STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Mitos atau Fakta, Letak Jerawat di Wajah Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan Tubuh Seseorang?

Raudiya Nurfadilah | Beautynesia
Minggu, 20 Jun 2021 22:30 WIB
Mitos atau Fakta, Letak Jerawat di Wajah Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan Tubuh Seseorang?

Pembahasan mengenai jerawat memang tak akan ada habisnya. Mulai dari macam-macam jerawat, penyebab timbulnya, cara pengobatan dengan medis maupun alami, produk untuk mengobati, dan arti letak tumbuhnya.

Tapi pernahkah kamu mendengar bahwa letak tumbuh jerawat bisa menunjukkan kondisi kesehatan seseorang?

pemetaan letak jerawat di wajah dipercaya bisa menunjukkan kondisi kesehatan
Muncul jerawat di dahi/Freepik.com

Hal tersebut mitos atau fakta ya? Simak ulasannya berikut ini.

Menurut dr. Zain Husain, MD, seorang dokter kulit dari American Academy of Dermatology dan pendiri New Jersey Dermatology, yang dimaksud dengan jerawat yakni kondisi kulit inflamasi yang mencakup berbagai noda yang berbeda meliputi komedo, papula (benjolan kecil berwarna merah),dan pustula (benjolan berisi nanah).

Jerawat bisa muncul karena adanya produksi minyak yang berlebih dan penumpukan bakteri dan sebagai akibat dari faktor hormonal atau penyumbatan pori.

Ada beberapa tempat di tubuh kita yang rentan munculnya jerawat seperti wajah, leher, dada, dan punggung
Jerawat punggung/Freepik.com

dr. Husain menambahkan, ada beberapa tempat di tubuh kita yang rentan munculnya jerawat seperti wajah, leher, dada, dan punggung karena pada area tersebut banyak mengandung kelenjar minyak yang paling fungsional.

Lalu bagaimana dengan arti letak tumbuh jerawat di wajah?

Pemetaan jerawat di wajah merupakan sistem diagnosistik yang berasal dari kepercayaan Cina kuno serta dari ajaran Ayurveda. Mereka mengklaim bahwa kesehatan dalam tubuh yang buruk bisa dilihat dari luar khususnya pada kulit.

Misalnya ketika kamu mengalami dehidrasi maka akan terlihat dari wajahmu yang pucat, bibir kering, dan lainnya.

Tetapi dr. Husain mengungkap bahwa kesehatan yang buruk dihubungkan dengan letak jerawat di wajah hanya ada sedikit bukti. Beberapa praktisi pemetaan wajah hanya membagi pada tiga atau empat zona di wajah, tetapi yang lain bisa mencakup hingga 10 zona.

Jerawat di dagu dan rahang yang dihubungkan dengan masalah hormonal atau reproduksi
Jerawat di dagu/Pexels.com

Tetapi sebagian besar sumber pemetaan wajah menyetujui zona dan pemicu jerawat, seperti jerawat di dagu dan rahang yang dihubungkan dengan masalah hormonal atau reproduksi, kemudian jerawat yang muncul di antara alis yang menghubungkan adanya disfungsi hati.

Lalu jerawat yang ada di hidung berhubungan dengan kesehatan paru-paru dan jantung yang menunjukkan kolesterol tinggi, tekanan darah atau masalah jantung.

Lalu jerawat di dahi menunjukkan bahwa ada masalah di sistem pencernaan dan hati. Terakhir, jerawat yang tumbuh di pipi biasanya dihubungkan dengan masalah perut dan pernapasan.

Meski begitu, dr. Husain mengatakan bahwa belum banyak bukti yang menunjukkan bahwa pemetaan letak jerawat berkaitan erat dengan kesehatan dalam tubuh.

“Pemetaan jerawat bukanlah teknik umum yang digunakan oleh dokter kulit. Penelitian ini tidak kuat dan ada kekurangan studi terkontrol yang menunjukkan keakuratannya,” ujarnya.

Pemetaan letak jerawat bukan cara yang membantu untuk menentukan penyebab jerawat
Jerawat/Pixabay.com

Pemetaan letak jerawat bukanlah cara yang membantu untuk menentukan penyebab timbulnya jerawat dan berkaitan dengan kondisi kesehatan. dr. Husain tetap merekomendasikan menghilangkan jerawat dengan metode yang didukung oleh sains atau dengan menemui dokter kulit daripada menerka-nerka yang belum pasti.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE