STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Menimbang Berat Badan yang Tepat

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Rabu, 24 Mar 2021 07:00 WIB
Jangan Sampai Salah, Begini Cara Menimbang Berat Badan yang Tepat

Memiliki tubuh yang proporsional adalah dambaan bagi setiap wanita. Tak heran banyak wanita dan mungkin juga pria memilih melakukan diet agar mencapai berat badan yang ideal. Untuk mengetahui berat badan ideal, kamu bisa melakukan pengukuran menggunakan aplikasi atau website yang menyediakan kalkulator BMI. 

Diet yang baik otomatis menghasilkan progress dengan menunjukkan penurunan berat badan yang signifikan. Untuk mengetahui apakah berat badanmu benar-benar turun, pasti kamu perlu menimbang badan menggunakan timbangan baik manual maupun digital.

Namun jangan asal-asalan, menimbang badan perlu dilakukan dengan cara yang tepat. Apabila tidak dilakukan dengan tepat, kamu akan kesulitan mengetahui berat badanmu secara pasti. Nah, Beautynesia punya tips buat kamu agar bisa menimbang berat badan dengan tepat. Kira-kira apa saja ya tipsnya.

Tidak Perlu Menimbang Setiap Hari

Weigh
Menimbang Seminggu Sekali/ Foto: freepik.com

Diet yang baik butuh proses tidak sebentar untuk menurunkan berat badan. Jika kamu sedang diet dan selalu menimbang hampir setiap hari, maka kamu perlu hentikan kebiasaan tersebut. Menimbang setiap hari justru membuatmu merasa bahwa dietmu tidak berhasil karena berat badan hanya stuck di angka yang sama. Merasa tidak berhasil, kamu justru menghentikan diet, padahal yang perlu kamu lakukan hanya bersabar.

Sebaiknya kamu menimbang berat badan maksimal 1 minggu sekali. Kamu juga bisa membatasi diri untuk menimbang badan secara rutin yakni 2 minggu sekali. 

Menimbang Di Pagi Hari

Wake up
Menimbang Sehabis Bangun Tidur/ Foto: freepik.com

Waktu yang disarankan untuk menimbang adalah di pagi hari setelah buang air kecil atau buang air besar dan perut sedang dalam kondisi kosong. Menimbang pada kondisi tersebut bisa menunjukkan berat badan asli sebab tidak ada tambahan massa dari makanan atau minuman di dalam tubuh.

Akan lebih baik jika kamu menimbang dengan tidak mengenakan pakaian. Jika harus menggunakan pakaian, maka pakailah pakaian seringan mungkin, sebab berat dari pakaian sangat mempengaruhi hasil timbangan.

Gunakan Alat Timbangan Yang Sama

Timbangan
Alat Timbangan Yang Sama/ Foto: freepik.com

Alat timbang yang berbeda jenis biasanya memberikan hasil ukur yang berbeda pula. Lebih baik kamu memiliki timbangan pribadi di rumah agar bisa memantau penurunan berat badan dengan timbangan yang sama setiap kali kamu menimbang berat badan.

Perhatikan juga kondisi alat timbang, apabila sudah tidak akurat maka kamu perlu mengganti alat timbang. Jangan sampai kamu shock karena berat badan justru naik, padahal hanya karena kondisi timbangan yang rusak.

[Gambas:Instagram]

Timbangan Analog atau Digital?

Timbangan
Timbangan Digital Lebih Akurat/ Foto: freepik.com

Untuk mengukur berat badan, kamu perlu menggunakan timbangan yang akurat. Jika dulu kamu sering menimbang berat badan dengan timbangan analog, mungkin sekarang kamu bisa beralih ke timbangan  digital. 

Meski lebih mahal dan perlu perawatan seperti mengganti baterai secara berkala, namun timbangan digital lebih akurat daripada timbangan analog. Jika timbangan analog menggunakan jarum untuk menunjukkan angka hasil timbangan berat badan, maka timbangan digital menunjukkan hasil dengan menampilkan angka beserta desimalnya sehingga lebih akurat.

(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE