STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Menurut WHO, 3 Kelompok Ini Paling Terancam Nyawanya karena Varian Omicron!

Tim Redaksi CNBC Indonesia | Beautynesia
Jumat, 14 Jan 2022 12:30 WIB
Menurut WHO, 3 Kelompok Ini Paling Terancam Nyawanya karena Varian Omicron!

Tak berangsur pulih, virus corona masih saja terus bermutasi. Kini di beberapa negara, salah satunya Indonesia tengah dilanda dengan varian Omicron. Varian yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan ini terus menggerus banyak korban. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun memberikan kabar jika Covid-19 varian Omicron ini menjadi paling ganas ketika terjadi pada beberapa kelompok ini. Mereka adalah yang tidak divaksinasi, lanjut usia, dan orang-orang yang memiliki penyakit bawaan.

Pandemi Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Freepik.com/prostooleh

Hal ini disampaikan oleh pejabat WHO, Dr. Mike Ryan selaku Direktur Program Kedaruratan Kesehatan WHO dan Maria Van Kerkhove selaku Pemimpin Teknis Covid-19 WHO.

Pejabat WHO tersebut menyampaikan jika ketiganya menghadapi risiko tinggi, sakit parah, dan berakhir dengan kemungkinan meninggal dunia. 

"Omicron masih merupakan ancaman besar bagi kehidupan mereka dan ancaman besar bagi kesehatan mereka," ujar Dr. Mike Ryan.

"Orang-orang harus benar-benar melihat ini dengan serius, dan mempertimbangkan untuk mendapatkan vaksinasi," lanjutnya. 

Pandemi Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Freepik.com

Selanjutnya, Van Kerkhove mengatakan jika orang tua dan orang-orang dengan kondisi atau penyakit bawaan juga harus menghadapi risiko kematian yang lebih tinggi dari Omicron dibandingkan dengan kelompok lainnya. Tak hanya itu, risiko kematian pun bertambah seiring dengan usianya.

"Kami tahu bahwa kematian meningkat dengan Omicron seiring bertambahnya usia," kata Van Kerkhove.

"Kami juga memiliki data dari beberapa negara yang menunjukkan bahwa orang dengan memiliki satu kondisi yang mendasari memiliki peningkatan risiko rawat inap dan kematian. Bahkan jika kamu terpapar Omicron dibandingkan dengan Delta," jelasnya.

Van Kerkhove pun menyampaikan jika varian Omicron ini tidak bisa disebut sebagai penyakit ringan, karena masih ada orang yang dirawat di rumah sakit karena Omicron.

"Ini sangat penting karena orang masih dirawat di rumah sakit karena Omicron," tambahnya. 

Obat Alami untuk Demam Berdarah/ Foto: freepik.com/artursafronovvvvGejala Umum Varian Omicron/ Foto: Freepik.com/artursafronovvvv

Adapun gejala umum varian Omicron adalah sebagai berikut:

  • Sakit kepala
  • Nyeri tubuh
  • Tenggorokan gatal dan batuk kering
  • Letih
  • Hidung Tersumbat
  • Demam
  • Mual
  • Napas pendek atau sulit bernapas
  • Diare

Varian Omicron pun kini menyalip Delta di seluruh dunia. Untuk mengetahui informasinya, baca selengkapnya di sini.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE