STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Makanan Sehat Terbaik Buat Perempuan Usia 40-an, Bikin Tubuh Tetap Bugar & Cocok Dikonsumsi Saat Buka Puasa!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Jumat, 08 Apr 2022 12:00 WIB
Makanan Sehat Terbaik Buat Perempuan Usia 40-an, Bikin Tubuh Tetap Bugar & Cocok Dikonsumsi Saat Buka Puasa!

Punya tubuh yang tetap sehat dan bugar di usia tak lagi muda tentu dibutuhkan oleh setiap orang. Tak terkecuali bagi seorang perempuan. Pada usia 40-an perempuan akan mengalami berbagai perubahan, seperti dalam segi hormonal ataupun kesehatan. Selain rutin berolahraga dan istirahat yang cukup, buat menjaga agar tubuh tetap bugar konsumsi makanan sehat ternyata sangat diperlukan, Beauties. 

Sehat di usia 40 tahun berarti harus lebih memperhatikan lagi berbagai asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Cara ini dilakukan untuk membantu memenuhi nutrisi sekaligus meningkatkan kesehatan kamu. Ingin tahu menu sehat apa sajakah yang cocok dikonsumsi perempuan usia di atas 40 tahun? Baca sampai habis informasinya lewat artikel berikut ini!

Ubi

Ubi yang dapat dipilih sebagai menu makanan sehat bagi perempuan usia 40-an.
Menu makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk usia 40 tahun ke atas/freepik/racool_studio

Jadi makanan favorit yang sering dipilih sebagai menu diet, ubi ternyata dapat kamu tambahkan ke dalam asupan sehat yang bagus bagi kesehatan, Beauties. Ada berbagai varian ubi yang bisa ditemukan khususnya di Indonesia. Seperti ubi yang berwarna putih, kuning,  oranye, maupun ungu. Nah, jenis ubi yang bisa kamu pilih pun yang berwarna oranye ini.

Mengutip dari Prevention, ubi termasuk dalam kategori menu yang kaya akan karbohidrat dan menyehatkan. Ubi dengan rasa manis dan bertekstur lembut ini punya banyak kandungan serat, vitamin A, vitamin C, magnesium, hingga potasium. Berbagai manfaat baik dalam ubi tadi dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan juga jantung. Kamu dapat mengonsumsinya dengan cara direbus, dikukus, digoreng, maupun dipanggang.

Wortel

Wortel yang dapat dipilih sebagai menu sehat perempuan 40-an.
Menu makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk usia 40 tahun ke atas/freepik/kamranaydinov

Selanjutnya ada wortel yang ternyata juga termasuk dalam makanan menyehatkan bagi perempuan usia 40-an. Sayur berwarna oranye yang dikenal kaya akan vitamin A ini mampu memenuhi asupan nutrisi untuk mendukung kekebalan dan meningkatkan kesehatan mata. 

Masih dikutip dari laman sebelumnya, seorang ahli gizi dan juga diet bernama Sarah Mirkin, RDN mengungkap pada usia di atas 40 penting untuk makan lebih banyak asupan yang memiliki kandungan vitamin A.

Ini dilakukan agar dapat melindungi mata dari risiko katarak. Selain itu, wortel juga punya kandungan lain seperti vitamin K, serat, hingga potasium yang baik bagi kesehatan tulang, pencernaan, sekaligus bantu menstabilkan tekanan darah. 

Ikan Salmon

Ikan salmon yang dapat dipilih sebagai menu sehat bagi perempuan usia 40-an.
Menu makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk usia 40 tahun ke atas/freepik/racool_studio

Nggak kalah menyehatkan dari menu sebelumnya, ada juga salmon yang dapat dipilih sebagai asupan sehat bagi perempuan usia 40-an. Ikan salmon selama ini dikenal punya kandungan yang kaya akan omega-3 sekaligus protein yang baik bagi tubuh saat dikonsumsi. Mirkin menyebutkan kalau salmon punya sifat mengenyangkan dan rasa yang lezat.

Ahli gizi sekaligus diet itu juga mengungkap kalau mengonsumsi ikan salmon dapat mengurangi risiko penyakit tertentu hingga membuat kulit kamu bercahaya, Beauties. Nggak heran kalau ekstrak jenis ikan yang satu ini seringkali dipilih sebagai salah satu bahan tambahan dalam skincareya.

Yogurt

 
Yogurt yang cocok dipilih sebagai menu sehat bagi perempuan usia 40-an.
Menu makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk usia 40 tahun ke atas/freepik/nensuria

Bagi perempuan usia 40-an kebutuhan akan asupan kalsium dan vitamin D juga penting untuk diperhatikan, Beauties. Salah satu cara buat memenuhinya dengan mengonsumsi yogurt. Yogurt sendiri berasal dari olahan susu yang rendah lemak tapi kaya akan kalsium dan juga vitamin D.

Kebutuhan vitamin D dan kalsium yang terpenuhi bisa membantu kamu merawat kesehatan tulang sekaligus gigi. Dilansir dari Eat Right, dua kandungan yang terdapat dalam yogurt ini mampu menjaga kepadatan tulang dan juga mengurangi risiko osteoporosis di usia 40 tahun ke atas.

Bayam

Bayam yang dapat dipilih sebagai menu sehat bagi perempuan usia 40-an.
Menu makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk usia 40 tahun ke atas/freepik/racool_studio

Beauties, adakah di antara kamu yang nggak suka makan sayuran? Mungkin sekarang waktunya untuk mencoba biasakan diri mengonsumsi sayuran hijau. Ini karena ternyata sayuran bermanfaat baik bagi kesehatan perempuan usia 40-an, lho. Salah satu sayuran yang bisa dikonsumsi adalah bayam.

Jarang diketahui, bayam kaya akan zat besi dan antioksidan alami yang baik bagi tubuh. Ini seperti diungkap lewat Healthline, kandungan dalam bayam mampu mengurangi peradangan, risiko kanker, sampai melindungi mata dari penyakit.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE