sign up SIGN UP

Irfan Hakim Tumbang karena Keripik Pedas, Ini Dampak Jangka Panjang dari Kebiasaan Makan Pedas! Duh...

Aqillah Diaz | Beautynesia
Jumat, 17 Jun 2022 22:30 WIB
Irfan Hakim Tumbang karena Keripik Pedas, Ini Dampak Jangka Panjang dari Kebiasaan Makan Pedas! Duh...
caption
Jakarta -

Usai berkolaborasi dengan Tanboy Kun, di channel YouTube milik dirinya, Irfan Hakim dilarikan ke rumah sakit karena makan keripik super pedas. 

Dilansir dari detikHot, saat pertama makan Irfan Hakim belum merasakan pedas, begitu pula dengan para kru. Namun, beberapa saat kemudian kru Irfan Hakim tiba-tiba pingsan dan Irfan Hakim juga merasakan reaksi yang sama. Sesampainya di rumah sakit mereka diberikan penanganan sekaligus obat lambung untuk meredakan sakit.

Dilansir dari Healthline, mengonsumsi makanan pedas dapat berbahaya bagi tubuh apalagi jika tidak terbiasa mengonsumsi makanan pedas atau senyawa capsaicin. Capsaicin adalah komponen cabai yang dapat menimbulkan rasa pedas sekaligus panas. Tidak semua orang bisa untuk mengonsumsi makanan pedas.

Mengonsumsi makanan pedas dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan kulit, dilansir dari CNN Indonesia, berikut beberapa dampak jangka panjang yang terjadi akibat sering makan pedas. Simak yuk!

1. Makanan Pedas Dapat Menimbulkan Jerawat

Salah satu tanda purging sebagai proses pengangkatan sel kulit mati adalah adanya jerawat dan komedo.Jerawat/Foto: Freepik.com

Makanan pedas nyatanya juga dapat berdampak pada masalah kulit, seperti timbulnya jerawat atau bahkan jerawat yang sudah ada bisa bertambah semakin parah. Hal ini terjadi karena peradangan yang terjadi dalam tubuh.

Ketika kamu mengonsumsi makanan pedas, hal ini bisa meningkatkan temperatur tubuh dan memicu produksi keringat dan juga dapat berakibat peradangan pada usus, seperti sakit perut, refluks asam, atau peradangan pada kulit, seperti eksim atau kulit berjerawat.

2. Dapat Menyebabkan Infeksi Tenggorokan

Dilansir dari detikFood, mengonsumsi terlalu banyak makanan pedas dapat menyebabkan infeksi tenggorokan. Apalagi jika kamu memiliki penyakit asam lambung, pastinya hal ini juga akan menjadi gejala yang mungkin akan kamu rasakan. Tak hanya itu, infeksi tenggorokan akibat mengonsumsi makanan pedas juga akan membuatmu mengalami gangguan suara serak.

3. Diare dan Sakit Perut Berkepanjangan

Asian woman has diarrhea, She carried toilet paper and touched her stomach. With isolated white background.Diare/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Phira Phonruewiangphing

Pasti diantara kamu banyak yang sudah tahu kalau mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak dapat menyebabkan diare dan sakit perut, bukan? Hal ini juga dikarenakan senyawa capsaicin yang ada dalam cabai dapat menyebabkan iritasi pada perut, sehingga menyebabkan muntah, mual, nyeri perut, dan rasa panas ketika diare.

Ketika kamu mengalami hal ini, ada baiknya untuk berhenti mengonsumsi cabai dan pilihlah makanan yang tidak mengandung cabai yang terlalu berlebihan. Tak hanya itu, nyatanya diare atau sakit perut yang terjadi bisa berlangsung selama beberapa hari dan dapat menimbulkan peradangan pada dinding lambung atau bahkan bisa menyebabkan infeksi lambung.

4. Timbul Heartburn

Apabila kamu merasakan sensasi terbakar dan panas di dada berarti inilah yang disebut sebagai heartburn. Heartburn ini terjadi akibat asam lambung yang berbalik atau refluks ke kerongkongan. Heartburn sangat mengganggu untuk orang yang sering mengalami GERD.

Bahkan apabila heartburn sering terjadi juga dapat mengakibatkan insomnia. So, apabila heartburn terjadi cukup lama hentikan mengonsumsi makanan pedas dan segeralah berkonsultasi dengan dokter.

5. Dapat Menimbulkan Lecet dan Ruam Kulit

Kombinasi Hebat! Makan Jahe dan Cabai Punya 5 Manfaat Sehat IniMakanan Pedas/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Stefan Tomic

Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan nyatanya juga dapat menyebabkan lecet dan ruam pada kulit. Bahkan, menurut penelitian seseorang yang hanya menyentuh makanan pedas bisa menimbulkan risiko kesehatan.

Makanan pedas dapat merangsang reseptor, yakni saraf nyeri yang mana biasanya dikenal sebagai nosiseptor polimodal. Reseptor akan merespon suhu ekstrem dan stimulasi mekanis yang intens, sehingga dapat memicu timbulnya panas dan dapat menimbulkan lecet dan ruam di kulit.

6. Wajah Dapat Terlihat Tua

Permasalahan kulit lain yang dipicu akibat mengonsumsi makanan pedas adalah dapat memberikan efek melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi merah, bernoda, dan terlihat lebih tua. Biasanya hal ini terjadi pada seseorang yang terlalu sering mengonsumsi makanan pedas secara terus-menerus.

Itulah beberapa dampak jangka panjang yang terjadi apabila kamu terus menerus mengonsumsi makanan pedas. Ada baiknya kamu mengurangi dan menghindari untuk mengonsumsinya agar terhindar dari deretan dampak tersebut ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id