sign up SIGN UP

Menyalurkan Kemarahan Secara Positif? Bisa Banget, Kok! Ini 4 Kiat yang Bisa Kamu Lakukan

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Kamis, 09 Jun 2022 06:00 WIB
Menyalurkan Kemarahan Secara Positif? Bisa Banget, Kok! Ini 4 Kiat yang Bisa Kamu Lakukan
caption

Marah adalah emosi yang wajar dirasakan untuk merespon stres. Namun, banyak orang yang lebih memilih memendamnya, padahal kebiasaan ini justru dapat berdampak negatif pada keseimbangan hormon hingga kesehatan fisik, seperti meningkatkan resiko tekanan darah tinggi hingga kecemasan.

Tetapi tidak harus menyalurkannya melalui perilaku destruktif juga. Kamu juga bisa melakukan beberapa cara untuk mengeluarkan amarah secara lebih positif agar tidak menyakiti diri sendiri maupun orang lain. Mengutip dari Self, berikut 4 kiat yang bisa kamu terapkan!

1. Mengambil Napas Dalam

menenangkan diri
Latihan pernafasan/Foto: Freepik/Benzoix

Saat sedang marah, tubuh mengalami beberapa perubahan yang mungkin tidak disadari. Perubahan-perubahan tersebut di antaranya seperti denyut nadi mengencang, tubuh memanas dan jantung yang berdetak lebih keras.

Jika tubuh tengah mengalami hal-hal di atas, ada baiknya kamu langsung menenangkan diri dengan melakukan relaksasi, salah satunya dengan menarik napas dalam-dalam. Ada banyak teknik pernapasan yang bisa kamu praktikkan.

Namun kamu bisa memulai dengan meletakkan satu tangan di dada dan tangan lainnya di perut, kemudian melakukan pernapasan diafragma dengan mengambil napas dalam-dalam melalui perut, lalu mengembuskannya perlahan.

2. Menuliskan Perasaan

menuliskan amarah
Menuliskan perasaan/Foto: Freepik/Pressfoto

Saat kamu menyadari bahwa dirimu sedang marah, coba luapkan emosimu dengan cara menuliskannya. Teknik ini disebut juga sebagai writing therapy, yaitu metode meluapkan emosi, kemarahan, tekanan hingga trauma melalui tulisan sebagai medianya. 

Selain terasa memuaskan, mengekspresikan rasa marah dalam bentuk tulisan juga bisa membantu meningkatkan kemampuan mengatur emosi yang lebih baik.

3. Melakukan Aktivitas Fisik

jalan-jalan untuk meluapkan amarah
Jalan-jalan untuk mengalihkan pikiran dari rasa marah/Foto: Freepik/Katemangostar

Jika duduk diam dan menarik napas dalam-dalam tidak membuatmu merasa lebih tenang, coba lakukan aktivitas fisik untuk melepaskan ketegangan pada otot. 

Lakukan sesuatu yang bisa membuatmu merasa lelah dan berkeringat seperti berolahraga, beberes rumah, atau bisa juga berjalan-jalan santai untuk mengalihkan diri dari emosi negatif.

4. Mengalihkan Diri

menyalurkan emosi
Melakukan aktivitas yang disukai/Foto: Freepik/Tirachardz

Tidak hanya melakukan aktivitas fisik yang berat, kamu juga bisa menyalurkan emosi sekaligus mengalihkan diri dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan.

Pilih aktivitas yang dapat menjauhkanmu dari pikiran-pikiran negatif, seperti melakukan hobi, bermain dengan binatang peliharaan atau menonton film.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id