sign up SIGN UP

LIFE

5 Cara Berolahraga yang Bikin Nyaman Saat Haid

Anindya Milagsita | Selasa, 08 Jun 2021 10:00 WIB
5 Cara Berolahraga yang Bikin Nyaman Saat Haid
Foto: Olahraga Yoga/Freepik.com/

Ladies, apa yang akan kamu lakukan sewaktu mengalami kram saat haid? Sebagian wanita tentu setuju kalau momen ini bikin enggak mood dan malas untuk melakukan aktivitas. Tak jarang juga, banyak yang memilih buat beristirahat ataupun sedikit bergerak untuk meredakan rasa nyeri.

Padahal ada cara lain yang bisa dilakukan buat mengatasinya lho. Caranya dengan melakukan olahraga. Olahraga saat haid ternyata bisa memicu produksi endorfin dalam tubuh yang bisa menghilangkan efek sakit dan menghasilkan rasa senang. Tak perlu khawatir, melakukan olahraga saat menstruasi itu enggak berat, Ladies.

Biar momen olahraga saat haid kamu nyaman dan menyenangkan, yuk coba lakukan cara ini!

1. Pilih Olahraga yang Disukai

Pilih olahraga yang disukai dan sering dilakukan.
Tips Olahraga Saat Menstruasi/sumber: www.freepik.com/

Apapun olahraga yang dipilih asal kamu bergerak bisa membantu kamu melancarkan peredaran darah dan memicu produksi endorfin, Ladies. Kamu bisa memilih olahraga yang sering disukai untuk dilakukan saat tengah mengalami haid. Seperti jogging, yoga, bersepeda, dan olahraga lainnya yang terbiasa kamu lakukan.

Memilih olahraga saat menstruasi yang sudah biasa kamu lakukan sebelumnya, bisa membantu kamu mengatasi kesulitan untuk bergerak. Cara ini pun lebih baik untuk dilakukan karena kamulah yang paling tahu mana olahraga yang ternyaman untuk tubuh. 

2. Fokus Manfaatnya

Fokus pada manfaat yang didapatkan saat berolahraga.
Tips Olahraga Saat Menstruasi/sumber: www.freepik.com/

Buat kamu yang ingin berolahraga saat haid tapi selalu ragu untuk memulainya, jangan khawatir, Ladies. Kamu bisa menerapkan cara yang satu ini. Pastikan kamu telah memutuskan tujuan melakukan olahraga saat menstruasi berlangsung. Apakah ingin sehat, meredakan nyeri, atau hanya coba-coba?

Memfokuskan diri pada manfaat yang akan didapat setelah olahraga nantinya bisa membantu ringankan kamu saat melakukannya lho. Niat dan tujuan awal berolahraga saat haid jadi poin penting untuk diperhatikan.

Kalau kamu masih berat untuk melakukannya, cobalah memberikan kesempatan bagi tubuh mencobanya selama 5 menit. Saat 5 menit berlangsung cukup berat dilakukan, kamu bisa menghentikannya. Tapi kalau kamu merasa nyaman, bisa diteruskan, Ladies.

3. Pilih Produk Haid yang Nyaman

Memilih produk haid yang bikin nyaman.
Tips Olahraga Saat Menstruasi/sumber: www.freepik.com/

Berolahraga saat menstruasi tentu butuh effort lebih, Ladies. Tapi jangan jadikan ini beban dan mulailah untuk bergerak agar bisa melancarkan peredaran darah dan memicu produksi endorfin. Kalau kamu ingin berolahraga saat haid dengan nyaman, pilihlah produk menstruasi yang sesuai kebutuhan.

Kamu bisa menyesuaikan produk menstruasi sesuai olahraga yang dipilih. Enggak hanya itu, pastikan kamu memilih produk yang membuat kamu nyaman saat memakainya. Ada pembalut, tampon, hingga menstrual cup yang bisa dipilih untuk menemani kamu berolahraga.

4. Lakukan dengan Santai

Mencoba gerakan ringan yang nyaman dilakukan.
Tips Olahraga Saat Menstruasi/sumber: www.freepik.com/

Cara olahraga saat menstruasi lain yang bisa kamu coba adalah dengan melakukannya secara rileks dan santai. Berolahraga saat haid dengan hari biasanya tentu akan berbeda. Lewat momen inilah kamu bisa melakukan olahraga dengan lebih santai dibanding biasanya, Ladies. 

Kamu bisa memilih olahraga yang memberikan efek rileks dan juga santai. Seperti melakukan yoga yang enggak membutuhkan banyak gerakan. Jadikan momen ini sebagai me time kamu untuk berefleksi, bersantai, hingga beristirahat sejenak dari rutinitas harian.

[Gambas:Instagram]

5. Sesuaikan dengan Kemampuan

Melakukan olahraga sesuai dengan kemampuan.
Tips Olahraga Saat Menstruasi/sumber: www.freepik.com/

Last but not least, saat mengalami siklus menstruasi tentu antara wanita yang satu dengan lainnya berbeda, Ladies. Bahkan kondisi haid tiap bulannya bagi seorang wanita pun bisa berubah. Oleh karena itu, kalau kamu ingin lakukan olahraga saat haid, pastikan menyesuaikan dengan kemampuan ya.

Lakukan gerakan yang kamu bisa dan sesuai dengan kondisi tubuh. Jangan memaksakan diri dengan melakukan gerakan berat saat kondisi kamu tak memungkinkan. Cukup pilih gerakan ringan hingga sedang yang bikin kamu nyaman. Selamat mencoba!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id