mengatakan agar pasien harus berhenti menggunakan bahan retinoid setidaknya seminggu sebelum melakukan perawatan ini.

Cara Kerja Fractional Laser

Secara dasar dan singkat, kamu perlu mengetahui lapisan kulit manusia, yang terdiri dari epidermis (lapisan paling atas), dermis (lapisan tengah), dan subkutis (lapisan lemak paling bawah). Seiring bertambahnya usia, penampilan kulit pun berubah.

Perkara ini ditandai dengan epidermis menjadi lebih tipis, sehingga noda menjadi lebih terlihat. Selain itu, kolagen di dermis secara bertahap hilang dan membentuk garis wajah, kulit kendur, dan kerutan. Nah, fractional laser ini bekerja dengan menargetkan epidermis dan dermis.

Garam dapat membunuh bakteri penyebab jerawatIlustrasi bekas jerawat. (Foto: freepik.com) / Foto: Sherley Gucci

Caranya yaitu dengan mengirimkan sinar laser yang dibagi menjadi ribuan titik ke dalam ke dalam kulit. Titik-titik ini disebut zona perawatan mikrotermal (MTZs). Ketika sinar laser ditembak ke dalam kulit, sel-sel berpigmen epidermis lama dikeluarkan dan penetrasi kolagen di dermis membentuk kolagen baru.

Kendati demikian, nggak semua bagian kulit akan ditembakkan laser, melainkan hanya bagian yang bermasalah saja agar menghasilkan proses penyembuhan yang lebih cepat.

Perawatan Setelahnya

Beberapa video tentang fractional laser di TikTok juga menampilkan efek setelah perawatan, yaitu berupa kemerahan, pembengkakan, pengelupasan, pengerasan kulit, dan hiperpigmentasi. Kendati begitu, efek ini merupakan proses penyembuhan dan bersifat sementara.

Dikutip dari Dermnet NZ, pembengkakan biasanya terjadi dalam 2-3 hari, kemerahan selama 3-5 hari, dan pengelupasan selama 3-14 hari. Selama proses penyembuhan, pasien disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 50+, serta topi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.