sign up SIGN UP

Mengenal Hara Hachi Bu: Rahasia Tubuh Langsing ala Perempuan Jepang, Tertarik Mencoba?

Retno Anggraini | Sabtu, 20 Nov 2021 16:00 WIB
Mengenal Hara Hachi Bu: Rahasia Tubuh Langsing ala Perempuan Jepang, Tertarik Mencoba?
caption

Beauties, bagaimana tanggapan kamu melihat orang-orang Jepang yang terlihat langsing dan awet muda? Mungkin terlintas di benak kalian, apa sih rahasianya? Diet seperti apa yang dilakukan mereka? Di Jepang, ada salah satu prinsip pola makan yang sudah mereka terapkan dari zaman dulu di kehidupan sehari-hari. Pola makan tersebut dikenal dengan nama Hara Hachi Bu.

Hara Hachi Bu atau Hara Hachi Bu Men adalah pola makan yang menerapkan prinsip berhenti makan saat sudah 80 persen kenyang. Artinya, jangan makan sampai perut benar-benar terasa penuh. Jika prinsip ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, kamu akan terhindar dari obesitas akibat terlalu banyak makan. Inilah rahasia kenapa perempuan Jepang memiliki tubuh langsing, sehat, dan awet muda.

Melansir dari buku Awet Muda ala Jepang, kita harus bisa menerapkan setidaknya lima poin penting untuk bisa melakukan diet Hara Hachi Bu. Nggak sulit untuk dilakukan, simak penjelasannya berikut ini!

Pengolahan Makanan yang Minimal

Pengolahan makanan minimal diet Hara Hachi Bu
Cara memasak sederhana seperti mengukus, merebus, atau ditumis sebentar/Foto: Pexels.com/Daria Obymaha

Sudah tahu dong kalau Jepang identik dengan makanan mentah seperti sashimi? Dibandingkan rasa, orang Jepang lebih memilih memperhatikan kualitas daripada bahan makanan itu sendiri.

Cara memasak yang mereka gunakan cenderung sederhana, seperti mengukus, merebus, atau ditumis sebentar. Hal ini bertujuan agar kandungan vitamin dalam bahan makanan tidak banyak terbuang setelah mengalami proses pemasakan yang lama. Sebagian besar masakan orang Jepang hanya terasa asin (dari shoyu), manis (dari mirin atau tare), dan gurih (dari ekisu).

Makan Secara Perlahan

Makan secara perlahan untuk mengurangi nafsu makan
Makan secara perlahan untuk mengurangi nafsu makan/Foto: Freepik/Tirachard Kumtanom

Ketika kita makan secara perlahan, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit bagi otak untuk memberi syarat bahwa tubuh sudah merasa kenyang. Cara ini berpengaruh untuk mengurangi nafsu makan dan membuat kita nggak akan makan secara berlebihan.

Penyajian Makanan dalam Porsi Kecil

Menyajikan tiap jenis hidangan dalam porsi kecil
Menyajikan tiap jenis hidangan dalam porsi kecil/Foto: Epicurious.com

Di Jepang, setiap jenis makanan akan disajikan terpisah dalam piring dan mangkuk berukuran kecil, bukan dalam satu piring besar. Kebiasaan memilih tempat makan yang mungil dipercaya bisa membantu untuk mengontrol porsi makan seseorang. Penelitian di University of Illinois membuktikan bahwa orang akan makan 45 persen lebih banyak jika makanan disajikan dalam satu wadah besar.

Perbanyak Konsumsi Kedelai

Perbanyak konsumsi kedelai seperti edamame
Perbanyak konsumsi kedelai seperti edamame/Foto: Pexels.com/Ilaria

Kedelai adalah satu-satunya tanaman polong yang memiliki kandungan protein lengkap, yaitu terdiri atas delapan asam amino esensial. Protein dalam kedelai lebih mudah di cerna oleh tubuh setelah diolah menjadi bermacam produk. Inilah yang membuat orang Jepang rutin konsumsi kedelai, seperti natto dan edamame.

Menyantap Sayuran Setiap Hari

Membiasakan diri menyantap sayuran setiap hari
Membiasakan diri menyantap sayuran setiap hari/Foto: Pexels.com/Roman Odintsov

Selain kedelai, orang Jepang juga rutin menyantap sayuran setiap hari. Mereka makan sayuran segar sebagai salad, memasak sayuran menjadi lauk, bahkan menyantap sayuran sebagai camilan.

Nggak hanya bikin langsing, penerapan diet Hara Hachi Bu ini juga baik untuk kesehatan. Paket komplit, kan? Yuk, mulai dari sekarang pelan-pelan terapkan pola hidup sehat. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id