sign up SIGN UP

Masih Muda Bisa Sakit Jantung, Sederet Kebiasaan Ini Jadi Penyebabnya! Sering Kamu Lakukan?

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 04 Jul 2022 09:45 WIB
Masih Muda Bisa Sakit Jantung, Sederet Kebiasaan Ini Jadi Penyebabnya! Sering Kamu Lakukan?
caption
Jakarta -

Sakit jantung kerap jadi momok bagi banyak orang, Beauties. Biasanya menyerang mereka yang sudah berusia lanjut. Tapi sebagai anak muda, kita juga perlu berhati-hati.

Pasalnya, kasus sakit jantung di usia muda pun terbilang tidak sedikit. Mengutip dari Health Plus, sebagian besar penyebabnya itu karena gaya hidup.

Cek, apakah kamu kerap melakukan kebiasaan ini? Bila ya, pertimbangkan untuk menghentikannya yuk, Beauties..

Minum Minuman Berenergi

Minuman berenergi kerap diandalkan untuk mengatasi kantuk. Sebuah studi di AS, menunjukkan kalau minuman berenergi bisa menyumbang sekitar 13 persen dari asupan kalori. Itulah yang menyebabkan kasus obesitas.

Lebih lanjut, seseorang dengan obesitas cenderung punya tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes, yang mana hal tersebut meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kebiasaan Merokok

Menghindari merokok agar kesehatan ginjal terjaga.Kebiasaan merokok bisa sebabkan sakit jantung. /freepik/nensuria/ 

Pemandangan anak muda yang akrab dengan rokok memang tidak asing. Tak jarang cara ini dipakai untuk bisa masuk sebagai upaya menyesuaikan diri atau bisa masuk dengan lingkungan baru.

Tetapi dampak buruknya, merokok bisa jadi penyebab besar dari penyakit jantung, Beauties. Terlebih bila merokok sejak muda, maka risiko terkena akan semakin tinggi. Yang perlu kamu pahami, merokok bukan satu-satunya cara untuk bisa beradaptasi kok!

Kurang Bergerak

Meski kegiatanmu lebih banyak dilakukan di depan layar, pastikan tetap mengalokasikan waktu untuk beraktivitas fisik minimal 60 menit sehari ya, Beauties.

Ya, kurangnya aktivitas fisik juga bisa jadi penyebab dari penyakit jantung. Sebuah penelitian pada remaja di Singapura, didapati setengah dari mereka yang punya badan normal atau kurus, hasil darahnya menunjukkan risiko sindrom metabolik --yang jadi sebagian besar dari penyebab sakit jantung.

Pada kasus remaja tersebut, berat badan tidak menjadi penyebab risiko sistem metabolik, Beauties, namun dipengaruhi oleh gaya hidup mereka yang kurang aktivitas fisik.

Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

Makan-makanan yang tinggi lemak atau olahan itu dapat memperburuk saluran pencernaan kamu sehingga menyebabkan ketidaknyamanan dan mual.Makanan tinggi lemak bisa sebabkan sakit jantung. /freepik.com/

Hati-hati, meski terasa lezat nyatanya salah satu faktor tingginya kolesterol pada usia muda karena makanan dengan kandungan lemak tinggi.

Pasalnya hal tersebut bisa menaikkan kadar kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL) atau lemak jahat yang tinggi. Yuk, mulai pilah-pilih makanan yang bergizi seimbang, Beauties!

Tidak Bijak Kelola Stres

Saat stres melanda, kamu bisa mengelolanya dengan baik maupun sebaliknya. Ketika tidak dikelola dengan baik, maka yang kecenderungan yang terjadi adalah melakukan gaya hidup nggak sehat seperti merokok, makan makanan berlemak tinggi, sampai terlalu banyak konsumsi alkohol.

Karenanya bila kamu mengalami stres, usahkan segera atasi secara tepat. Bila perlu, gunakan bantuan ahli seperti psikolog maupun psikiater.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id