sign up SIGN UP

Idul Adha Sudah Dekat, Tetap Batasi Makan Olahan Daging Agar Terhindar dari Risiko Kesehatan Berikut!

Nadia Rachmadany | Beautynesia
Rabu, 06 Jul 2022 19:45 WIB
Idul Adha Sudah Dekat, Tetap Batasi Makan Olahan Daging Agar Terhindar dari Risiko Kesehatan Berikut!
caption

Hari Lebaran menjadi salah satu waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim, terutama lebaran Idul Adha. Karena biasanya momen lebaran Idul Adha identik dengan “pesta makan daging”. Sesuai dengan hasil sidang isbat yang telah di selenggarakan pada Rabu (29/6) lalu, Idul Adha tahun 2022 ini akan jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 atau bertepatan dengan tanggal 1 Zulhijah tahun 1443 Hijriah. Artinya, tinggal menghitung hari untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha.

Momen pesta makan daging saat Idul Adha memang sah-sah saja, apalagi konsumsi daging merah memang disarankan agar tubuh mendapat asupan gizi yang seimbang jika di konsumsi dalam jumlah yang tepat.

Daging merah diketahui menjadi sumber protein, zat besi, seng, vitamin B12, hingga omega-3 yang baik. Tetapi, perlu diingat ya jika konsumsi daging merah juga tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan efek samping yang buruk bagi tubuh kita.

Olahan Daging/Foto: Paxels/Malidate Van
Olahan Daging/Foto: Pexels/Pixabay

Seperti dilansir dari laman The Guardian, Para akademisi dari Oxford University menyebutkan dalam penelitiannya bahwa mengkonsumsi daging merah dan daging olahan lainnya dalam kurun waktu setidaknya 3 kali dalam sepekan dikaitkan dengan risiko terkena penyakit jantung, pneumonia, penyakit divertikular, polip usus besar, dan diabetes yang lebih tinggi.

Hasil penelitian mereka juga diperkuat dengan bukti yang berkembang dari para peneliti lain dan WHO (World Health Organization), bahwa makan terlalu banyak daging, terutama daging merah dan olahan dapat mengganggu kesehatan.

Foto Paxels/Pixabay
Efek Samping Konsumsi Daging Berlebihan/Foto: Pexels/Pixabay

Jadi, bagaimana konsumsi olahan daging yang tepat dan tidak berlebihan agar tubuh tetap sehat ?

Menurut Prof Hardinsyah, MS, yang merupakan seorang Ahli Gizi sekaligus guru besar di Fakultas Ekologi Manusia IPB (Institut Pertanian Bogor) seperti dikutip dari detikHealth, batas ideal konsumsi daging harian itu tidak lebih dari 70 gram dalam sehari.

Ini ditetapkan untuk menjaga pola hidup sehat dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi daging, sehingga asupan protein yang diperlukan tubuh menjadi beragam tidak hanya bersumber dari daging merah, namun bisa bersumber dari protein lain seperti kacang-kacangan dan telur.

Beliau juga menambahkan jika konsumsi daging merah harus diimbangi pula dengan konsumsi serat yang cukup untuk mencegah risiko terkena kanker kolorektal atau usus besar.

Nah, mulai sekarang coba untuk mengontrol konsumsi daging harian kalian ya Beauties, terlebih saat momen Idul Adha mendatang jika tidak ingin terkena risiko berbagai macam penyakit yang membahayakan bagi tubuh.

----------------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id