sign up SIGN UP

Lupakan Es Krim dan Cokelat, 5 Makanan Sehat Ini Ampuh Bikin Mood Auto Naik!

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 01 Dec 2021 16:30 WIB
Lupakan Es Krim dan Cokelat, 5 Makanan Sehat Ini Ampuh Bikin Mood Auto Naik!
caption
Jakarta -

Saat sedang mengalami hari yang buruk, kamu mungkin ingin menyantap makanan-makanan manis seperti es krim atau cokelat untuk memperbaiki mood agar ceria kembali. Atau jika kamu pecinta pedas, kamu mungkin ingin melampiaskan berbagai emosi dengan menyantap kuliner pedas.

Walaupun mungkin es krim dan makanan pedas sering menjadi makanan pilihan saat mood sedang jelek, ternyata ada beberapa makanan sehat yang bisa bantu meningkatkan suasana hati, lho! Tidak hanya bantu mengembalikan mood, makanan ini juga kaya akan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Lantas, makanan sehat apa saja yang bisa memperbaiki mood? Yuk, cari tahu!

Pisang

makanan untuk moodPisang/Foto: Freepik.com/nakarldore

Butuh cara instan untuk bikin mood auto naik? Mungkin pisang bisa menjadi jawabannya! Buah berwarna kuning satu ini kaya akan vitamin dan mineral seperti magnesium, kalium, zinc, vitamin B6, dan vitamin C.

Diketahui vitamin dan mineral tersebut berperan penting dalam mengembalikan mood menjadi ceria kembali. Contohnya, seperti zinc yang mampu mencegah timbulnya depresi sekaligus memperkuat imun tubuh.

Lebih lanjut, pisang juga mengandung triptofan yang dapat membantu meredakan gejala depresi dan memperbaiki susanana hati. Kandungan triptofan yang tinggi bisa berubah menjadi serotonin, yakni hormon yang mampu mempengaruhi suasana hati.

Tidak hanya membantu memperbaiki suasana hati, membuat teh pisang juga bisa membantu kamu untuk tidur dengan lebih nyenyak.

Oatmeal

Kombinasi dari semua nutrisi ini membuat oatmeal menjadi makanan yang sempurna untuk pelepasan energi yang berkelanjutan.Oatmeal/Foto: Freepik

Jika kamu mengalami pagi yang buruk hingga menyebabkan moodmu rusak, sarapan dengan oatmeal bisa bantu mengatasinya. Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang meningkatkan penyerapan serotonin, zat besi, vitamin B6, magnesium, dan kromium.

Mengonsumsi oatmeal akan menstabilkan kadar gula dan meningkatkan dopamin. Seperti yang kita ketahui, dopamin adalah hormon pengendali emosi. Jika dilepaskan dalam jumlah yang tepat, hormon ini akan meningkatkan suasana hati, sehingga kamu akan merasa lebih bahagia.

Santap semangkuk oatmeal dengan irisan pisang dan kacang-kacangan sebagai topping. Happy food, happy tummy!

Bayam

BayamBayam/Foto: Pexels/Lisa

Sayuran hijau ini kaya akan zinc, magnesium, folat, dan vitamin B lainnya. Diketahui vitamin B, terutama vitamin B6, B9 (folat), dan B12 sangat berperan penting untuk menciptakan suasana hati yang baik, memproduksi energi, serta mengatur kadar serotonin.

Ada banyak cara untuk menyantap sayur bayam. Bisa ditumis, menjadi campuran telur dadar, sup, atau diolah menjadi salad.

Ikan Berlemak

Resep menu diet enak dan praktis, ngga bikin berat badan naik!Salmon/Foto: Freepik/timolina

Ikan berlemak kaya akan asam lemak omega-3, vitamin D, vitamin B6, dan vitamin B12. Melansir dari Healthline, minyak ikan kaya akan dua jenis asam lemak omega-3, yakni ocosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA), di mana berkaitan dengan tingkat depresi yang rendah.

Beberapa jenis ikan berlemak yang bisa kamu konsumsi seperti salmon, tenggiri, sarden, dan tuna.

Ceri

ceri - buahBuah Ceri

Mengonsumsi ceri bisa menjadi salah satu kunci untuk bangun pagi dengan suasana hati yang bahagia. Tidak hanya mengandung berbagai vitamin dan mineral, ceri juga diketahui mengandung melatonin yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Melansir dari WebMD, buah ceri dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan dan hormon penyebab stres. Jadi, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah satu ini untuk mengembalikan mood menjadi cerah kembali, Beauties!

***

[Gambas:Youtube]


Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id