sign up SIGN UP

Nggak Bisa Dianggap Remeh, 4 Bahaya Merokok untuk Perempuan Ini Perlu Dipahami Sekarang Juga!

Octavia Dewi | Beautynesia
Kamis, 17 Feb 2022 08:00 WIB
Nggak Bisa Dianggap Remeh, 4 Bahaya Merokok untuk Perempuan Ini Perlu Dipahami Sekarang Juga!
caption

Setiap perokok pasti tahu bahwa merokok sangat merugikan dalam aspek kesehatan. Merokok dapat menimbulkan beragam penyakit berbahaya bahkan mematikan.

Merokok sangat merugikan kesehatan, terutama bagi para perempuan memiliki risiko kesehatan lebih besar dibandingkan laki-laki. Lalu apa saja dampak merokok bagi perempuan?

Ini dia bahaya merokok bagi perempuan seperti yang dilansir dari detikHealth, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini, Beauties!

1. Kanker

Kanker
Kanker/Foto: Freepik.com/Freepik

Bahaya rokok bagi perempuan yang pertama yaitu risiko terkena beragam jenis kanker. Peneliti menemukan dari 444,6 juta pasien, perokok perempuan dua kali lebih mungkin terkena kanker dibandingkan laki-laki, terutama kanker usus besar.

Menurut University of Tromso di Norwegia, ini adalah studi pertama yang menemukan bahwa perempuan yang merokok lebih sedikit daripada laki-laki bahkan lebih berisiko terkena kanker usus besar.

2. Serangan Jantung 

Serangan jantung
Serangan Jantung/Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Dampak merokok bagi perempuan berikutnya yaitu risiko terkena serangan jantung. Peneliti menemukan bahwa perempuan yang baru merokok berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung daripada laki-laki yang sebelumnya merokok.

Tim peneliti di University of Western Australia mengamati 1.000 remaja menemukan bahwa perempuan perokok pasif tidak memperoleh efek positif dari kolesterol yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Gangguan Paru-Paru

Gangguan paru-paru
Gangguan Paru-Paru/Foto: Freepik.com/Jcomp

Bahaya merokok bagi perempuan selanjutnya adalah terkena gangguan paru-paru. Sarah Williams dari Cancer Research UK menekankan bahwa merokok dapat menyebabkan setidaknya 14 jenis kanker. Berhenti merokok dapat memperkecil risiko terkena kanker, penyakit jantung, gangguan paru-paru, dan penyakit serius lainnya.

4. Kematian

Kematian
Kematian/Foto: Freepik.com/Mdjaff

Banyak penelitian yang mendorong perempuan untuk berhenti merokok agar mengurangi risiko berbagai penyakit. Berdasarkan hasil penelitian terhadap lebih dari satu juta perempuan, peneliti menemukan bahwa berhenti merokok pada usia 30 tahun dapat melindungi perempuan dari risiko kematian dini akibat penyakit dari merokok.

Nah Beauties, itu dia bahaya merokok bagi perempuan. Perempuan yang merokok lebih berisiko terkena beragam gangguan kesehatan dibandingkan laki-laki.

Bahkan merokok dapat menyebabkan kesulitan hamil karena menurunnya kinerja organ reproduksi. Jadi, hindari rokok mulai sekarang yuk Beauties, demi terjaganya kesehatan kita. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id