STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jangan Dikonsumsi Berlebihan, Ini 6 Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Merusak Kesehatan Ginjal

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Rabu, 02 Nov 2022 12:30 WIB
Jangan Dikonsumsi Berlebihan, Ini 6 Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Merusak Kesehatan Ginjal

Ginjal memainkan banyak peran penting untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menyaring racun, mengatur mineral sampai mengendalikan sel darah dilakukan oleh organ yang terletak di kedua sisi tubuhmu ini.

Sebaik apapun organ ini bekerja, ginjal tetap dapat terganggu karena pola makan yang tidak benar. Beberapa sumber makanan yang sejatinya baik dapat berakibat fatal ketika dikonsumsi secara berlebihan. 

Dilansir dari laman Medical News Today, ini beberapa jenis makanan dan minuman yang beresiko merusak kesehatan ginjal. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Makanan Tinggi Natrium

Makanan yang mengadung natrium tinggi dapat merusak ginjal serta organ lain jika dikonsumsi terlalu banyak.
Kelebihan natrium merusak ginjal/Foto:Freepik.com/Febrikasimf

Makanan tinggi garam bukan hanya merusak berat badan ideal namun juga organ ginjal milikmu.

Studi dalam Journal of Nephrology meninjau kelebihan garam dapat mengganggu kinerja ginjal. Natrium yang menumpuk membuat tubuh dehidrasi dan di waktu yang sama aliran nutrisi ke ginjal menjadi terhambat dan merusak organ tersebut. Kandungan ini banyak ditemukan dalam snack, mie instan dan junk food lainnya. 

2. Fosfor

Fosfor memang dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Namun di satu sisi, kelebihan fosfor dapat merusak organ itu sendiri salah satunya ginjal.
Terlalu banyak fosfor dapat berbahaya/Foto:Freepik.com/Kamranaydinov

Bahan makanan tinggi fosfor seperti susu, gandum serta keju memang dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Sayangnya, kerusakan pada organ juga dapat terjadi ketika zat ini melebihi batas kebutuhan.

Terus-terusan mengonsumsi fosfor menimbulkan endapan pada ginjal yang sulit dibuang oleh tubuh. Penumpukan kalsium dalam darah juga memicu terjadinya gangguan pada hati serta paru-paru.

3. Daging Merah 

Daging merah hanya dianjurkan untuk dikonsumsi tidak lebih dari 3 porsis seminggu. Lebih dari itu, gangguan pencernaan hingga gagal ginjal dapat terjadi.
Daging merah berlebih mengganggu ginjal/Foto:Freepik.com/Timolina

Jika kamu ingin menjaga kesehatan ginjal, daging merah sangatlah pantang untuk dikonsumsi terlalu banyak. Dalam Journal American Society of Nephrology, kelebihan asupan daging merah memicu kerusakan sampai gagal ginjal akut.

Batasi daging merah tidak lebih dari 3 porsi dalam seminggu. Barengi dengan konsumsi makanan berserat agar ginjal serta pencernaan tetap sehat. 

4. Sayuran dan Buah Tinggi Kalium 

Buah dan sayuran yang mengandung kalium dapat menekan ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.
Konsumsi kalium berlebih menekan ginjal/Foto:Freepik.com/Freepik

Di balik manfaatnya, sayuran hijau bisa berdampak lain ketika dikonsumsi secara berlebihan. Tingginya kalium dalam bayam serta buncis berpotensi memberi tekanan pada ginjal yang disusul dengan penurunan kinerja. Kandungan kalium yang tinggi juga ditemukan pada buah-buahan seperti pisang, jeruk dan melon.

5. Minuman Bersoda

Gangguan kesehatan mulai dari diabetes hingga kerusakan ginjal disebabkan oleh berlebihan mengonsumsi minuman bersoda.
Minuman bersoda mengganggu kesehatan/Foto:Freepik.com/Jcomp

Meskipun menyegarkan, minuman bersoda sebabkan banyak gangguan kesehatan tak terkecuali kerusakan ginjal. Zat berbahaya seperti sodium serta asam fosfat dapat menurunkan fungsi hingga memicu batu ginjal. Penyakit lain yang mengintai seperti hipertensi, stroke sampai diabetes juga dapat muncul karena adanya pemanis buatan. 

6. Minuman Berenergi 

Ilustrasi minuman berenergiIlustrasi minuman berenergi/ Foto: Freepik/Racool_studio

Padatnya aktivitas membuat banyak orang mengonsumsi minuman energi. Ironisnya, zat utama dalam minuman ini justru menjadi yang paling berbahaya untuk tubuhmu.

Kandungan terbanyak yakni kafein bersifat diuretik yang meningkatkan produksi urine, sehingga tubuh mudah dehidrasi. Aliran darah dalam ginjal juga ikut terganggu yang memicu kerusakan sampai gagal ginjal kronis. 

Sejatinya, makanan dan minuman di atas aman jika tidak disantap berlebihan. Jadi, selalu konsumsi segala sesuatunya dalam batas wajar ya Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE