sign up SIGN UP

Jam Tidurmu Acak-acakan? 5 Tips Ini Bantu Mengubah Pola Tidur Menjadi Lebih Teratur, yuk Lakukan Demi Kesehatan!

Octavia Dewi | Beautynesia
Sabtu, 25 Dec 2021 17:30 WIB
Jam Tidurmu Acak-acakan? 5 Tips Ini Bantu Mengubah Pola Tidur Menjadi Lebih Teratur, yuk Lakukan Demi Kesehatan!
caption

Beauties, memiliki pola tidur yang teratur tentunya sangat diperlukan bagi setiap orang. Sebab, pola tidur yang baik sangat penting terutama bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Bila seseorang memiliki pola tidur yang berantakan tentu akan sangat berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari. Lalu, bagaimana cara memperbaiki pola tidur yang sudah terlanjur berantakan?

Nah ini dia tips memperbaiki pola tidur untuk kamu yang memiliki waktu tidur berantakan. Simak yuk!

1. Atur Waktu Tidur

Buat rutinitas tidur
Atur Waktu Tidur/Foto: Freepik.com/Benzoix

Tips mengatur pola tidur yang pertama yaitu dengan mengatur waktu tidur atau membuat rutinitas tidur. Pakar kesehatan Heidi Connolly MD, menyarankan agar kamu patuh untuk tidur di jam yang sama dan melakukan aktivitas yang sama setiap malam sebelum tidur.

Sehingga tubuh akan menerima isyarat bahwa di waktu tersebut kamu harus tidur. Untuk membantu kamu agar mudah terlelap, kamu dapat melakukan hal-hal yang membuat rileks.

2. Buat Lingkungan Tidur yang Nyaman

Buat lingkungan tidur yang nyaman
Buat Lingkungan Tidur yang Nyaman/Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Cara mengatur pola tidur yang sehat berikutnya dengan menciptakan ruang tidur yang nyaman. Apabila kamu merasa nyaman dengan lingkungan tidur juga membantu kamu untuk mudah terlelap. Diantaranya dengan menjauhi suara kebisingan, menjaga kebersihan lingkungan tempat kamu tidur, mengatur suhu ruangan agar tetap dingin, dan lain sebagainya.

3. Jauhkan Segala Hal yang Dapat Mengganggu

Jauhkan segala hal yang dapat mengganggu
Jauhkan Segala Hal yang Dapat Mengganggu/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Tips untuk mendapatkan jam tidur normal adalah dengan menjauhkan hal yang dapat mengganggu fokus kamu. Seperti handphone, laptop, makanan, dan lain sebagainya yang dapat membuat kamu sulit tidur.

Handphone dan alat elektronik lain memancarkan blue light yang membuat otak kamu terbangun dan sulit tidur. Terkadang alat elektronik terutama handphone dapat membuat kamu lupa waktu.

4. Perhatikan Makanan dan Minuman Sebelum Tidur

Perhatikan makanan dan minuman sebelum tidur
Perhatikan Makanan dan Minuman Sebelum Tidur/Foto: Frepik.com/Benzoix

Tidur bukan hanya sebuah rutinitas yang harus dilakukan setiap hari. Namun juga respons hati, pankreas dan organ lainnya terhadap makanan yang dikonsumsi.

Makan terlalu larut dapat mengacaukan pola tidur. Selain itu, tubuh juga akan menyimpan lebih banyak lemak dan makan di malam hari juga dapat menambah berat badanmu lho!

5. Hindari Tidur Siang Terlalu Lama

Hindari tidur siang terlalu lama
Hindari Tidur Siang Terlalu Lama/Foto: Freepik.com/Drobotdean

Tidur siang memang menambah energi kamu untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, terlalu lama tidur siang dapat membuat kamu kesulitan tidur di malam hari.

Maka dari itu, hindari tidur siang terlalu lama. Lebih baik cukup dengan memberi waktu 20 menit untuk tidur siang. Tidur siang dalam waktu singkat memberikan energi tambahan dan tidak mengacaukan siklus tidur kamu.

Sebagian orang merasa kesulitan untuk tertidur di malam hari diantaranya karena memiliki kebiasaan begadang atau lembur kerja. Sehingga sulit untuk mengatur jam tidur agar normal kembali.

Nah Beauties, itu dia tips mengatur pola tidur kamu agar menjadi teratur. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu mendapatkan jam tidur yang normal lagi ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id