sign up SIGN UP

Meski Enak, 5 Dampak Terlalu Banyak Makan Jajanan Bermicin Ini Nggak Bisa Kamu Abaikan Lho!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Sabtu, 14 May 2022 14:00 WIB
Meski Enak, 5 Dampak Terlalu Banyak Makan Jajanan Bermicin Ini Nggak Bisa Kamu Abaikan Lho!
Ini Dampak Terlalu Banyak Makan Jajanan Bermicin/Foto: Freepik.com

MSG (Monosodium Glutamat) atau yang lebih kita kenal dengan istilah micin, adalah salah satu bahan makanan yang biasanya ditambahkan ke hidangan untuk meningkatkan cita rasa makanannya, agar menjadi lebih enak. Namun, konsumsi micin yang berlebihan ternyata memberikan dampak yang negatif terhadap tubuh.

Konsumsi MSG sebaiknya tidak melebihi batas aturan yang disarankan. Menurut WHO, batas maksimal konsumsi micin adalah 6 g per hari.

Jadi, apa dampak mengonsumsi jajan bermicin yang berlebihan terhadap kesehatan? Berikut adalah dampak terlalu banyak makan jajanan bermicin yang mengganggu kesehatan. Simak yuk!

1. Meningkatkan Peluang Obesitas

dampak terlalu banyak makan jajanan bermicin
dampak terlalu banyak makan jajanan bermicin/ Foto: Pexels.com/ Ketut Subiyanto

Melansir detikHealth, micin meningkatkan produksi insulin dan nafsu makan, sehingga mereka akan terus ingin makan pasca mengonsumsi micin dalam tingkat tinggi. Konsumsi makanan yang berlebihan akan meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh.

Penelitian dari UAE University juga menunjukkan bahwa konsumsi micin yang berlebih akan meningkatkan peluang obesitas.

2. Meningkatkan Peluang Hipertensi

dampak terlalu banyak makan jajanan bermicin
dampak terlalu banyak makan jajanan bermicin/ Foto: Pexels.com/ Andrea P.

Konsumsi micin berlebih dalam jangka panjang dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga seseorang dapat lebih rentan mengalami hipertensi. Selain hipertensi, efek sampingnya adalah kamu juga akan mengalami sakit kepala. Namun, belum diketahui penyebabnya mengapa hal tersebut bisa terjadi.

3. Merusak Otak dan Sistem Saraf

dampak terlalu banyak makan jajanan bermicin
dampak terlalu banyak makan jajanan bermicin/ Foto: Pexels.com/ Nathan Cowley

Melansir Healthline, konsumsi micin secara berlebih mampu meningkatkan potensi kerusakan otak dan sistem saraf. Ini karena micin termasuk dalam kategori excitotoxin atau neurotoksin. Maka, kamu perlu mengurangi konsumsi micin dalam makanan agar tidak melebihi batas normal.

4. Menyebabkan Gagal Ginjal 

dampak terlalu banyak makan jajanan bermicin
dampak terlalu banyak makan jajanan bermicin/ Foto: Pexels.com/Carolina G.

Seorang ahli gizi dan diet dari Universitas Sydney, Leona Victoria Djajadi MND, menjelaskan bahwa micin memiliki kandungan natrium atau garam yang tinggi. Mengonsumsi garam dalam jumlah banyak di jangka panjang dapat meningkatkan potensi penyakit gagal ginjal.

Kadar garam yang sangat tinggi di dalam tubuh memang bisa memicu berbagai komplikasi. Maka, ingat untuk memerhatikan jumlah micin yang dikonsumsi ya, Beauties.

5. Menyebabkan Depresi

dampak terlalu banyak makan jajanan bermicin
dampak terlalu banyak makan jajanan bermicin/ Foto: Pexels.com/ Engin Aykurt

Konsumsi micin yang berlebih juga dapat menyebabkan depresi. Ini terjadi akibat penurunan serotonin, sebuah sinyal di otak yang dapat memengaruhi emosi atau suasana hati.

Secara keseluruhan, konsumsi micin di bawah batas maksimal masih aman, sehingga Beauties tidak perlu khawatir. Semua yang dikonsumsi secara berlebih pada dasarnya memang tidak baik, jadi ingat untuk batasi konsumsi jajanan bermicin, ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id