STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Kamu Sudah Tahu? Ternyata Ini Penyebab, Gejala, sampai Cara Mengobati Sariawan pada Mulut yang Mengganggu!

Aqillah Diaz Rahmadyani | Beautynesia
Selasa, 17 Jan 2023 06:45 WIB
Kamu Sudah Tahu? Ternyata Ini Penyebab, Gejala, sampai Cara Mengobati Sariawan pada Mulut yang Mengganggu!

Sariawan adalah peradangan atau luka kecil yang berkembang pada jaringan lunak di mulut dan gusi. Penyakit ini dapat dikatakan penyakit yang tidak seberapa parah atau sepele, tetapi dapat mengganggu dan memengaruhi kualitas keseharian penderitanya.

Umumnya penyakit ini dapat terjadi pada anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia. Melansir dari detik Health, sariawan dapat terjadi lebih dari satu dan biasanya berukuran antara 1 centimeter atau kurang dari centimeter. Sariawan biasanya dapat sembuh dalam rentang waktu satu hingga dua minggu tanpa pengobatan. 

Penyebab dan Gejala Munculnya Sariawan

Sariawan / foto : freepik
Sariawan / foto : freepik

Dilansir dari Mayo Clinic, penyebab munculnya sariawan masih belum jelas, tetapi beberapa ahli menduga terdapat beberapa faktor yang dapat memicu sariawan, seperti cedera ringan pada mulut akibat perawatan gigi, menyikat gigi terlalu keras atau gigitan pada pipi bagian dalam secara tidak sengaja, kurang mengonsumsi vitamin B12, asam folat, seng, atau zat besi.

Kemudian, stres dan adanya perubahan hormon ketika menstruasi juga dapat memicu munculnya sariawan. Tak hanya itu, sariawan juga dapat muncul karena beberapa penyakit tertentu, seperti penyakit celiac, radang usus, behcet, HIV/AIDS, dan sistem kekebalan tubuh menurun dan dapat menyerang mulut. 

Jenis Sariawan

Sariawan / foto : freepik
Sariawan / foto : freepik

Biasanya sariawan berwarna putih atau kuning pada bagian tengah dengan bentuk bulat atau oval, serta tepi berwarna merah. Terdapat beberapa jenis sariawan, yang mana tiap jenisnya memiliki gejalanya masing-masing. 

1. Sariawan Ringan atau Minor

Sariawan ringan atau minor bentuknya biasanya kecil dan berbentuk oval dengan tepi merah. Sariawan ini juga dapat sembuh tanpa bekas luka dalam jangka waktu satu hingga dua minggu. 

2. Sariawan Besar atau Mayor

Sariawan besar atau mayor biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada sariawan minor dan lukanya lebih dalam. Bentuknya bulat dengan batas yang jelas tetapi tepinya biasanya tidak beraturan.

Sariawan jenis ini terasa lebih sakit dan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuhnya dibandingkan sariawan minor, yakni enam minggu untuk sembuh dan meninggalkan jaringan parut yang luas. 

3. Sariawan Herpetiform

Jenis sariawan yang ketiga adalah jenis sariawan yang jarang terjadi dan biasanya berkembang di kemudian hari. Sariawan ini berbeda dengan penyakit serupa seperti herpes yang dapat terjadi di mulut. Sariawan ini memiliki tepi yang tak beraturan dan sembuh tanpa bekas luka dalam satu hingga dua minggu. 

Cara Mengobati Sariawan

Sariawan / foto : freepik
Sariawan / foto : freepik

Kalau kamu seringkali atau beberapa kali mengalami sariawan, kamu nggak perlu khawatir untuk mengobatinya. Karena, kamu bisa menggunakan bahan yang tersedia di rumah, seperti kamu dapat melarutkan garam pada air dan gunakan untuk kumur-kumur.

Selain itu, kamu juga bisa berkumur dengan larutan soda kue dengan campuran air hangat. Ketika kamu mengalami sariawan, ada baiknya untuk menghindari mengonsumsi makanan asam dan pedas karena dapat menyebabkan iritasi dan rasa sakit yang berlebihan. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE