sign up SIGN UP

Kesulitan untuk Berhenti Konsumsi Makanan Manis saat Diet? Ikuti 4 Tips dari Para Ahli Berikut Ini

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 04 Jan 2022 11:45 WIB
Kesulitan untuk Berhenti Konsumsi Makanan Manis saat Diet? Ikuti 4 Tips dari Para Ahli Berikut Ini
caption
Jakarta -

Saat sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, mengurangi asupan makanan manis adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Namun tak jarang bagi penggemar makanan manis, hal ini sulit untuk dilakukan. Mereka terus-terusan ngidam makanan manis, walaupun mungkin sedang tidak dalam keadaan lapar.

Tidak hanya buruk bagi diet, mengonsumsi makanan manis berlebihan juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan secara umum. Ternyata selain lezat, makan makanan manis mampu melepaskan hormon endorfin yang menenangkan dan membuat rileks. Inilah yang menyebabkan seseorang seakan 'ketagihan' dan tidak bisa berhenti mengonsumsinya.

Jika kamu sedang kesulitan untuk mengontrol keinginan untuk terus-terusan mengonsumsi makanan manis, yuk ikuti beberapa tips di bawah ini!

Makan Makanan Manis dalam Porsi Kecil

Kepribadian penyuka makanan manisIlustrasi makanan manis/Foto: Freepik.com/ wayhomestudio

Sesuatu yang ekstrem memang sulit dilakukan. Jika kamu langsung berhenti sama sekali mengonsumsi makanan manis, kamu hanya akan uring-uringan dan cenderung akan 'balas dendam' dengan mengonsumsi makanan manis dalam jumlah yang berlebih nantinya.

Alih-alih melarang diri untuk tidak mengonsumsi makanan manis sama sekali, cobalah untuk menguranginya perlahan dengan porsi kecil. Konsumsi makanan manis yang kamu sukai dalam porsi kecil. Atau jika kamu kesulitan untuk makan dalam porsi kecil, bagilah camilan manis tersebut dengan teman atau keluarga.

Jangan Melewatkan Makan

Kebiasaan Sehat Orang Jepang yang Bantu Turunkan Berat BadanIlustrasi makan/ Foto: Freepik/benzoix

Entah karena sibuk atau pemahaman yang salah akan konsep diet, kamu pun enggan atau melewatkan jam makan. Akibatnya, kamu akan kelaparan dan tubuh akan membutuhkan bahan bakar yang cepat. Ini membuatmu cenderung mengonsumsi makanan manis yang mudah didapatkan.

"Ketika Anda terlalu lapar, camilan manis menjadi solusi cepat untuk gula darah rendah yang turun drastis," ungkap Kate Scarlata, seorang ahli diet kepada Eat This! Not That.

Maka pastikan kamu tetap mengonsumsi makan sehat dan seimbang secara rutin setiap harinya. Jika timbul keinginan untuk ngemil, pilihlah makanan yang tinggi serat dan protein.

Kombinasikan Makanan

Kamu Lagi Diet? Coba Kenalan dengan Istilah Cheat Day dan Cheat MealIlustrasi makanan manis/Foto: Pexels.com/Andres Ayrton

Jika kamu masih merasa sangat sulit untuk mengganti makanan manis dengan camilan sehat, kamu bisa mencoba untuk mengombinasikan makanan. Menurut Kerry Neville, seorang ahli diet, kamu bisa menggabungkan makanan manis dengan makanan sehat.

"Saya suka cokelat. Jadi terkadang saya mencelupkan pisang ke dalam saus cokelat dan itu memberi saya apa yang saya idamkan (makanan manis), atau saya mencampur beberapa almond dengan cokelat," paparnya, seperti dikutip dari WebMD.

Selain memenuhi keinginan akan makanan manis, tubuh tetap mendapatkan nutrisi dari makanan sehat tersebut.

Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Hindari tidur siang terlalu lamaIlustrasi tidur/Foto: Pexels.com/Andres Ayrton

Masih banyak yang belum sadar, kurang tidur dan tidak berkualitas dapat memengaruhi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur menyebabkan keinginan yang lebih kuat untuk makanan manis, contohnya permen," kata Samantha Cassetty, seorang ahli gizi kepada Real Simple

Selain mengatur pola makan, penting pula untuk mengamati pola tidur. Untuk mengatasi keinginan mengonsumsi makanan manis, usahakan kamu mendapatkan tidur yang cukup, yakni tujuh hingga sembilan jam per malam.

Itu dia beberapa tips untuk mengatasi keinginan mengonsumsi makanan manis saat diet. Selamat mencoba, Beauties!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id