STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Nggak Banyak Disadari, Kebiasaan Menggigit Kuku Ternyata Bahaya untuk Kesehatan, Ini Daftarnya!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Jumat, 04 Nov 2022 10:30 WIB
Nggak Banyak Disadari, Kebiasaan Menggigit Kuku Ternyata Bahaya untuk Kesehatan, Ini Daftarnya!

Kebiasaan menggigit kuku di saat merasa cemas maupun bosan memang sulit dihentikan. Tanpa sadar seseorang menggigit kukunya sendiri, dimana hal itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan, loh!

Kebiasaan tersebut tak jarang membuat kulit kuku terkelupas dan kuku menjadi lebih kecil. Melansir dari Vital Record, berikut beberapa dampak buruk menggigit kuku bagi kesehatan tubuh. Simak yuk!  

1. Infeksi

Infeksi dapat terjadi karena bakteri yang berada pada kuku pindah ke dalam tubuh karena kebiasaan menggigit kuku
Infeksi/ Foto: Freepik.com/author/alessandrograndini

Menggigit kuku dapat meningkatkan risiko terkena penyakit paronikia dan infeksi kuku. Selain itu, kulit yang terkelupas akibat menggigit kuku dapat membuat bakteri masuk ke dalam tubuh, dan menyebabkan jari di sekitar kuku membengkak bahkan bernanah.

Hal ini disebabkan oleh bakteri bercampur dengan air liur dan mengenai kulit yang terkelupas, sehingga menyebabkan infeksi.

2. Buruk untuk Gigi

Gigi dapat mengalami kerusakan karena kebiasaan menggigit kuku
Buruk Untuk Gigi/ Foto: Freepik.com/author/artphotostudio

Tak begitu disadari, ternyata sering menggigit kuku bisa menyebabkan gigi bergeser, loh. Hal ini menyebabkan gigi perlu mendapatkan perawatan ekstra dengan menggunakan behel ataupun retainer.

Tak hanya itu, kebiasaan menggigit kuku bisa membuat gigi patah dan merusak email gigi. Kuman yang berada di bawah kuku pun bisa menyebabkan iritasi pada gusi.

3. Kuku Tumbuh ke Dalam

Menggigit kuku dapat membuat kuku tumbuh ke dalam
Kuku Tumbuh ke Dalam/ Foto: Freepik.com/author/dali-photography

Saat kamu terus menerus menggigit kuku, maka tanpa sadar akan lebih banyak kuku yang terpotong. Tak hanya itu, kuku mengandung lapisan degeneratif yang disebut matriks yang merupakan lapisan untuk sel-sel kuku berkembang. Karena kerusakan matriks kuku, akhirnya menyebabkan kuku tumbuh ke dalam atau disebut kelainan bentuk kuku.

4. Keracunan

Bakteri dan cat kuku dapat menyebabkan keracunan
Keracunan/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Beauties dapat mengalami keracunan karena sering menggigit kuku. Kok bisa? Hal ini bisa saja terjadi apabila Beauties menggunakan cat kuku.

Cat kuku yang sering kali digunakan kerap mengandung bahan kimia yang beracun jika tertelan. Tak hanya itu, bakteri yang berada di bawah kuku pun dapat menjadi penyebab kamu mengalami keracunan.

5. Masalah Pencernaan

Bakteri pada kuku dapat menyebabkan masalah pencernaan
Masalah Pencernaan/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Kuku merupakan bagian tubuh yang perlu dihindari dari mulut. Ibaratnya tempat, kuku adalah rumah dari berbagai macam bakteri yang menetap di bawahnya, seperti jenis Enterobacteriaceae.

Jenis bakteri tersebut masuk ke dalam bakteri salmonella dan e.colli yang dapat menyebabkan sakit perut. Nah, jika bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh akan mengakibatkan infeksi pencernaan yang membuat sakit perut dan diare.

Beauties, itu dia daftar bahaya dari kebiasaan menggigit kuku. Kamu jangan sering melakukannya lagi ya!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE