sign up SIGN UP

Irfan Hakim Dilarikan ke RS Usai Makan Keripik Terpedas Bareng Tanboy Kun, Ini Bahaya Paqui One Chip!

Rini Apriliani | Beautynesia
Kamis, 09 Jun 2022 12:30 WIB
Irfan Hakim Dilarikan ke RS Usai Makan Keripik Terpedas Bareng Tanboy Kun, Ini Bahaya Paqui One Chip!
caption
Jakarta -

Pengalaman tak mengenakkan baru saja dialami oleh Irfan Hakim dan timnya. Ia harus dilarikan ke rumah sakit, usai melakukan Paqui One Chip Challenge dan minum sesendok Saus Mad Dog bareng food vlogger, Tanboy Kun. 

Kejadian ini bermula saat Irfan Hakim dan Tanboy Kun kolaborasi untuk kanal YouTube. Tanboy Kun yang terkenal sebagai food vlogger yang hobi makan pedas, mengajak presenter kondang ini untuk turut merasakan keripik terpedas di dunia, beserta saus pedas.

Baru saja usai makan, Irfan Hakim langsung kepedasan dengan air mata yang langsung ke luar dan wajah memerah. 

"Ih makin lama, makin pedes. Awalnya nggak apa-apa," ujar Irfan Hakim.

Irfan Hakim Cobain Paqui One Chip ChallengeIrfan Hakim Cobain Paqui One Chip Challenge/ Foto: YouTube.com/dehakims/tanboykun

Tak berlangsung lama dari collab usai, tiga kru yang ikut challenge tersebut mulai berjatuhan, dan disusul oleh Irfan Hakim sendiri. Akhirnya, dengan cepat pun Irfan Hakim dan kru pun dilarikan ke rumah sakit terdekat. 

Usai dilarikan ke rumah sakit dan perawatan, akhirnya Irfan Hakim dan tim pun telah membaik. 

Beauties, kenali yuk bahaya makan terlalu pedas seperti Paqui One Chip Challenge ini. 

Ini Bahaya Makanan Terlalu Pedas, seperti Paqui One Chip Challenge

Jadi Keripik Terpedas di Dunia, Inilah Fakta Mengenai Paqui One Chip!Fakta Mengenai Paqui One Chip!/ Foto: beautynesia

Sebagai informasi, Paqui One Chip terbuat dari dua cabai terpedas di dunia, yakni Carolina Reaper. Pedasnya 400 kali lebih tinggi dari cabai jalapeno.

Sementara itu, seperti yang dikutip dari detikFood, Saus Mad Dog yang juga dicoba oleh Irfan dan Tanboy Kun, memiliki rasa pedas sebesar 750.000 scoville unit.

Melansir CNN Indonesia, Prof Ari Fahrial Syam, seorang ahli gastroenterologi hepatologi mengatakan jika rasa pedas tersebut berasal dari komponen capsaicin. Yang mana akan sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. 

"Kalau jumlahnya sedikit, tidak masalah, itu bagus (membawa manfaat), kalau berlebihan bisa menimbulkan iritasi saluran pencernaan," kata Ari.

Efek paling cepat yang bisa dirasakan saat konsumsi cabai berlebih adalah sensasi panas atau terbakar pada rongga mulut dan saluran pencernaan termasuk kerongkongan dan lambung. Lalu, rasa panas dan perih yang tak akan terhindarkan ini pun bisa merangsang usus untuk buang air besar. 

Irfan Hakim Cobain Paqui One Chip ChallengeIrfan Hakim Cobain Paqui One Chip Challenge/ Foto: YouTube.com/dehakims/tanboykun

Prof Ari pun melanjutkan jika belum lagi makanan pedas yang dikonsumsi ada tambahan lainnya yang bisa bikin tambah pedas.

"Ini belum lagi kalau pedasnya ada tambahan komponen lainnya, zat kimia biar tambah pedas. Lalu asam lambung bisa naik saat stres meningkat," jelasnya.

Saat kasusnya parah seperti yang dialami oleh Irfan Hakim dan tim, berarti ini sudah masuk ke dalam kasus sakit yang luar biasa di area ulu hati. Irfan Hakim pun sempat bercerita jika ia langsung mual, panas, berdebar, sampai perih saat buang air kecil, usai ikut Paqui One Chip Challenge ini.

Terakhir, Prof Ari menyampaikan jika jumlah konsumsi tidak berlebih, maka tidak akan menimbulkan masalah, begitu pun sebaliknya. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id