sign up SIGN UP

Jangan Dulu Dibuang, Perbaiki Makanan yang Terlalu Pedas dengan 5 Bahan Ini

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Selasa, 06 Sep 2022 06:45 WIB
Jangan Dulu Dibuang, Perbaiki Makanan yang Terlalu Pedas dengan 5 Bahan Ini
caption

Kesalahan adalah hal yang wajar. Dapat terjadi di mana saja, tak terkecuali dalam urusan masak-memasak. Seperti melakukan kesalahan dalam meracik bumbu masakan sehingga menjadi terlalu manis, terlalu asin atau bahkan terlalu pedas.

Meskipun rasa pedas disukai oleh mayoritas orang Indonesia, tapi toleransi pedas setiap orang berbeda-beda. Jadi penting untuk menjaga rasa makanan dengan level pedas yang wajar.

Selain itu, meskipun kamu bisa mengurangi rasa pedas saat makan dengan meminum susu, akan lebih praktis kalau kamu memperbaiki keseluruhan rasa masakan yang terlalu pedas itu dengan beberapa cara dari bahan berikut ini. Simak yuk!

1. Susu

Susu/ Foto: unsplash.com/Stephanie Monfette
Susu/ Foto: unsplash.com/Stephanie Monfette

Beauties, kandungan capsaicin yang ada dalam cabai lah yang memberikan sensasi rasa terbakar. Salah satu cara terbaik untuk melawan senyawa kimia capsaisin ini adalah dengan menambahkan produk susu. 

Susu mengandung kasein yang mampu mengikat capsaisin sehingga dapat mengurangi rasa pedas. Jadi, kalau kamu merasa masakan kamu pedas, kamu bisa menambahkan produk susu seperti susu lemak utuh, yogurt, keju, krim asam, krim kental dan juga santal kental.

2. Selai Kacang

Selai kacang/ Foto: unsplash.com/Tetiana Bykovets
Selai kacang/ Foto: unsplash.com/Tetiana Bykovets

Makanan berlemak tinggi seperti kacang dan selai kacang dapat membantu melarutkan minyak dalam capsaicin, membuat bumbu pedasnya terasa kurang kuat. Menambahkan satu sendok selai kacang tidak hanya dapat membantu menetralisir bumbu yang berlebihan, tetapi juga menambahkan protein, lemak sehat, dan nutrisi ke dalam makanan kamu.

3. Gula

Gula/ Foto: unsplash.com/Mathilde Langevin
Gula/ Foto: unsplash.com/Mathilde Langevin

Gula adalah bahan pokok dapur lain yang dapat membantu memperbaiki hidangan yang terlalu pedas. Taburkan sedikit gula pasir, gula merah, madu atau sirup maple untuk mendapatkan efek dan rasa yang diinginkan. Alternatif pemanis lain yang bisa kamu gunakan adalah tomat untuk menyeimbangkan rasa pedas dalam masakanmu.

4. Produk Asam

Produk asam/ Foto: unsplash.com/Heather Gill
Produk asam/ Foto: unsplash.com/Heather Gill

Pilihan lain untuk menetralkan rasa pedas adalah dengan menambahkan bahan yang bersifat asam. Capsaicin adalah molekul basa, jadi memasangkannya dengan sesuatu yang asam seperti jus jeruk atau cuka dapat membantu menurunkan kadar pedas masakan.

5. Tambahkan Air

Tambahkan air/ Foto: unsplash.com/Nk Lee
Tambahkan air/ Foto: unsplash.com/Nk Lee

Cara sederhana lain untuk meredam sesuatu yang pedas adalah dengan mengencerkannya. Ini dapat dilakukan dengan menambahkan lebih banyak bahan yang tidak pedas ke dalam hidangan (seperti sayuran, biji-bijian, daging atau kaldu) atau bahkan hanya dengan menambahkan air untuk mengencerkan.

Cara ini sangat efektif digunakan saat memasak makanan yang  berkuah seperti sup. Selain membuat rasa pedas berkurang, porsi makanan jadi lebih banyak karena penambahan bahan lainnya.

Nah, lain kali kalau kamu tanpa sengaja membuat masakan terlalu pedas, langsung saja menerapkan trik-trik tadi. Semoga bermanfaat ya, Beauties.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id