STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Kapan Waktu Terbaik untuk Melakukan Meditasi dan Berapa Lama Durasi yang Dianjurkan? Ini Jawaban Ahli

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Jumat, 14 Oct 2022 06:15 WIB
Kapan Waktu Terbaik untuk Melakukan Meditasi dan Berapa Lama Durasi yang Dianjurkan? Ini Jawaban Ahli

Meditasi telah lama diyakini sebagai salah satu aktivitas yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Melansir dari detikHealth, menurut seorang praktisi meditasi mindfulness, Edwin Tan, secara umum meditasi merupakan aktivitas untuk menenangkan tubuh dan pikiran dengan cara duduk bersila dan posisi duduk tegak, serta memejamkan mata. Singkatnya, meditasi merupakan kegiatan olah tubuh dan pikiran dengan cara menyadari napas.

Banyak orang melakukan meditasi untuk mendapatkan ketenangan, meningkatkan konsentrasi, atau meredakan stres yang sedang dialaminya. Meditasi sendiri memiliki beragam jenis, mulai dari meditasi mindfulness sampai dengan meditasi spiritual. Meditasi memiliki segndang manfaat, di antaranya manajemen stres yang lebih baik, mengurangi gangguan kecemasan, depresi, nyeri, dan gangguan tidur.

Sesungguhnya, meditasi dapat dilakukan kapan saja. Namun, ternyata meditasi baiknya dilakukan dalam waktu-waktu tertentu untuk memperoleh hasil yang lebih optimal, lho, Beauties. Lantas, kapan waktu terbaik dan berapa lama durasi meditasi sebaiknya dilakukan? Berikut jawabannya, yuk simak!

Pagi Hari

beautiful happy girl with closed eyes practicing yoga in lotus position in bedroom in the morningIlustrasi meditasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/LightFieldStudios

Pagi hari memang menjadi waktu yang paling tepat untuk berolahraga, termasuk meditasi. Sebab, di waktu ini kamu bisa merasakan sejuknya udara pagi. Melansir dari Healthline, menurut Monique Derfuss, seorang praktisi gong dan instruktur Yoga Kundalini, meditasi idealnya dilakukan 2,5 jam sebelum matahari terbit ketika matahari berada pada suhu 60 derajat terhadap bumi.

Sependapat dengan Derfuss, menurut Erin Doppelt, seorang ahli meditasi, meditasi di pagi hari dapat dilakukan di antara jam 3 sampai 6 pagi. Hal ini karena pada waktu tersebut energi paling mendukung untuk spiritual dan ada keheningan yang unik. Sehingga seseorang yang melakukan meditasi dapat merasakan energi ketenangan yang dibutuhkan.

Setelah Berolahraga 

Ilustrasi Perempuan Meditasi/Pexels/Los Muertos CrewIlustrasi meditasi/Foto: Pexels/Los Muertos Crew

Selain pagi dan sore hari, meditasi juga bisa dilakukan setelah sesi olahraga. Melansir dari Healthline, menggabungkan olahraga dengan meditasi merupakan perpaduan yang tepat untuk meningkatkan kesehatan fisik, emosional, dan mental seseorang. Menurut Erin Doppelt, melakukan meditasi setelah berolahraga dapat membantu meredakan stres dan lebih mudah untuk mendapatkan pernapasan yang lebih damai akibat aktivitas olahraga.

Selain itu, jika kamu melakukan olahraga yang sifatnya ringan seperti yoga, menurut Monique Derfuss, meditasi yang dilakukan setelah yoga dapat membantu menyeimbangkan sistem saraf dan merangsang energi halus yang ada pada tubuh. Meditasi yang dilakukan setelah berolahraga dapat mendukung pikiran untuk bergerak lebih dalam terhadap latihan olahraga.

Durasi Terbaik Melakukan Meditasi

Waktu Terbaik untuk Melakukan Meditasi
Ilustrasi/Foto:Pexels.com/Karolina Grabowska

Meditasi dapat dilakukan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, apalagi buat kamu yang memiliki rutinitas yang sangat padat. Sayangnya, waktu yang singkat saat meditasi dirasa tidak cukup efektif untuk memperoleh hasilnya yang diinginkan, yaitu ketenangan. Melansir dari Very Well Mind, menurut sebuah studi  pada tahun 2018 yang diterbitkan dalam Behavioral Brain Research,  meditasi yang dilakukan selama 13 menit dalam kurun waktu 8 minggu berturut-turut dapat membuahkan hasil yang signifikan. Mulai dari penurunan suasana hati yang negatif, meningkatnya memori kerja, hingga menurunkan rasa kecemasan.

Buat kamu yang baru akan mulai belajar bermeditasi, kamu bisa memulainya lebih dulu selama 5 menit setiap harinya. Hal ini dapat membuatmu terbiasa dan berkomitmen untuk melakukannya tanpa menciptakan rasa tertekan. Dengan mulai membiasakan diri untuk melakukan meditasi selama 5 menit setiap harinya, juga dapat membantu dalam membangun pemahaman yang baik tentang kapan harus bermeditasi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE