STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bisa Merusak Ginjal, Ini 7 Kebiasaan yang Kerap Dianggap Sepele dan Suka Dilakukan Tanpa Sadar

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 26 Oct 2022 12:30 WIB
Bisa Merusak Ginjal, Ini 7 Kebiasaan yang Kerap Dianggap Sepele dan Suka Dilakukan Tanpa Sadar

Ginjal yang sehat tentunya menjadi sangat penting, mengingat fungsinya yang juga krusial. Sejumlah penyakit pun mengintai bila fungsi organ ini tidak berfungsi baik. Seperti batu ginjal sampai gagal ginjal.

Ternyata ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan ginjal, tapi juga ada cara-cara yang justru bisa merusaknya, Beauties. Sayangnya bisa jadi itu dilakukan tanpa sadar. Yuk, sebaiknya mulai kurangi bahkan hindari sama sekali.

1. Kurangnya Asupan Air Putih

minum air putihKurang minum air putih berisiko membahayakan ginjal/Foto: Freepik/Atlas

Apakah Beauties baru minum air putih saat haus saja? Hal ini bisa berisiko kurangnya asupan cairan dalam tubuhmu. Selain dehidrasi, mengutip DoctorNDTV, juga bisa mengganggu kerja ginjal dalam membersihkan zat sisa dari dalam tubuh. Sebaiknya biasakan minim 1,5 hingga 2 liter air putih setiap harinya.

2. Makan dan Minum Asupan Gula dan Garam Berlebih

Dampak Buruk Mengonsumsi Junk Food Bagi Perempuan/ Foto: Freepik.com/author/wayhomestudioKonsumsi gula dan garam berlebih berisiko membahayakan ginjal/ Foto: Freepik.com/author/wayhomestudio

Makanan yang gurih juga manis, ditambah minuman manis kekinian, memang mudah ditemukan di mana-mana. Bahkan, jadi makanan dan minuman favorit banyak orang.

Tetapi, bila dimakan secara berlebihan, membuat ginjal bekerja lebih keras sehingga akan menurunkan fungsinya, Beauties. Risikonya ginjal mengalami gangguan hingga gagal ginjal.

3. Terlalu Mengandalkan Obat Pereda Nyeri

Apakah Beauties termasuk orang yang terlau mengandalkan obat pereda nyeri?

Yaitu saat sakit perut, sakit kepala, juga demam. Ternyata meski kebiasaan ini cukup jadi andalan, perlu kamu tahu, menurut American Journal of Kidney Disease, penggunaan obat pereda nyeri golongan anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) bisa membahayakan ginjal. Jenis obat ini juga tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang, lho.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE