sign up SIGN UP

Justin Bieber Terkena Ramsay Hunt Syndrome atau Kelumpuhan pada Wajah, Apa Bedanya dengan Bell's Palsy?

Meuthia Khairani | Beautynesia
Selasa, 14 Jun 2022 13:45 WIB
Justin Bieber Terkena Ramsay Hunt Syndrome atau Kelumpuhan pada Wajah, Apa Bedanya dengan Bell's Palsy?
caption

Pada 11/6 lalu, Justin Bieber mengabarkan bahwa dirinya terkena Ramsay Hunt Syndrome. Pelantun lagu "Baby" ini menceritakan tentang sindrom yang dideritanya itu sembari memperlihatkan sisi wajahnya yang mengalami kelumpuhan, yakni salah satu matanya tidak bisa mengedip dan bibirnya hanya bisa tersenyum miring.

Dalam video yang diunggahnya di instagram @justinbieber, dirinya sekaligus mengumumkan penundaan konsernya yang bertajuk Justice World Tour 2022 tersebut.

Justin Bieber terkena ramsay hunt syndrome/Instagram/justinbieber
Justin Bieber terkena ramsay hunt syndrome/Instagram/justinbieber

Sebelum Ramsay Hunt Syndrome ini menjadi ramai diperbincangkan, sempat merebak pula penyakit  Bell’s palsy yang juga menyerang otot di sekitar wajah. Lalu, apa bedanya Ramsay Hunt Syndrome dengan Bell’s Palsy?

Ramsay Hunt Syndrome 

Ilustrasi ramsay hunt syndrome/Freepik/lookstudio
Ilustrasi ramsay hunt syndrome/Freepik/lookstudio

Dilansir dari laman NORD, tanda-tanda bila seseorang terkena Ramsay Hunt Syndrome antara lain: kelumpuhan pada sebagian area wajah sehingga penderitanya tidak mampu tersenyum, mengerutkan dahi, dan menutup mata dengan sempurna. Dilansir dari Entokey, Ramsay Hunt Syndrome juga disertai oleh gangguan pendengaran dan vertigo.

Kerap disalahartikan sebagai stroke ataupun Bell's palsy, kelumpuhan wajah yang diakibatkan oleh Ramsay Hunt Syndrome rupanya bisa terjadi lebih parah daripada Bell's Palsy, tetapi penyakit ini juga diketahui jarang kambuh.

Ramsay Hunt Syndrome disebabkan oleh virus varicella-zoster, yang merupakan virus penyebab cacar air dan herpes. Sindrom ini diketahui dapat disembuhkan dengan mengonsumsi obat dan terapi.

Bell’s Palsy

Ilustrasi ramsay hunt syndrome/Freepik/Cookie_studio
Ilustrasi ramsay hunt syndrome/Freepik/Cookie_studio

Menurut dr. Rubiana seperti yang dikutip dari detikHealth,  Bell's palsy bisa disebabkan oleh virus herpes zoster, herpes simplex, epstein barr, cytomegalovirus, trauma, dan sebagainya.

Dilansir dari Hopkins Medicine, Bell's palsy adalah kelumpuhan pada otot wajah yang terjadi akibat adanya kerusakan saraf. Penyakit ini  biasanya menyerang sisi wajah dan kepala dan menyebabkan nyeri pada bagian tubuh yang lumpuh, dan umumnya menyerang orang-orang berimun rendah. 

Gejalanya dapat terlihat dari gerakan otot yang tidak berfungsi secara normal sehingga mempengaruhi perubahan bentuk senyuman, menurunnya kelopak mata, dan menimbulkan mati rasa pada kulit wajah.

Bell's palsy biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, jika lebih dari dua minggu belum sembuh juga, penderita dapat mencoba bantuan akupunktur di titik saraf yang lumpuh.

Berbeda Namun Ada kemiripan Antara Keduanya

Tangkapan layar instagram Justin Bieber ramsay hunt syndrome/Instagram/justinbieberTangkapan layar instagram Justin Bieber ramsay hunt syndrome/Instagram/justinbieber/ 

Selain berbeda dari penyebabnya, yaitu Ramsay Hunt Syndrome yang disebabkan oleh herpes zoster, sementara Bell's Palsy bisa dipicu oleh sejumlah faktor lainnya. Pada Bell's palsy, herpes zoster hanyalah salah satu potensi penyebab.

"Bell's palsy bisa disebabkan oleh penyebab lain. Bisa karena virus seperti herpes zoster, herpes simplex, epstein barr, cytomegalovirus, trauma, dan lain-lain," terang spesialis saraf dari RS Pondok Indah, dr Rubiana Nurhayati, SpS.

Dirinya juga mengungkap kalau salah satu gejala Ramsay Hunt Syndrome memang sama dengan gejala Bell's palsy, yakni kelumpuhan saraf fasialis, Beauties.

"Ramsay hunt syndrome adalah penyakit yang menimbulkan kumpulan gejala berupa kelainan saraf fasialis atau saraf VII perifer dan tinnitus (yaitu) telinga berdenging dan nyeri di telinga. Kelumpuhan saraf 7 perifer itu gejalanya seperti Bell's palsy" terangnya seperti dikutip dari detikHealth.

"Gejala Bell's palsy dan Ramsay hampir sama karena keduanya terkena saraf 7 perifer. Ramsay Hunt Syndrome terkena saraf 8 juga makanya terjadi gangguan pendengaran. Kalau Bell's palsy kena saraf 7 saja," sambungnya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id