STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Insomnia di Malam Hari? Ikuti Rutinitas Sebelum Tidur Ini untuk Mengundang Kantuk dan Tidur Lebih Lelap!

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Minggu, 15 Jan 2023 20:01 WIB
Insomnia di Malam Hari? Ikuti Rutinitas Sebelum Tidur Ini untuk Mengundang Kantuk dan Tidur Lebih Lelap!

Ingin menerapkan gaya hidup sehat, berhenti begadang dan tidur lebih awal, tapi rasanya sangat sulit? Walaupun badan rasanya sudah lelah, tapi kerap masih tidak bisa tidur sehingga saat bangun pagi masih terasa lelah dan tidak bersemangat.

Jika, sudah seperti itu berarti waktunya Beauties mengubah kebiasaan secara bertahap, nih. Ikuti rutinitas sebelum tidur ini untuk membantu kamu mengatasi masalah sulit tidur dan bahkan bisa membuat tidur lebih berkualitas.

1. Usahakan Tidur di Waktu yang Sama Setiap Harinya

Jam
Tidur tepat waktu/ foto: Freepik/ pch.vector

Buatlah jadwal tidur, misalnya jam 22.00 WIB harus sudah tidur dan pastikan untuk melakukan itu setiap hari. Menurut The Sleep Doctor, ini merupakan rutinitas malam yang penting untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan efektif.

Otak Beauties akan terbiasa dan merasakan ngantuk pada waktu yang telah ditentukan, sehingga bisa langsung tidur tanpa harus kesusahan. Walaupun hari libur, pastikan untuk masih mengikuti jadwal tidurnya, supaya tidak membingungkan otak dan menggagalkan kebiasaan yang sudah susah-susah dibangun.

2. Jauhi Barang Elektronik Sebelum Tidur

Perempuan tertidur sambil memegang handphone
Jauhi barang elektronik/ foto: Freepik/ freepik

Barang elektronik seperti, handphone, laptop, dan televisi sebaiknya dijauhi ketika diri Beauties sudah siap untuk tidur. Dikutip dari Sleep Foundation, alasannya karena sinar biru yang masuk melalui mata akan membuat otak beranggapan bahwa itu adalah siang hari. Sehingga, otak akan menyebarkan hormon melatonin yang membuat kantuk hilang dan terjaga.

Untuk itu dengan alasan apapun, sebaiknya jauhi semuanya dan berhenti scrolling sosial media atau streaming series ketika sudah waktunya untuk tidur ya, Beauties. Dengan begitu, akan lebih cepat untuk terlelap dan masuk ke dalam tidur yang nyenyak.

3. Ikuti Gerakan Yoga Sebelum Tidur

Perempuan sedang yoga
Yoga sebelum tidur/ foto: Freepik/ senivpetro

Peregangan dengan mengikuti gerakan yoga sederhana sebelum tidur, bisa membantu Beauties untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Kegiatan ini wajib sekali dijadikan sebagai rutinitas sebelum tidur, setiap harinya.

Mengutip dari Casper, yoga dan meditasi ini bisa membantu Beauties untuk fokus dan masuk ke dalam ketenangan. Selain itu, sudah dibuktikan oleh penelitian, bahwa dengan melakukan yoga sebelum tidur, bisa memperlambat gelombang tidur dan nyenyak tanpa gangguan.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE