sign up SIGN UP

Mengenal Teh Rooibos dan Berbagai Manfaat Ajaibnya!

Ayuliy Lestari | Selasa, 16 Mar 2021 17:00 WIB
Mengenal Teh Rooibos dan Berbagai Manfaat Ajaibnya!
caption

Belakangan ini, minuman yang kaya manfaat banyak dicari, salah satunya adalah teh rooibos. Mungkin kamu sedikit asing dengan namanya. Jadi teh rooibos sendiri adalah teh herbal yang terbuat dari daun semak Aspalathus linearis.

Tanaman ini mudah ditemukan di kawasan Afrika Selatan, Ladies. Teh rooibos umumnya dibuat dengan cara memfermentasi daun semak Aspalathus linearis dan mengubah warnanya menjadi merah kecokelatan.

Teh yang lebih dikenal dengan sebutan teh merah atau teh semak merah ini memiliki aroma yang khas dengan kandungan kafein yang rendah. Meskipun begitu, teh yang dihasilkan tak selalu berwarna merah, ada juga teh rooibos berwarna hijau.

Bedanya, teh rooibos hijau tidak melalui proses fermentasi. Bahkan teh rooibos hijau memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak. Sayangnya, teh rooibos hijau cenderung memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan versi fermentasinya.

Meski tidak begitu umum di Indonesia, kamu bisa membelinya secara online. Sudah banyak toko herbal di e-commerce yang menjualnya. Apalagi teh rooibos ini juga memberikan banyak manfaat mulai dari kecantikan hingga kesehatan, Ladies. Simak yuk!

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat Teh Herbal Rooibos
Manfaat Teh Herbal Rooibos/Freepik.com

Teh Rooibos mengandung antioksidan (polifenol) yang bermanfaat menurunkan berat badan. Menurut sebuah study, makanan yang kaya polifenol memang dapat membantu menurunkan berat badan, bahkan flavonoid dalam teh rooibos juga dapat melunturkan sel-sel lemak dan mencegah obesitas.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat Teh Herbal Rooibos
Manfaat Teh Herbal Rooibos/Freepik.com

Teh ini juga kaya asam alfa hidroksil dan seng yang dapat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Kandungan tersebut juga dapat merevitalisasi kulit dan membuat kulit terlihat alami. Teh ini juga dapat membantu menyembuhkan luka dan memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang berbahaya dari matahari lho!

Bahkan ketika dioleskan secara topikal, teh rooibos dapat mengobati dan mengurangi bekas jerawat. Kandungan antioksidan teh yang tinggi meningkatkan aliran darah ke kulit, sehingga mempercepat proses penyembuhan. Sifat anti-peradangannya juga membantu meredakan kulit yang kemerahan hingga meradang.

3. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Manfaat Teh Herbal Rooibos
Manfaat Teh Herbal Rooibos/Freepik.com

Tidak hanya untuk kulit wajah, teh rooibos juga membantu pertumbuhan rambut dan menguatkan serat rambut karena dikemas dengan mineral penting seperti seng, tembaga, kalsium, dan kalium. Bahan aktif yang ada dalam teh rooibos mencegah sel-sel kulit mati menyumbat folikel rambut, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat Teh Herbal Rooibos
Manfaat Teh Herbal Rooibos/Freepik.com

Sering sakit perut atau sembelit? Sepertinya kamu perlu meminum secangkir teh rooibos setiap harinya, Ladies. Teh Rooibos memiliki efek anti-spasmodik yang membantu menenangkan saluran pencernaan dan mengatasi masalah pencernaan umum seperti keasaman, mual, muntah, bahkan kolik pada bayi. Teh Rooibos juga merupakan obat yang bagus untuk sindrom iritasi usus.

5. Membantu Meredakan Kecemasan dan Stres

Manfaat Teh Herbal Rooibos
Manfaat Teh Herbal Rooibos/Freepik.com

Teh Rooibos dipercaya dapat meredakan ketegangan saraf karena kandungan magnesium, seng dan zat besi di dalamnya. Mineral ini membantu menciptakan keseimbangan sistemik pada otak dan meningkatkan peningkatan fungsi sistem saraf.

Tak heran jika teh rooibos sering diresepkan sebagai anti-depresan karena manfaatnya yang menenangkan saraf. Sebuah studi yang dilakukan oleh Stellenbosch University juga menemukan bahwa senyawa aspalathin dan nothofagin dalam teh rooibos dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres dengan menurunkan produksi kortisol sebagai hormon stres.

6. Memiliki Efek Anti Penuaan

Manfaat Teh Herbal Rooibos
Manfaat Teh Herbal Rooibos/Freepik.com

Mengonsumsi teh rooibos Juga membantu kamu tetap awet muda lho! Antioksidan yang ada dalam teh rooibos mencegah stres oksidatif, seperti yang kamu tahu bahwa stres merupakan salah satu penyebab terbesar penuaan dini. Bahkan penelitian di Thailand mengungkapkan bahwa formula dalam teh rooibos menunjukkan keampuhan dalam mengurangi keriput.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Teh Herbal Rooibos
Manfaat Teh Herbal Rooibos/Freepik.com

Kandungan teh yang kaya akan antioksidan memang bermanfaat bagi tubuh. Vitamin C dan E, bersama dengan antioksidan lain seperti aspalathin, kromium dan nothofagin dalam teh rooibos juga membantu menjaga infeksi. Selain bebas kafein, teh rooibos juga memiliki kadar tanin yang sangat rendah dan sifat-sifat ini sangat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Ladies.

Nah, itulah beberapa manfaat paling umum dari teh rooibos. Sebagai teh herbal dengan kandungan serba guna, tak heran jika teh rooibos cukup populer.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id