STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Ini Waktu Makan yang Ternyata Baik untuk Kesehatan, Bisa Tebak Kira-kira Jam Berapa Aja?

Galih Konain Tata | Beautynesia
Sabtu, 05 Nov 2022 13:00 WIB
Ini Waktu Makan yang Ternyata Baik untuk Kesehatan, Bisa Tebak Kira-kira Jam Berapa Aja?

Kesibukan sehari-hari seringkali membuat kita kesulitan untuk makan teratur di jam-jam yang baik untuk kesehatan. Sehingga banyak dari kita yang sering makan dalam porsi besar dalam sekali waktu atau telat makan sampai larut malam.

Memiliki waktu makan yang baik secara konsisten berpengaruh baik untuk penurunan berat badan, meningkatkan energi tubuh, dan menurunkan metabolisme.

Sarapan/ Foto: Pexels/ Julia Avamotive
Sarapan/ Foto: Pexels/ Julia Avamotive

Dengan nutrisi yang tepat, siklus tidur yang baik, dan waktu makan yang disiplin adalah semua kekuatan yang ada dalam kendali kita dan kita harus memastikan untuk mempertahankannya. Melalui kebiasaan inilah tubuh akan terbiasa dengan ritme siklus.

Kali ini, Beautynesia akan memberikan kiat-kiat dan alasan mengapa kamu harus makan secara teratur untuk mengatasi rasa lapar yang berlebihan dan bermanfaat baik untuk kesehatan. Hmm.. kira-kira jam berapa saja ya, Beauties?

Jam Makan yang Tepat untuk Kesehatan Lebih Baik

Jam makan terbaik/ Foto: Pexels/ Fauxels
Jam makan terbaik/ Foto: Pexels/ Fauxels

Audra Wilson, RD, LDN, ahli diet di Northwestern Medicine Delnor Hospital Metabolic Health and Surgical Weight Loss Center, mengatakan kunci untuk menghindari makan berlebihan karena Beauties terlalu lapar adalah merencanakan kapan kamu akan makan.

Sementara itu, penelitian terbaru oleh University of Murcia, Spanyol, telah menentukan waktu terbaik untuk sarapan, makan siang, dan makan malam agar kinerja optimal sepanjang hari. Menurut peneliti yang dilansir dari laman Good To, waktu terbaik untuk sarapan adalah setelah pukul 07.00, tepatnya 07.11.

Kemudian waktu terbaik untuk makan siang berada di rentang waktu pukul 12.30 - 13.00, tepatnya di 12.38 dianggap sebagai waktu terbaik. Sementara untuk makan malam, semakin malam akan semakin buruk untuk diet yang kamu jalani. Jadi, cobalah untuk makan malam di antara pukul 18.00 - 18.30, dengan 18.14 menjadi waktu yang terbaik menurut penelitian.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk ngemil? Masih menurut penelitian yang sama, pukul 11.01, 15.14, dan 21.31 adalah waktu terbaik untuk ngemil.

Makan malam/ Foto: Pexels/ Andrea Piacquadio
Makan malam/ Foto: Pexels/ Andrea Piacquadio

Tubuh membutuhkan waktu 3-4 jam untuk bisa mencerna makanan dengan baik. Dengan demikian, jarak makan pertama dan kedua tidak boleh lebih dari 4 jam. Celah lebih lama dari ini bisa menyebabkan keasaman.

Maka dari itu, Beauties harus mengonsumsi snack atau buah-buahan di antara waktu makan. Setidaknya, kamu harus memiliki dua cemilan di antara waktu sarapan, makan siang, dan makan malam.

Pada akhirnya, kapan jam terbaik untuk makan agar kesehatan lebih optimal adalah tentang keseimbangan. Tubuh bisa merespon rutinitas dengan baik, jadi tetap berpegang pada waktu makan siang pada pukul 1 siang dan makan malam di jam 6 sore adalah waktu yang bisa Beauties usahakan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!   

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE