sign up SIGN UP

Pilihan Teh Terbaik Buat Meringankan Sakit Tenggorokan, Simak Saran dari Ahlinya di Sini!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Rabu, 30 Mar 2022 12:00 WIB
Pilihan Teh Terbaik Buat Meringankan Sakit Tenggorokan, Simak Saran dari Ahlinya di Sini!
caption

Sakit tenggorokan belakangan ini sering dikeluhkan oleh banyak orang. Nggak melulu sebagai gejala covid-19 varian Omicron, ada berbagai penyebab lain yang memicu rasa tak nyaman pada area tenggorokan, Beauties. Seperti radang, alergi, infeksi, bakteri, hingga perubahan cuaca yang ekstrem.

Buat meredakan sakit tenggorokan rupanya nggak selalu harus minum obat, lho. Ada cara lain yang lebih alami dan bisa dicoba. Salah satunya dengan mengonsumsi teh. Berbagai manfaat teh dalam kesehatan ternyata bisa meringankan kondisi tak nyaman pada tenggorokan.

Ingin tahu apa saja jenis teh untuk sakit tenggorokan? Baca sampai habis informasinya lewat artikel berikut!

Teh Hijau

Teh hijau yang cocok dikonsumsi saat sakit tenggorokan.
Jenis teh yang bisa dikonsumsi untuk ringankan sakit tenggorokan/freepik/freepik

Adakah di antara kamu yang menjadi penggemar teh hijau, Beauties? Jenis teh yang satu ini memanglah jadi salah satu yang terfavorit dibandingkan pilihan yang lain. Tak hanya punya cita rasa yang khas dan nikmat untuk diolah sebagai minuman, teh hijau rupanya memiliki berbagai manfaat buat kesehatan.

Seperti dikutip dari Insider, seorang ahli gizi bernama Samantha Cassetty, MS mengungkap teh hijau punya kandungan antioksidan yang tinggi berupa polifenol yang dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh untuk melawan virus, bakteri, hingga infeksi. 

Selain itu, ahli gizi lain bernama Keri Gans, MS juga mengungkap kalau kandungan antiinflamasi dalam teh hijau mampu meringankan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Ini berkat senyawa epigallocatechin-3-gallate yang bantu tubuh buat mengurangi protein inflamasi.

Teh Jahe

Teh jahe yang cocok dikonsumsi saat sakit tenggorokan.
Jenis teh yang bisa dikonsumsi untuk ringankan sakit tenggorokan/freepik/jcomp

Selanjutnya ada teh jahe yang juga dapat dipilih sebagai alternatif minuman herbal untuk ringankan sakit di area tenggorokan. Meskipun masih terdengar asing bagi sebagian orang, jenis teh yang satu ini punya manfaat baik bagi kesehatan. Dikutip dari laman yang sama, Cassetty mengungkap kalau jahe punya senyawa gingerol dan shogoals.

Dua senyawa ini mampu membantu buat meredakan nyeri sekaligus bekerja sebagai antiinflamasi yang bisa menenangkan rasa tak nyaman pada tenggorokan. Perpaduan teh dengan jahe pun dapat dipilih bagi siapapun yang tengah berusaha meredakan sakit pada area tenggorokan.

Teh Bunga Kamomil

Teh kamomil yang cocok dikonsumsi saat sakit tenggorokan.
Jenis teh yang bisa dikonsumsi untuk ringankan sakit tenggorokan/freepik/8photo

Belum banyak yang tahu, ternyata perpaduan teh dengan bunga juga punya manfaat bagi kesehatan. Salah satunya meredakan sakit pada tenggorokan, Beauties. Seperti dilansir dalam Women's Health Magazine, seorang dokter bernama Robert Glatter, MD asal New York mengungkap teh bunga kamomil punya kandungan antioksidan yang tinggi.

Antioksidan ini berupa flavonoid dan terpenoid yang bisa membantu tubuh melawan infeksi. Salah satu yang menjadi penyebab rasa tidak nyaman di area tenggorokan.

Teh Lemon

Teh lemon yang dapat meringankan sakit tenggorokan.
Jenis teh yang bisa dikonsumsi untuk ringankan sakit tenggorokan/freepik/atlascompany

Nggak kalah populer dari teh hijau, ada jenis teh lainnya yang juga cukup banyak dipilih oleh sebagian orang untuk dikonsumsi sebagai minuman herbal. Kalau biasanya lemon tea atau teh lemon ini konsumsi dalam wujud es, buat meredakan tenggorokan yang sakit kamu bisa menyeduhnya dalam kondisi yang hangat, Beauties.

Dilansir dari laman sebelumnya, dokter bernama Yeral Patel, MD yang berasal dari California mengungkap teh lemon punya kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Saat imun meningkat, semakin baik sekaligus cepat dalam menyingkirkan rasa sakit di area tenggorokan.

Teh Kunyit

Teh kunyit yang cocok diminum saat tenggorokan sakit.
Jenis teh yang bisa dikonsumsi untuk ringankan sakit tenggorokan/freepik/ededchechine

Kalau biasanya kunyit dikonsumsi sebagai minuman herbal, cobalah untuk memadukannya dengan teh, Beauties. Meskipun terdengar cukup asing bagi sebagian orang, teh kunyit menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya meringankan sakit pada tenggorokan. 

Seorang dokter bernama Yeral Patel asal California mengungkap jenis teh yang satu ini cukup ideal untuk dikonsumsi sebagai pereda sakit di bagian tenggorokan karena sifatnya yang mengandung antibakteri, antivirus, hingga antiinflamasi.

Berbagai kandungan ini diketahui bisa membantu meringankan gejala hingga meningkatkan kekebalan tubuh. Saat kamu tak menyukai rasanya, bisa menambahkan madu ataupun jahe agar lebih enak untuk diminum.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id