BILLBOARD
970x250

Jangan Gampang Percaya, Ini 5 Mitos yang Sering Dikaitkan dengan Penuaan, Kamu Perlu Tahu!

Lynisa Hidayah | Beautynesia
Selasa, 03 Jan 2023 06:45 WIB
Jangan Gampang Percaya, Ini 5 Mitos yang Sering Dikaitkan dengan Penuaan, Kamu Perlu Tahu!

Beberapa mitos tentang kesehatan sering ada benarnya jika itu berkaitan dengan usia seseorang. Misalnya saat usia menginjak kepala 5, tubuh jadi mudah capek, mudah lupa, dan lain sebagainya.

Namun, hal ini bisa ditepis jika kamu memiliki pola hidup seimbang, seperti rajin berolahraga, konsumsi makanan sehat, dan berpikir positif. Walaupun hal ini jarang terjadi karena sebagai manusia pasti sering mengalami kekhilafan, dihimpun dari The Healthy, deretan mitos ini sering kali dikaitkan dengan penuaan yang umumnya rentan oleh berbagai penyakit.Untuk selengkapnya, simak yuk!

1. Usia Bikin Susah Sembuhkan Sendi yang Sakit

Ilustrasi woman sakit/Foto: Pexels.com/
Ilustrasi woman sakit/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Salah satu penyebab sendi mudah sakit dan pegal ialah jarang berolahraga. Pernyataan ini didukung oleh peneliti Australia di Sekolah Kedokteran Universitas Monash, bahwa perempuan berusia 40 hingga 67 tahun menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga setidaknya setiap dua minggu sekali selama 20 menit atau lebih bisa memiliki tulang lutut yang lebih sehat.

Ini menunjukkan bahwa kebiasaan olahraga bisa membantu kamu meminimalisir kemungkinannya terjadinya radang sendi. Selain itu, jangan lupa untuk rutin konsumsi makanan yang tinggi kolagen untuk meningkatkan kuantitas kulit.

Jadi, selama kamu rajin berolahraga maka masalah sendi yang sulit disembuhkan hanyalah mitos. 

2. Usia Dipengaruhi oleh Genetik

Woman
Ilustrasi perempuan menulis surat/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Sampai saat ini belum ada fakta yang mengatakan bahwa genetik memengaruhi kesehatan seseorang. Kecuali beberapa penyakit bawaan seperti jantung, darah tinggi, dan lainnya.

Walaupun kamu terlahir sehat dan jarang sakit, jika pola hidupnya kurang sehat secara tidak langsung bisa menurunkan kualitas kesehatan kamu. Gen bisa berubah dari kebiasaan makanan sehari-hari, aktivitas, bahkan paparan bahaya bahan kimia.

5 Mitos yang Sering Dikaitkan dengan Penuaan

3. Kreativitas Menurun Seiring Bertambahnya Usia

Walaupun usia tak muda lagi bukan berarti kreativitas ikut berkurang. Sebuah studi Universitas George Washington, menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang aktif beraktivitas justru memiliki kesehatan yang baik karena kemampuan mereka menyalurkan energi positif. Tentunya mereka jadi jarang sakit dan terhindar dari bahaya pikun. 

4. Mudah Sakit Tulang

Woman
Ilustrasi punggung perempuan sakit/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Pada umumnya osteoporosis sering terjadi pada orangtua. Sebuah studi menunjukkan pada perempuan di atas 100 tahun menemukan bahwa hanya 56 persen yang menderita osteoporosis, dan usia rata-rata saat diagnosis adalah 87 tahun.

Jadi, osteoporosis selain terjadi karena penuaan tapi juga bisa terjadi pada anak muda jika kamu tidak memiliki pola hidup yang sehat. Namun, osteoporosis bisa dicegah dari muda dengan rutin berolahraga dan memiliki pola makan yang sehat. 

5. Otak Menyempit Seiring Bertambahnya Usia

Woman
Ilustrasi perempuan sedang bermain catur/Foto: Pexels.com/emre keshavarz

Mitos ini berawal dari penelitian pada tahun 2002 yang menunjukkan bahwa hippocampus, bagian otak yang mengontrol ingatan secara signifikan akan mengecil pada orangtua daripada orang muda.

Namun, penelitian ini hanya mitos sebagaimana pendapat Dr. Lupien, terutama setelah dia melakukan penelitian terobosan pada akhir 1990-an yang menunjukkan bahwa stres kronis hippocampus bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE