STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Hobi Minum Es Buah Saat Berbuka Puasa? Hati-hati, 3 Bahaya Ini Mengintaimu!

Zeyra Haya | Beautynesia
Rabu, 13 Apr 2022 15:00 WIB
Hobi Minum Es Buah Saat Berbuka Puasa? Hati-hati, 3 Bahaya Ini Mengintaimu!

Berbuka puasa tentu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu selama bulan Ramadan. Sayangnya, momen berbuka terkadang kerap dijadikan ajang “balas dendam” usai berpuasa seharian.

Saat berpuasa, kita tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam sehingga tubuh akan kekurangan cairan dan merasa haus. Kemudian saat berbuka puasa, banyak dari kita yang memilih untuk menyantap hidangan dingin.

Es buah menjadi salah satu takjil favorit untuk berbuka puasa. Namun Beauties, perlu kamu tahu bahwa menu buka puasa yang satu ini justru dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Buka Puasa dengan Es Buah Setiap Hari? Awas 3 Bahaya Ini Mengintaimu!

Menyantap perpaduan buah segar dengan kuah sirup dingin tentu akan sangat menyegarkan. Tetapi tahukah kamu bahwa terlalu sering makan es buah saat berbuka justru akan memicu naiknya berat badan dan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Melansir dari detikFood, ahli gizi Nazhif Gifari tidak menyarankan minum air dingin atau semangkuk es saat berbuka puasa. Ia mengatakan, air putih hangat akan lebih baik daripada langsung air dingin.

"Lebih baik air putih hangat karena kalau langsung diberikan air dingin, tubuh akan kaget akibat perbedaan suhu dan berisiko gangguan pencernaan,” ujar ahli Gizi Nazhif Gifari.

Beauties, ternyata berbuka puasa dengan hidangan es bukanlah pilihan yang tepat. Buat kamu yang hobi makan es buah, segera batasi karena sederet bahaya kesehatan ini bisa jadi sedang mengintaimu. Simak yuk!

1. Perut Kembung dan Gangguan Pencernaan

Awas bikin kembung! Jangan terlalu sering berbuka puasa dengan es buah/Foto: food.detik.com
(Awas bikin kembung! Jangan terlalu sering berbuka puasa dengan es buah/Foto: food.detik.com)

Seperti yang dikatakan Nazhif, berbuka dengan air dingin akan berisiko menyebabkan gangguan pencernaan. Mengonsumsi es buah saat buka puasa akan memicu perut kembung, akibat perpaduan es dan buah-buahan yang kamu konsumsi saat kondisi perut kosong.

Selain itu, mengonsumsi es atau air dingin saat berbuka juga akan menghambat pencernaan. Sehingga akan memicu gangguan pencernaan lain seperti sembelit.

2. Penyempitan Pembuluh Darah

Meski menyegarkan, mengkonsumsi es buah saat berbuka puasa justru memicu penyempitan pembuluh darah/Foto: pexels.com/Kristina Paukshtite
(Meski menyegarkan, mengkonsumsi es buah saat berbuka puasa justru memicu penyempitan pembuluh darah/Foto: pexels.com/Kristina Paukshtite)

Bahaya minum es saat berbuka puasa yang lainnya adalah memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah. Es buah memang menyegarkan, tapi jika dikonsumsi langsung sehabis berpuasa seharian, akan berisiko membuat pembuluh darah menciut sehingga menghambat peredaran darah.

Dokter ahli penyakit dalam, Tengku Bahdar Johan, SpPD juga berpendapat bahwa mengonsumsi air dingin saat berbuka tidak baik untuk kesehatan. Air hangat lebih baik membantu menghidrasi tubuh, melancarkan peredaran darah, dan pencernaan.

3. Diabetes

Terlalu manis, es buah sebagai takjil buka puasa memicu resiko diabetes/Foto: food.detik.com
(Terlalu manis, es buah sebagai takjil buka puasa memicu risiko diabetes/Foto: food.detik.com)

Mengonsumsi buah saat berbuka memanglah baik, tapi jika dicampur dengan pemanis dan es justru akan membahayakan kesehatan. Bukan tanpa alasan, manis sirup atau susu jika dipadukan dengan manis buah akan memicu naiknya gula darah hingga berisiko diabetes.

Nazhif selaku ahli gizi juga mengutarakan bahaya konsumsi makanan terlalu manis saat berbuka puasa. 

"Karena kalau sudah dicampur sirup dan susu kental manis, maka cukup tinggi komposisi gulanya berisiko gula darah meningkat dengan drastis," katanya.

Beauties, itulah beberapa bahaya yang bisa terjadi jika kita terlalu banyak mengonsumsi es buah untuk berbuka puasa. Selalu jaga kesehatanmu di bulan Ramadan 2022 ini ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE