STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Sahur Agar Badan Tidak Lemas

Ranim | Beautynesia
Sabtu, 01 Jun 2019 21:00 WIB
Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Sahur Agar Badan Tidak Lemas
Makanan yang dikonsumsi saat sahur harus diperhatikan. Jangan sampai salah mengkonsumsi makanna yang justru membuat cepat lapar dan tubuh jadi lemas seharian. Maka dari itu BeautyNesia kali ini akan memberikan beberapa rekomendasi makanan sahur untuk kamu yang akan menjalankan ibadah puasa agar tetap fit seharian.

Berpuasa pada saat Ramadan adalah kewajiban untuk setiap muslim. Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum juga dari melakukan perbuatan yang bisa membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Nah, salah satu sunnah yang harus dilakukan saat akan menjalankan ibadah puasa adalah makan sahur. Sama seperti sarapan, sahur akan memberi kita tenaga untuk mengawali hari dengan fit. Tapi tak bisa asal makan saja. Pilihlah makanan sahur sehat yang bisa membuat tubuh fit dan bugar seharian tanpa menimbulkan lemas atau cepat lelah dan lapar.

Berikut ini adalah beberapa makanan pokok untuk sahur yang selain bisa menahan lapar juga pastinya sangat sehat.



Kurma
 


Foto: https://wahdah.or.id/
Hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam; نعم سحور المؤمن التمر “Sebaik-baik (menu) makan sahur seorang Mu’min adalah tamar (kurma)."https://wahdah.or.id/

Salah satu sunnah Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam di bulan Ramadan adalah memakan kurma, baik pada saat sahur maupun berbuka. Kurma mengandung zat-zat yang dibutuhkan setelah seharian perut kita kosong. Kaya akan serat, protein, air, tiga jenis gula yaitu; glukosa, sukrosa, dan fruktosa, dan juga sangat sedikit kandungan lemak jenuhnya. Jadi bisa dipastikan meski merasakan sedikit lapar tapi tubuh tak lemas.

Untuk yang sedang diet, bisa cukup mengkonsumsi makanan sahur sehat dengan susu dan kurma saja, lho. Kurma yang baik untuk pencernaan dan bisa melindungi lambung dan saluran usus dari bakteri, serta susu yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.



Oatmeal
 


Foto: https://veggiechick.com/

Biji gandum yang biasa dimakan untuk sarapan ini juga cocok untuk makanan sahur sehat, lho. Kandungan seratnya yang tinggi mampu membuat kenyang dalam waktu lama dan tubuh pun tidak cepat lemas. So, jangan lupa untuk memasukkan oatmeal dalam menu sahurmu. Kalau bosan, banyak resep yang bervariasi, kok.



Telur
 


Foto: https://www.cookinglight.com/

Salah satu sumber protein yang paling mudah dimasak adalah telur. Mau direbus atau dadar dan ceplok sekalipun bebas. Yang penting kamu memasukkan protein pada tubuh kamu agar menjadikannya energi dan lebih bertenaga serta tidak mudah lesu. Sekalian menambah skill masak kamu, cobain resep unik yang terbuat dari telur untuk makanan sahur sehat kamu, yuk!



Sayur dan Buah
 


Foto: https://baumanfarms.com/

Nah, untuk menyeimbangkan asupan gizi dalam tubuh harus ada sayur dan buah, nih. Dua jenis makanan ini sangat dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi. Sayuran bisa kamu jadikan sup atau menu salad, buah-buahan pun bisa langsung dimakan atau dijus. Semuanya sama-sama sehat dan akan memberikan rasa kenyang serta menjadikan tubuh lebih fit. Mulai masukkan sayur dan buah untuk makanan sahur sehat kamu, ya, Ladies.



Beras Merah
 


Foto: https://irrasistible.wordpress.com/

Buat yang terbiasa makan nasi saat sahur, yuk coba ganti nasi putih kamu dengan nasi beras merah. Selain kaya akan serat dan lebih sehat, beras merah lebih membuat bugar, lho karena mengandung karbohidrat kompleks jadi tidak gampang lapar apalagi cepat mengantuk. Cocok banget kan untuk makanan sahur sehat?



Daging
 


Foto: https://www.epicurious.com/

Selain telur yang kaya akan protein, daging juga dapat membantu memenuhi kebutuhan protein tubuh, lho. Jadi, selipkan juga daging di antara menu makanan sahur sehat kamu. Tapi jangan terlalu banyak makannya, ya. Karena saat berpuasa, asupan cairan di dalam tubuh berkurang sehingga oksigen di dalam mulut juga berkurang, dan protein yang dari daging akan berubah menjadi asam amino yang akan memecah karena bakteri dan membuat mulut berbau tak sedap.


(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE