STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jangan Asal Coba, Begini Cara Menentukan Jenis Diet yang Cocok untuk Tubuh!

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Kamis, 19 May 2022 09:00 WIB
Jangan Asal Coba, Begini Cara Menentukan Jenis Diet yang Cocok untuk Tubuh!

Beauties, apakah saat ini kamu sedang merencanakan untuk menjalankan program diet? Yup, diet memang memiliki beragam manfaat karena selain untuk menjaga berat badan tetap ideal, diet juga memiliki manfaat dalam meminimalisir penyakit berisiko sehingga tak heran jika banyak orang yang ingin menjalankannya.

Namun, tahukah kamu, Beauties? Dalam menjalankan diet tidak boleh asal, lho, karena setiap tubuh memiliki kondisi yang berbeda-beda. Sehingga, penting sekali untuk menentukan jenis diet seperti apa yang akan dijalankan.

Dalam menentukan jenis diet yang cocok untuk tubuh memanglah tidak mudah. Bahkan tak sedikit diet pemula yang kebingungan akan hal ini. Nah, ternyata untuk menentukan jenis diet yang cocok ada caranya lho, Beauties! Berikut cara menentukan jenis diet yang cocok untuk tubuh. Yuk, simak!

Berkonsultasi ke Dokter

Ilustrasi berkonsultasi ke dokter
Ilustrasi berkonsultasi ke dokter/Foto:Freepik/Pressfoto

Langkah pertama sebelum menjalankan diet adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Sebagaimana yang dilansir dari Mayo Clinic, dokter akan membantumu dalam meninjau masalah medis dan obat-obatan yang mungkin akan memengaruhi berat badanmu.

Selain itu, dokter juga akan memberikan panduan tentang program diet. Melalui hal ini, kamu dapat berdiskusi mulai dari bagaimana cara berolahraga dengan aman, terutama jika kamu memiliki riwayat medis hingga jenis diet seperti apa yang cocok untuk tubuh.

Namun, perlu diingat ya, Beauties, dalam berkonsultasi kamu harus terbuka dan jujur kepada dokter yang menanganimu. Tujuannya adalah agar dokter dapat memberikan program diet yang tepat atau bisa juga memberikan rujukan ke ahli diet.

Mempertimbangkan Preferensi yang Jelas

Ilustrasi rencana diet
Ilustrasi rencana diet/Foto: Freepik

Dalam menjalankan diet, kamu harus bisa menentukan preferensi yang jelas, seperti apa tujuan dari dietmu dan bagaimana gaya hidup yang akan kamu jalani. Dengan adanya preferensi tersebut kamu akan menemukan rencana diet yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Kamu dapat mulai mempertimbangkan apa yang kamu suka dan tidak suka, lalu program seperti apa yang kamu lebih suka. Apakah kamu lebih menyukai program diet sendiri atau secara berkelompok? 

Sesuaikan juga dengan budget atau biaya anggaran yang kamu miliki karena dalam menjalankan diet tentu akan membutuhkan suplemen atau vitamin pendukung. Selain itu, kamu juga harus melakukan pengecekan rutin ke dokter untuk mengetahui bagaimana perkembangan dari program diet yang kamu jalankan.

Cari Program Diet yang Aman untuk Tubuh

Ilustrasi program diet
Ilustrasi program diet/Foto: Freepik/Rawpixel.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda. Sehingga ada baiknya sebelum melakukan diet kamu harus mencari tahu terlebih dahulu apakah program diet yang akan kamu jalankan itu aman untuk tubuhmu atau tidak.

Satu hal yang perlu diingat, jangan terlalu cepat tergiur dengan janji diet yang bisa menurunkan berat badan dalam waktu cepat. Pastikan program dietmu memenuhi tiga syarat berikut, yaitu fleksibilitas, keseimbangan, dan aktivitas.

Sebagaimana yang dilansir dari CNN Indonesia, fleksibilitas mencakup jenis makanan yang dipantang dan dianjurkan. Jadi, jika kamu tidak keberatan dalam membatasi asupan tertentu maka tidak menjadi masalah untuk melanjutkan program diet yang telah direncanakan.

Selanjutnya, keseimbangan. Keseimbangan artinya antara nutrisi dan kalori makanan yang disarankan sama-sama seimbang untuk tubuh. Lalu yang terakhir adalah aktivitas. Aktivitas di sini memiliki arti dalam mendorong kegiatan yang sifatnya aktif bergerak, seperti berolahraga.

Tentukan Jenis Diet

Ilustrasi menu jenis diet
Ilustrasi menu jenis diet/Foto: Freepik

Setelah mempertimbangkan indikator utama dalam menjalankan program diet, kini saatnya menentukan jenis diet yang cocok untuk tubuhmu. Berikut beberapa jenis diet yang bisa kamu coba:

Diet Seimbang (DASH, Mayo, Mediterania)

  • Fleksibel.
  • Gizi seimbang.
  • Berkelanjutan untuk jangka panjang (membuat perubahan terhadap gaya hidup secara permanen).

Diet Tinggi Protein (Dukan dan Paleo)

  • Tidak fleksibel (membatasi makanan berlemak).
  • Bisa mengakibatkan kekurangan gizi yang seimbang karena program diet yang sangat ketat.
  • Adanya kemungkinan yang berkelanjutan untuk jangka panjang.

Diet Rendah Karbo (Atkins dan South Beach)

  • Tidak fleksibel (membatasi makanan karbohidrat, lemak, dan protein).
  • Bisa mengakibatkan kekurangan gizi yang seimbang karena program diet yang sangat ketat.
  • Adanya kemungkinan yang berkelanjutan untuk jangka panjang.

Diet Rendah Lemak (Ornish)

  • Tidak fleksibel (membatasi makanan berlemak dan produk hewani).
  • Adanya kemungkinan untuk gizi seimbang karena pilihan dietnya mengutamakan makanan yang kaya akan nutrisi, serat, vitamin, dan mineral.
  • Adanya kemungkinan yang berkelanjutan untuk jangka panjang.

Diet Rendah Kalori (Optifast)

  • Tidak fleksibel (Membatasi makanan berkalori. Biasanya 800 kalori atau bahkan bisa lebih sedikit per harinya).
  • Gizi tidak seimbang.
  • Tidak berkelanjutan untuk jangka panjang (dalam pengawasan medis).

Nah, itulah tadi 4 cara dalam menentukan jenis diet yang cocok untuk tubuhmu. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE