sign up SIGN UP

Lupa Siklus Haid? 5 Aplikasi Pengingat Haid Ini Sangat Cocok Buat Kamu!

Fahira mahza | Senin, 14 Jun 2021 19:00 WIB
Lupa Siklus Haid? 5 Aplikasi Pengingat Haid Ini Sangat Cocok Buat Kamu!
caption

Bagi sebagian wanita, mungkin sudah tidak asing jika mendengar kata menstruasi. Menstruasi atau biasa disebut dengan haid adalah proses keluarnya darah dari rahim yang terjadi akibat adanya siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Haid biasanya rutin dialami oleh wanita sebulan sekali. Namun, sebagian wanita terkadang mengalami siklus haid yang tidak teratur.

Tak jarang pula para wanita seringkali melupakan waktu datangnya haid. Untuk itu saat ini muncul beberapa aplikasi yang dapat membantu wanita untuk mengingat waktu haidnya. Aplikasi ini sangat membantu wanita untuk mengingat kapan terakhir mengalami haid sehingga ketika terjadi ketidakteraturan pada siklus haidnya dapat langsung ditangani oleh ahlinya.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas 5 rekomendasi aplikasi pengingat haid bagi kamu yang suka pelupa.

1. Period Calendar

Period calender
Period calender/foto: amazon.com

Terkadang, sebagian wanita suka lupa kapan terakhir kali mengalami menstruasi. Nah bagi kamu si pelupa, sangat cocok untuk mengunduh aplikasi yang satu ini. Period Clendar adalah aplikasi yang dibuat oleh Simple Design Ltd. Aplikasi  ini dapat membantu memprediksi tanggal menstruasi bagi penggunanya. Tak hanya itu, Period Calendar juga dilengkapi fungsi untuk mengetahui informasi mengenai periode masa subur dan tanggal ovulasi potensial. Aplikasi ini sangat direkomendasikan karena selain dapat membantu memprediksi tanggal menstruasi juga mendapatkan rating yang cukup tinggi dari penggunanya.   

2. Flo Period & Ovulation Tracker

Flo period & ovulation tracker
Flo period & ovulation tracker/foto: themedium.com

Bagi sebagian orang, aplikasi pengingat haid adalah suatu hal yang sangat penting. Namun, terkadang fitur yang disajikan cukup sulit untuk dipahami. Nah aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari pengingat haid dengan fitur yang mudah dipahami. Flo period & ovulation tracker  adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk melacak waktu menstruasi, masa ovulasi, dan masa kesuburan.

Aplikasi ini menyuguhkan fitur kalender kesuburan dan ovulasi serta akan mengingatkan dan memberitahu kapan waktu yang tepat untuk pembuahan, melacak siklus menstruasi, dan gejala PMS dengan data yang mudah dipahami penggunanya.

3. My Calendar

My calender
My calender/foto: apps.kiwi

My calenda sangat cocok bagi kamu yang ingin melacak waktu menstruasi kamu, baik bagi kamu yang teratur maupun tidak teratur ketika mengalami siklus haid karena aplikasi ini sudah disesuaikan bagi penggunanya. Selain dapat melacak siklus mentruasi yang  teratur maupun tidak teratur, aplikasi ini juga dapat mengukur suhu, berat badan, suasana hati, gejala fisik, serta aliran darah penggunanya.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur yang dapat memprediksi masa kesuburan. Jadi bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan, sangat cocok untuk mengunduh aplikasi yang satu ini.

4. Clue Period & Cycle Tracker

Clue period & cycle tracker
Clue period & cycle tracker/foto: steprimo.com

Clue period & cycle tracker merupakan salah satu aplikasi pengingat haid yang sangat mudah digunakan. Aplikasi ini menyajikan fitur untuk melacak waktu menstruasi dengan pendekatan sains untuk mengetahui lebih dalam tentang kondisi biologis tubuhmu. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat membantu kamu dalam merencanakan kehamilan sebab clue period & cycle tracker juga menyajikan fitur kalkulator ovulasi dan dapat memprediksikan kesuburan. Aplikasi ini juga dapat membantu kamu mengetahui suhu tubuhmu. Jadi, dalam satu aplikasi sangat banyak manfaat yang bisa kamu gunakan.

5. Hawa

Hawa
Hawa/foto: id.techinasia.com

Aplikasi yang dikembangkan oleh anak bangsa ini sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari pengingat siklus haid. Hawa dapat digunakan untuk memantau siklus haid hingga periode kehamilan. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari satu juta kali ini juga memungkinkan untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya. Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyajikan berbagai artikel seputar wanita. Jadi, selain dapat membantumu mengingat siklus haid, kamu juga akan mendapatkan berbagai informasi dari artikel yang disajikan.

Itulah 5 aplikasi yang dapat membantumu untuk mengingat jadwal haidmu. Bagi kamu yang sering mengalami kelupaan terhadap siklus haid, aplikasi-aplikasi tersebut sangat cocok untuk kamu unduh di ponselmu dan sangat mudah untuk digunakan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id